8 Mitos Wasir Yang Beredar di Masyarakat

Banyak mitos wasir yang beredar di masyarakat. Wasir adalah kondisi pembengkakan atau pembasaran pembuluh darah vena di sekitar anus. Kondisi ini seringkali dikeluhkan penderitanya karena dapat mengganggu aktivitas.

Meskipun kondisi ini cukup sering dialami, namun masih banyak orang yang menderita wasir  malu untuk mengakui bahwa mereka menderita penyakit ini atau bahkan enggan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Hal tersebutlah yang menjadikan banyak mitos wasir beredar  dan masyarakat memercayainya.

Anggapan serta pengetahuan yang salah dari seseorang terhadap ambeien ini memicu kekeliruan mencari pengobatan.

Mitos Wasir Yang Beredar

  • Wasir hanya dialami  orang tua usia lanjut

Wasir dapat dialami oleh siapapun dan usia berapapun. Meskipun usia lanjut lebih berisiko.

“Walau wasir banyak ditemui pada mereka yang berusia antara 45 dan 65 tahun, namun, bukan hal yang aneh untuk melihatnya pada orang dewasa yang lebih muda juga,” ujar Will Kimbrough, MD dari One Medical Group, Washington, D.C.

Munculnya anggapan mengenai banyaknya ambeien diderita orang tua adalah karena melemahnya anus ketika usia tua. Hal ini menimbulkan beban ekstra pada bagian anus tubuh.

  • Makan pedas menjadi penyebab wasir

Anggapan bahwa makanan pedas merupakan penyebab ambeien banyak sipercaya masyarakat. Sayangnya hal ini tidak terbukti.

“Ambeien disebabkan oleh tegangnya pembuluh darah dekat anus. Hal ini menyebabkan tekanan pada pembuluh darah dan bukan karena yang terjadi pada metabolisme tubuh,” jelas Kimbrough.

Namun, wasir dapat muncul jika mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dalam jangka waktu panjang.  Hal ini dikarenakan, makanan pedas dapat mengiritasi pembuluh darah di sekitar anus dan membuat mukosa bagian dalam mengalami peradangan lalu terjadi bengkak. Semakin lama, akan memicu timbulnya ambeien.

  • Makanan yang Anda konsumsi tidak memengaruhi wasir

Saat Anda mengalami sembelit, biasanya akan kesulitan mengeluarkan feses dan harus mengejan selama proses BAB. Proses mengejan itulah yang dapat mengakibatkan ambeien.

Salah satu penyebab sembelit adalah kurangnya mengonsumsi makanan berserat dan minum air.

baca juga: cegah sembelit, cegah wasir

  • Udara dingin menyebabkan wasir

“Meskipun masih belum dipelajari secara menyeluruh, namun tidak ada bukti bahwa udara dingin dapat menyebabkan ambeien. Padahal, melakukan kompres dingin dapat membantu meringankan  gejala ambeien,” jelas Kimbrough.

  • Olahraga sebaiknya dihindari ketika kamu mengalami ambeien

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menghindari ambeien. Olahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah dan mencegah sembelit yang dapat menyebabkan keparahan wasir semakin bertambah. Bagi penderita wasir, sebaiknya menghindari jenis olahraga yang mengangkat beban berat.

baca juga: Olahraga yang baik bagi penderita wasir

  • Hanya bisa diobati dengan operasi

Pengobatan wasir dilakukan berdasarkan kondisi dan tingkat keparahannya. Pada derajat 1, benjolan wasir berada di dalam anus dan tidak terlihat dari luar, derajat 2 benjolan mulai keluar dari anus saat BAB, namun masih bisa masuk kembali dengan sendirinya. Pada derajat tiga, biasanya benjolan itu tidak bisa masuk sendiri, harus dibantu dengan dorongan dari jari. Sedangkan derajat empat, benjolannya sudah tidak bisa masuk lagi ke dalam anus.

Pada kebanyakan kasus, pasien penderita wasir baru akan melakukan pemeriksaan ke dokter jika wasirnya sudah mencapai tingkat keparahan derajat tiga dan empat yang biasanya penderita sudah mulai merasa nyeri yang parah dibagian anus dan mulai mengganggu aktivitas.  Pada kondisi ini, maka perlu dilakukan tindakan pembedahan.

Gejala ambeien dapat diredakan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0821-1033-3310

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now