Apa Itu Ambeien Luar? Kenali Bahaya dan Cara Pengobatannya!

Ambeien luar merupakan jenis ambeien yang terletak pada permukaan anus yang terkenal lebih menyakitkan dibanding dengan ambeien dalam yang terletak pada bagian dalam anus. Kebanyakan penderita tidak merasakan sakit pada bagian benjolan, kecuali jika mulai ada pendarahan pada sekitar anus.

Lalu, bagaimana dengan ambeien luar? Apakah benar lebih berbahaya dari yang lainnya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu ambeien luar?

 

Ambeien atau wasir merupakan peradangan pembuluh darah yang terjadi di sekitar anus. Menurut lokasinya, ambeien mempunyai dua tipe , yang pertama adalah benjolan wasir yang terletak di dalam yang kedua adalah benjolan wasir yang luar. Pada kasus wasir dalam, penderita biasanya tidak merasakan nyeri, karena benjolan terletak pada bagian dalam anus.

Sedangkan penderita wasir luar mereka pada umunya akan merasakan sakit, gatal, tak jarang juga terjadi pembengkakan pada benjolan sehingga penderita merasakan tidak nyaman ketika duduk hingga buang air besar. Selain itu, karena letaknya ada pada bagian luar anus yang memiliki banyak saraf, wasir tipe ini membuat penderitanya merasakan nyeri hebat.

Benarkah lebih berbahaya?

            Kedua tipe ambeien ini dapat berbahaya jika tidak ditangani dengan tepat. Pada ambeien dalam, meskipun penderitanya tidak merasakan sakit, namun lebih mungkin mengalami risiko perdarahan atau prolaps (turunnya benjolan ke luar anus). Sedangkan untuk ambeien luar, tetap bisa mengalami komplikasi seperti infeksi yang disebabkan benjolan pecah dan terinfeksi oleh bakteri, terjadi gumpalan darah, atau bahkan bisa menyebabkan strangulasi ambeien.

Cara pengobatan 

Perlu kamu ingat bahwa pengobatan kedua tipe wasir ini sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli agar mendapatkan perawatan yang tepat. Namun ada beberapa perawatan rumah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit pada benjolan, seperti;

  • Berendam dengan air hangat

Berendam dengan air hangat mampu mengurangi rasa sakit pada penderita wasir, caranya adalah dengan berendam pada bak air hangat setidaknya 20 menit, kamu bisa lakukan 2 hingga 3 kali sehari, atau sesudah buang air besar.

  • Mengoleskan krim

Selain berendam, kamu juga bisa mengoleskan beberapa krim pereda wasir yang terbuat dari witch hazel atau lidah buaya pada bagian benjolan. Hal ini akan membantu untuk mencegah membesarnya benjolan.

  • Mengompres dengan air dingin

Metode selanjutnya yang bisa kamu coba untuk meredakan sakit pada benjolan adalah dengan mengompresnya menggunakan handuk dan air dingin. Caranya adalah dengan rendam handuk selama 10 menit pada air es. Lalu, kompres benjolan dengan handuk dingin tersebut.

Tindakan medis ambeien

Selain beberapa metode di atas, penderita wasir yang sudah parah biasanya harus melakukan konsultasi untuk mendapatkan tindakan medis seperti operasi pengangkatan atau tindakan lainnya. Namun, kamu jangan khawatir yah. Pasalnya, tidak semua operasi wasir mengerikan. Ada beberapa metode yang bisa kamu pilih untuk mengangkat wasir tanpa operasi, seperti:

  • Skeleoterapi

Skeleroterapi merupakan tindakan medis yang bisa kamu pilih untuk mengobati wasir hingga tuntas. Metode ini menggunakan bahan kimia, menyuntikannya ke dalam tubuh sehingga wasir bisa menyusut bahkan sembuh total.

  • PILA

PILA merupakan singkatan dari Paran Injection Ligation for Ambeien . Metode yang satu ini menggunakan alat khusus untuk menghilangkan ambeien. Pada metode ini, pasien tidak akan merasakan sakit sama sekali. Selain itu, tindakan ini biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

  • Ligasure hemorrhoidectomy

Pada metode ini, tindakan menghilangkan benjolan wasir dilakukan dengan menggunakan laser. Wasir akan hilang dan tak akan muncul Kembali. Selain itu, metode ini juga sangat efektif karena tidak membutuhkan waktu lama, penyembuhan cepat, dan tidak akan mengalami risiko apapun.

 

Nah, itu dia beberapa tindakan yang bisa kamu pilih untuk mengurangi hingga menghilangkan wasir. Perlu kamu ingat bahwa metode di atas harus kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now