ambeien dalam

Alami Ambeien Dalam? Atasi dengan Metode PILA Hanya Butuh Beberapa Menit!

Ambeien dalam seringkali dianggap sebagai ambeien/wasir berkategori ringan. Padahal, baik wasir luar maupun wasir dalam keduanya memiliki risiko komplikasi masing-masing yang tidak boleh penderita sepelekan. Dari anemia hingga prolaps (munculnya benjolan ke luar dari anus) merupakan salah satu risiko dari ambeien dalam yang mendapatkan penanganan yang salah. Untuk itu, penanganan ambeien dalam ini haruslah dengan menggunakan metode yang tepat. Sehingga dapat efektif menghilangkan benjolan ambeien hingga tidak kambuh kembali.

Namun, bagaimanakah mengatasi ambeien dalam yang tepat sehingga tidak akan kambuh kembali? Simak selengkapnya di dalam artikel ini.

Perbedaan wasir luar dan wasir dalam

ambeien dalam

Melansir dari jurnal kesehatan Universita Ngudi Waluyo Fakultas Ilmu Keperawatan (2020) menyebutkan bahwa berdasarkan letak pembuluh darah yang mengalami pembengkakan, wasir ini terbagi menjadi dua jenis. Yaitu:

  • Wasir internal/dalam

Benjolan wasir ini terletak di bagian dalam liang rektum (usus besar yang terhubung dengan anus). Biasanya, penderitanya tidak akan bisa merasakan benjolan tersebut dan penderitanya tidak akan merasakan nyeri, karena hanya terdapat sedikit saraf di area tersebut. Namun, wasir jenis ini akan sangat menggangu penderitanya karena berisiko mengalami anemia atau perdarahan saat melakukan buang air besar.

  • Wasir eksternal/luar

Berbeda dengan wasir dalam, benjolan ambeien/wasir ini terletak di luar anus di mana terdapat banyak saraf di area tersebut sehingga membuat penderitanya merasakan nyeri. Selain itu, infeksi juga merupakan gejala umum yang sering terjadi pada penderita wasir luar.

Baca juga: Penyakit Wasir Kambuh? Konsumsi Makanan Ini Agar Tak Datang Kembali!

Gejala khas wasir dalam

Untuk mengetahui dengan pasti mengenai masalah wasir dalam, biasanya pasien membutuhkan pemeriksaan dengan dokter ahli. Di Klinik Vena Wasir sendiri, pemeriksaan wasir dilakukan dengan metode anoskopi, di mana alat tersebut memiliki kamera untuk memeriksa lebih detail mengenai permasalahan anorektal. Sehingga wasir internal dapat dokter ketahui secara detail dan jelas. Namun, mengutip dari jurnal kesehatan berjudul “Penatalaksanaan Hemoroid Interna Menggunakan Teknik Rubber Band Ligation” Universitas Udayana (2013) selain metode pemeriksaan tersebut, ada beberapa indikasi sederhana yang bisa kamu terapkan untuk mengetahui gejala wasir internal yang muncul, di antaranya:

  • Perdarahan pada area anus, biasanya darah berwarna merah terang dan keluar saat penderita melakukan buang air besar.
  • Merasakan ketidaknyamanan ketika duduk.
  • Gatal di area sekitar anus.
  • Merasakan benjolan keluar saat melakukan proses buang air besar.

Cara mengatasi wasir dalam

Mengatasi wasir dalam kini bisa lebih mudah karena tidak harus melakukan operasi dengan bedah terbuka. Kini, terdapat metode yang mengombinasikan metode ikat jaringan karet ligase dengan metode injeksi skeleroterapi. Melansir dari jurnal kesehatan Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (2013) menyebutkan bahwa teknik ikat atau rubber band ligation ini sangat efektif untuk menghilangkan wasir interna stadium 1 hingga stadium 3.

Prosedur PILA

Dalam melakukan tindakan PILA, penanganan ambeien ini dilakukan tanpa melakukan tindakan operasi. Metode kombinasi ini bertujuan untuk meminimalisir rasa nyeri pada pasien, mengurangi perdarahan, dan mengurangi tingkat kekambuhan. Prosedurnya sendiri cukup cepat dan singkat. Pertama dokter akan menyuntikan cairan skeleroterapi pada benjolan ambeien/wasir, kemudian alat PILA akan menyerap jaringan wasir hingga kepangkalnya untuk kemudian dilakukan pengikatan dengan karet ligase.

Lalu, setelah jaringan terikat, dokter akan kembali menyuntikan cairan skeleroterapi pada benjolan wasir. Jaringan wasir yang telah terikat akan luruh dan hilang dengan sendirinya sekitar 4 hingga 7 hari setelah tindakan.

 

Untuk anda yang mengalami keluhan permasalahan wasir, segeralah untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan langsung dengan dokter spesialis di klinik Vena Wasir Center.

 

Baca juga: Mengenal Anoskopi, Alat untuk Memeriksa Ambeien!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now