Apa Penyebab Penyakit Ambeien pada Wanita Hamil?

Penyakit ambeien bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah pola hidup yang buruk, kurang asupan serat, jarang berolahraga, dan sering mengejan saat buang air besar. Semua orang bisa saja terkena ambeien. Namun, ada beberapa golongan yang berisiko tinggi terkena wasir, seperti lansia dan wanita hamil.

Lalu, apa yang menjadi penyebab wanita hamil sangat berisiko terkena ambeien? Adakah cara mengobati dan mencegahnya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Ambeien pada wanita hamil

Menurut beberapa jurnal artikel kesehatan menyebutkan bahwa 50% wanita hamil mengalami ambeien saat kehamilan. Biasanya, pada kehamilan minggu ke-28 atau trisemester tiga, para ibu hamil akan mengalami gejala ambeien, baik gejala ambeien dalam (benjolan terletak pada area dalam anus), dan ambeien luar (benjolan terletak pada bagian luar anus).

Gejala ambeien pada wanita hamil

Gejala yang dialami oleh ibu hamil biasanya berbeda berdasarkan tipenya yaitu ambeien dalam dan ambeien luar.

Ambeien dalam/internal hemorrhoids

  • Perdarahan pada anus

Ambeien dalam memang tidak begitu menyakitkan. Namun, bisa menyebabkan penderitanya mengalami perdarahan pada bagian anus atau saat BAB.

  • Benjolan keluar dari anus dengan sendirinya

Ambeien dalam terletak pada bagian dalam anus, namun tak jarang saat mengejan terlalu keras benjolan akan keluar dengan sendirinya. Nah, ibu hamil sangat rentan mengalami prolaps ketika ambeien, karena terjadi tekanan dari rahim yang dapat benjolan pada ambeien semakin membesar.

Ambeien luar/external hemorrhoids

  • Merasakan gatal pada sekitar anus

Pada ambeien luar, biasanya penderita akan merasakan benjolan pada sekitar anus. Tak jarang benjolan ini membuat penderitanya merasakan gatal yang luar biasa pada bagian tersebut.

  • Merasakan benjolan mengeras

Penderita ambeien tipe ini biasanya akan meraskaan benjolan yang pada area luar anus mengeras dan terasa menyakitkan. Wanita hamil juga biasanya akan mengalami hal ini.

  • Merasakan nyeri saat duduk

Benjolan yang ada pada area anus akan membuat penderitanya merasakan nyeri yang luar biasa ketika duduk. Hal ini disebabkan oleh posisi duduk membuat benjolan tertekan. Untuk mengatasi ini cobalah duduk menggunakan bantal khusus ambeien.

 

Gejala pada ambeien luar biasanya hanya berlangsung selama beberapa hari saja. Jika nyeri dan gejala terus menerus terjadi segera lakukan konsultasi dengan dokter.

Penyebab penyakit ambeien pada wanita hamil

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab ambeien pada ibu hamil. Yang pertama adalah pembengkakan pembuluh darah yang disebabkan oleh kadar progeston yang tinggi pada saat hamil. Selain itu, rahim yang membesar juga membuat tekanan pembuluh darah pada bagian pinggul (vena) terhambat sehingga membuat darah sekitar anus tertekan. Inilah yang menyebabkan ibu hamil mudah mengalami ambeien.

Cara cegah ambeien

Ada beberapa cara yang bisa wanita hamil lakukan agar mencegah terkena ambeien, seperti;

  • Rajin lakukan senam kegel
  • Perbanyak minum air putih
  • Tidak boleh mengangkat beban terlalu berat
  • Kurangi berlama-lama di toilet
  • Konsumsi makanan bergizi

 

Nah, itu dia beberapa cara agar dapat terhindar dari ambeien saat kehamilan. Selain cara di atas, wanita hamil juga harus menerapkan pola hidup yang sehat saat kehamilan, agar janin dalam kandungan tetap sehat dan persalinan dapat berjalan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now