cara menghilangkan ambeien setelah melahirkan

4 Penyakit Anus yang Sering Terjadi Pada Wanita Hamil

Penyakit anus merupakan masalah yang terjadi pada area dubur atau pembukaan rektum, di mana tempat keluarnya tinja di dalam tubuh. Mengutip pada jurnal kesehatan Medline Plus Trusted Health Information (2016) pada area ini, masalah kesehatan sering timbul, biasanya berhubungan dengan masalah pencernaan hingga kondisi tertentu seperti kondisi hamil. Kondisi hamil ini sangat rentan menimbulkan masalah kesehatan pada anus, akibat dari rahim yang membesar sehingga menimbulkan tekanan pada area rektum dan anus. Setidaknya, ada beberapa masalah anus yang lumrah para wanita hamil alami, seperti yang akan dibahas pada artikel ini.

4 masalah anus yang menyerang wanita hamil

penyakit anus

Mengutip dari jurnal kesehatan Politeknik Kesehatan Jogja (2019) menyebutkan bahwa kondisi kehamilan merupakan kondisi di mana rahim seorang wanita membesar akibat adanya janin. Dengan membesarnya janin, maka akan memengaruhi bentuk tubuh hingga kesehatan pada wanita hamil sendiri, termasuk masalah pada area rektum/anus yang terpengaruh akibat ukuran rahim yang membesar. Berikut adalah beberapa masalah anus yang sering terjadi pada wanita hamil, di antaranya:

  • Wasir/hemorrhoid

Wasir atau hemoroid merupakan masalah anus yang banyak terjadi pada wanita hamil. Mengutip dari jurnal kesehatan Hemorhoid Dalam Kehamilan oleh Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sriwijaya (2014) menyebutkan bahwa lebih dari 50% wanita hamil mengalami masalah ini. Wasir merupakan masalah yang timbul akibat adanya pembengkakan di area rektum, pada saat hamil kondisi rahim yang membesar menyebabkan tekanan pada area anus, sehingga menimbulkan benjolan wasir. Meskipun menyakitkan, akan tetapi wasir merupakan hal yang normal terjadi. Akan tetapi, jika wasir yang timbul sudah sangat parah dan mengganggu aktivitas sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter ahli.

Baca juga: Benarkah Obat Pencahar Bisa Mengobati Ambeien?

  • Fisura ani

Tak hanya wasir, sembelit pun menjadi salah satu masalah yang banyak terjadi pada wanita hamil. Akibat dari sembelit yang berlebihan, terkadang jaringan sekitar anus bisa menjadi robek dan menyebabkan munculnya pendarahan saat proses BAB. Kondisi ini terkenal dengan nama fisura ani. Masalah ini bisa sembuh dengan sendirinya, meskipun begitu, jika darah yang keluar saat BAB sudah sangat banyak. Maka, sebaiknya segeralah untuk memeriksakan diri.

  • Fistula ani

Penyakit ini terjadi ketika munculnya saluran baru akibat pecahnya benjolan nanah. Sehingga, saluran tersebut menyebabkan timbulnya feses dan nanah berbau busuk. Fistula ani ini dapat terjadi pada wanita hamil akibat adanya infeksi di area tersebut.

  • Prolaps

Kondisi benjolan ambeien/wasir yang keluar menonjol terkenal dengan nama prolaps. Selain itu, masalah ini juga rentan dialami oleh para wanita hamil yang mengalami wasir. Ketika hamil tekanan di area rektum bertambah, apalagi wanita hamil juga sering berisiko mengalami sembelit. Keduanya dapat menimbulkan komplikasi pada ambeien atau prolaps.

Itulah dia beberapa masalah anus yang sering terjadi pada wanita hamil, sebaiknya segeralah melakukan medical check-up atau pemeriksaan dengan dokter ahli di klinik Vena Wasir Center. Klinik yang terdepan dan terpercaya dalam atasi permasalahan anorektal termasuk wasir.

Baca juga: Mengenal Kondiloma dan Bahayanya Untuk Kesehatan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now