Penyebab ambeein tak kunjung hilang

2 Penyebab Ambeien Susah untuk Sembuh!

Penyebab ambeien adalah akibat jaringan pembuluh dalah yang membengkak, sehingga timbul benjolan berbentuk daging pada area anus. Biasanya benjolan ini sering membuat penderitanya merasa tak nyaman, dan sering berlangsung selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Mengutip dari artikel kesehatan Colon and Rectal Surgery Associates, P.A (2020) menyebutkan bahwa orang yang berusia 50 tahun ke atas, setengahnya mengalami risiko terjadi penyakit wasir yang menimbulkan gangguan dan ketidaknyamanan.

Meskipun umumnya, penyakit wasir atau ambeien ini bisa hilang dengan perawatan sederhana. Akan tetapi, pada beberapa kasus ambeien tidak hilang walaupun sudah banyak melakukan pengobatan, seperti salep hingga obat-obatan konvensional.

Baca juga: Cara Mengobati Ambeien Pada Ibu Hamil

Penyebab ambeien tak kunjung hilang

penyebab ambeien

Mengutip dari artikel kesehatan Colon and Rectal Surgery Associates, P.A (2020) menyebutkan bahwa setidaknya ada dua kemungkinan penyebab ambeien selalu muncul dan susah hilang, di antaranya:

  • Kamu sering menggaruknya

Pada kasus ambeien yang sudah prolaps atau keluar benjolan, biasanya ambeien yang pecah akan membuat sekitar anus menjadi lembab. Sehingga, dapat menyebabkan banyak bakteri bersarang di sekitar benjolan. Sehingga menimbulkan rasa gatal. Jika segera teratasi maka akan menyebabkan risiko infeksi. Kebanyakan penderita wasir/ambeien ini biasanya mereka akan terus menggaruk sekitar anus. Padahal, menggaruk anus dapat membuat robekan kecil di anus yang menyebabkan peradangan. Selain itu, dengan menggaruk terlalu sering juga bisa menyebabkan kondisi wasir menjadi memburuk ketika terlalu sering menyentuh benjolan ambeien/wasir.

Selain menggaruk, ada beberapa cara yang lebih aman untuk kamu lakukan ketika rasa gatal muncul, yaitu:

  • Berendam air hangat

Rendam bagian anus dengan air hangat selama 20 menit dalam sehari dapat mengurangi rasa gatal sekaligus rasa nyeri pada benjolan ambeien. Cara ini lebih aman daripada menggaruknya.

  • Membersihkan area anus dengan tisu witch hazel

Kebersihan area anus sangat penting untuk penderita jaga agar ambeien cepat sembuh. Akan tetapi, kamu tidak bisa membersihkan benjolan dengan tisu kering maupun tisu basah yang mengandung alkohol. Cobalah bersihkan area benjolan dengan tisu basah witch hazel. Witch hazel terkenal sebagai salah satu bahan yang bisa mengurangi gejala pada ambeien seperti rasa nyeri, rasa gatal, hingga mengempiskan benjolan.

  • Kamu sering melakukan aktivitas berat

Selain karena sering menggaruknya, aktivitas penderita juga bisa menjadi salah satu faktor utama mengapa ambeien yang kamu alami tak kunjung sembuh. Mengutip dari artikel kesehatan Colon and Rectal Surgery Associates, P.A (2020) menyebutkan bahwa beberapa aktivitas seperti berolahraga, berkendara, hingga mengangkat beban berat mampu meningkatkan tekanan pada benjolan ambeien yang berakhir menjadi memburuknya kondisi ambeien yang penderita alami. Maka, sebaiknya hindari beberapa aktivitas yang terlalu berat ketika terkena wasir.

Selain dua penyebab di atas, pola makan juga bisa menjadi alasan mengapa ambeien yang kamu alami tak kunjung hilang. Untuk mengetahui secara pasti mengapa ambeien yang kamu alami sulit sembuh, lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis ahli dan berpengalaman di klinik Vena Wasir Center. Pemeriksaan di Vena Wasir Center menggunakan anoskopi yang memiliki kamera sehingga hasil pemeriksaan lebih detail dan akurat.

Baca juga: Cara Memilih Klinik Wasir yang Tepat Sesuai dengan Budget!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now