Ini Dia Cara Atasi Sembelit Hingga Feses Berdarah!

Alami Ambeien Berdarah? Lakukan Hal Ini!

Ambeien berdarah merupakan pertanda bahwa ambeien yang kamu alami sudah dalam kondisi buruk, bahkan menimbulkan komplikasi. Menurut Medical News Today (2019) menyebutkan bahwa, ambeien/wasir yang berdarah merupakan tanda dari ambeien trombosis. Kondisi ini dapat terjadi ketika gumpalan darah terkumpul di dalam jaringan ambeien, sehingga menghambat aliran darah di sekitarnya. Biasnaya, akan menimbulkan pembengkakan pada jaringan ambeien, juga keluarnya darah dari benjolan ambeien. Ini merupakan kondisi yang sangat menyakitkan bagi penderitanya, sehingga harus segera mendapatkan penanganan dari dokter ahli.

Mengapa ambeien bisa berdarah?

ambeien berdarah

Mengutip dari healthline (2020) menyebutkan bahwa daging ambeien yang berdarah menandakan adanya kerusakan dinding pada jaringan ambeien. Baik wasir interna (dalam) maupun wasir eksterna (luar) dapat berisiko menimbulkan wasir trombosis. Kondisi ini dapat terjadi ketika wasir sudah sangat memburuk. Ini biasanya akan hilang dengan sendirinya, terutama setelah melakukan tindakan perawatan di rumah. Akan tetapi, perdarahan pada wasir harus segera mendapatkan penanganan yang tepat. Karena, jika tidak akan menimbulkan infeksi. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat mengalami perdarahan pada jaringan ambeien.

Baca: 5 Tanda Bahwa Kamu Harus Melakukan Operasi Ambeien!

Perawatan pada ambeien berdarah

Hal pertama yang dapat kamu lakukan pada trombosis ambeien/ambeien yang berdarah adalah dengan membersihkan area anus. Ini, penting untuk kamu lakukan agar meminimalisir risiko peradangan pada benjolan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa melakukan langkah perawatan sederhana seperti:

  • Mandi sitz bath

Berendam air hangat sangat penting untuk menjaga kebersihan. Selain itu, berendam air hangat juga dapat sekaligus dapat mengecilkan ukuran benjolan.

  • Gunakan tisu basah

Agar tidak membuat benjolan lembab ketika mengeluarkan darah, sebaiknya bersihkanlah benjolan menggunakan tisu basah. Hal ini agar menjaga benjolan tidak lembab, dan tidak akan menimbulkan bakteri. Akan tetapi, pilihlah tisu basah yang tidak mengandung parfum agar mengurangi iritasi.

  • Oleskan dengan witch hazel

Witch hazel terbukti mengandung anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada benjolan ambeien.

  • Kompres dengan air dingin

Kompres benjolan menggunakan handung dengan air dingin. Lakukanlah hal agar membuat rileks otot-otot anus. Rutin melakukan ini sekitar 20 menit dalam sehari mampu mengurangi ukuran benjolan.

  • Jangan duduk atau mengejan terlalu lama di toilet

Mengejan terlalu lama di toilet hanya akan menambah tekanan pada area dubur. Jika terlalu sering penderita lakukan, maka akan membuat perdarahan semakin buruk.

Tanda ambeien harus segera dioperasi

Dengan hanya melakukan hal seperti di atas, tak akan bisa menghilangkan wasir. Akan tetapi, hanya mampu mengurangi gejala perdarahan saja. Untuk mengatasi ambeien secara tuntas, sebaiknya segeralh melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli. Perlu kamu ingat pula, bahwa perdarahan pada jaringan ambeien ini merupakan tanda ambeien yang sudah parah. Artinya perlu segera kamu lakukan tindakan pengakatan wasir. Di klinik Vena Wasir Center, pengangkatan wasir dilakukan dengan metode minimal invasive surgery yang minim nyeri, minim risiko, waktu tindakan cepat, dan bisa beraktivitas. Segera hubungi nomor hotline Vena Wasir Center yang tertera di website, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca: Laser Hemorrhoidoplasty, Hilangkan Wasir Tanpa Khawatir!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now