8 Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien Menurut Pakar Kesehatan!

8 Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien Menurut Pakar Kesehatan!

Menghilangkan benjolan ambeien pada beberapa tingkat keparahan tertentu memang sulit. Apalagi, jika benjolan sudah mulai memasuki tingkat keparahan 3 hingga 4. Sayangnya, banyak penderitanya melakukan pengobatan yang salah. Salah satunya adalah mengonsumsi obat-obatan tertentu yang tak sesuai anjuran dokter. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui beberapa pengobatan untuk menghilangkan benjolan ambeien yang aman dan telah direkomendasikan oleh para dokter dan pakar kesehatan.

10 cara menghilangkan benjolan ambeien

 8 Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien Menurut Pakar Kesehatan!

Mengutip dari website Prevention (2020), Dr. Mitchell A. Bernstein seorang ahli bedah usus besar dan dubur, juga menjadi professor bedah di NYU (New York University) Grossman School of Medicine. Beliau menyebutkan, ada beberapa pengobatan yang cukup aman untuk penderita ambeien lakukan di rumah maupun di klinik wasir, di antaranya:

  1. Gunakan krim topikal

Krim topikal merupakan obat krim untuk penggunaan bagian luar tubuh. Biasanya, krim topikal ini memiliki kegunaan sebagai penghilang rasa nyeri dan juga pembengkakan. Untuk itu, pilihlah krim topikal yang memiliki kandungan witch hazel untuk wasir. Selain itu, jika menggunakan krim topikal yang ada di apotek pastikan mengikuti semua petunjuk dan pemakaian yang terdapat di kemasan krim tersebut. Hal ini karena, krim topikal jika terlalu sering penderita gunakan akan membuat kulit menjadi lebih sensitif dan membuat jaringan kulit menipis.

  1. Konsumsi obat pereda nyeri

Meskipun tak dapat mengatasi ambeien secara langsung, obat Pereda nyeri biasanya mampu meredakan nyeri untuk sementara waktu pada penderitanya. Namun, sebaiknya pertimbangkanlah kembali sebelum mengonsumsi obat-obat konvensional ini.

  1. Tingkatkan asupan serat pada makanan sehari-hari

Cobalah untuk penuhi kebutuhan asupan serat dalam tubuh, yaitu sekitar 20 hingga 30gram serat dalam sehari. Beberapa makanan yang mengandung serat di antaranya, kacang-kacangan, biji-bijian, sayur dan buah. Namun, jangan mengonsumsi serat dalam satu waktu yang sama agar tak membuat perut menjadi kembung. Untuk itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan tersebut secara berkala.

  1. Penuhi kebutuhan mineral

Salah satu hal yang sederhana namun banyak terlupakan oleh para penderita ambeien adalah memenuhi kebutuhan mineral. Minum setidaknya 1,5 hingga 2liter sehari dapat memperlancar proses BAB pada penderita wasir.

  1. Gunakan es batu

Mengompres benjolan menggunakan es batu yang dibalut dengan kain dapat menjadi pertolongan pertama jika benjolan membengkak. Metode pengobatan sederhana ini merupakan salah satu pengobatan di rumah yang murah, aman, dan nyaman. Namun, tak bisa mengatasi wasir hingga tuntas.

  1. Rendam sitz bath

Sitz bath merupakan pengobatan ambeien dengan cara merendam area anus dengan air hangat selama 10 hingga 15 menit. Rendam duduk ini dapat meredakan nyeri, mengempiskan benjolan, hingga menjaga kebersihan anus.

  1. Melakukan aktivitas fisik

Olahraga seperti mengangkat beban berat, squats, hingga bersepeda merupakan olahraga yang dapat memperburuk kondisi wasir. Namun, beberapa olahraga atau latihan fisik seperti stretching atau yoga bisa menjadi olahraga alternatif bagi penderita wasir. Latihan fisik sendiri dapat memperlancar proses BAB dan menjaga aliran darah di area sekitar anus.

  1. Lakukan terapi/tindakan wasir

Wasir eksternal yang sudah parah dapat menyebabkan pembekuan darah di area anus. Kondisi tersebut merupakan kondisi yang sangat menyakitkan dan dapat memicu komplikasi penyakit lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya segeralah lakukan tindakan atau terapi wasir seperti Laser Hemorrhoidoplasty, Radiofrekuensi, dan PILA di klinik Vena Wasir Center. Semua tindakan tersebut memiliki prosedur sederhana yang memakan waktu tindakan hanya 15-30 menit. Selain itu, tindakan tersebut juga minim nyeri, pendarahan, hingga minim risiko.

Untuk melakukan terapi dan tindakan wasir dengan metode modern dengan biaya terjangkau, kamu bisa datang langsung ke klinik Vena Wasir Center untuk melakukan pendaftaran dan pemeriksaan terlebih dahulu. Atau, kamu juga bisa langsung klik di sini untuk menghubungi nomor klinik agar melakukan konsultasi terlebih dahulu.

 

Baca juga: Klinik Wasir Jakarta Pilihan Utama Pengobatan Wasir Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now