Apakah Ambeien Berdarah Indikasi Kondisi yang Lebih Serius?

Apakah Ambeien Berdarah Indikasi Kondisi yang Lebih Serius?

Apakah Anda memiliki ambeien? Atau ambeien Anda berdarah? Benarkah pendarahan pada ambeien mengindikasikan penyakit yang lebih serius?

Ambeien adalah keadaan tubuh di mana terdapat tonjolan di area anus, baik di dalam (internal ambeien) ataupun di luar (eksternal ambeien). Tonjolan ini seringkali menyebabkan perasaan tidak nyaman dan rasa sakit. Perasaan nyeri ini tidak hanya mengganggu aktivitas bekerja, bahkan untuk duduk saja terasa tidak nyaman. 

Gejalan Ambeien pada Umumnya

Ambeien merupakan penyakit umum di mana penderita terbanyaknya adalah usia produktif dan usia lansia. Hal inilah yang menjadikan ambeien meskipun umum dan tidak berbahaya, namun mengganggu aktifitas sehari-hari. Gejala-gejala ambeien yang banyak penderita rasakan, yaitu:

  • Adanya tonjolan di dalam maupun di luar anus
  • Adanya rasa sakit di area anus karena tonjolan tersebut
  • Kesulitan BAB karena tonjolan
  • Rasa nyeri ketika BAB
  • Ada darah yang menetes saat BAB atau pada feses

Gejala-gejala di atas meskipun mengganggu tetap bisa Anda sembuhkan dengan pengobatan di rumah. Seperti meminum obat pereda nyeri ataupun berendam dengan air hangat agar tonjolan mengecil.

Baca juga: Jangan Panik! Ambeien Prolaps Bisa Diatasi dengan Cara Ini!

Gejala Ambeien yang Perlu Anda Perhatikan

Feses Berdarah Bisa Berbahaya, Pastikan Gejala hingga Pengobatannya!

Darah menetes saat  BAB bisa jadi karena saluran rektum atau tonjolan tadi menghalangi feses, sehingga Anda perlu mengejan lebih keras yang mengakibatkan iritasi dan luka pada dinding rektum atau ada pembuluh darah yang pecah. Selama darah yang menetes atau tampak masih sedikit, Anda tidak perlu khawatir. Cukup lakukan pengobatan di rumah, menjaga asupan gizi, dan menghindari aktifitas berat yang membebani tubuh bagian bawah Anda.:

  • Rasa nyeri di area anus secara terus-menerus
  • Selalu ada darah pada feses setiap kali BAB
  • Beberapa tetes darah berwarna gelap di toilet
  • Tonjolan di sekitar area anus berwarna kebiruan, mengindikasikan ambeien thrombosis.

Pada kasus ambeien thrombosis, idealnya membutuhkan penanganan dokter secapatnya dalam kurun waktu 24-72 jam sejak gejala pertama terasa. Maka dari itu, apabila Anda merasakan salah satu pada gejala di atas, segeralah konsultasi ke dokter untuk menghindari infeksi meluas pada jaringan yang sehat.

Pengobatan Ambeien

Pengobatan medis akan dokter anjurkan untuk ambeien tahap ketiga. Pada tahap ini ambeien sudah kronis dan pengobatan rumah sudah tidak memiliki pengaruh apa-apa.

  • Radiofrekuensi

Metode radiofrekuensi memiliki efektivitas terapi hingga 90% tanpa menimbulkan rasa panas pada area terinfeksi. Kelebihan terapi ini yaitu, tidak merusak jaringan sehat lainnya, wasir kering sampai pangkalnya, tidak membutuhkan rawat inap sehingga pasien dapat langsung menjalankan aktivitasnya.

  • PILA

Metode ini mengikat ambeien dengan alat khusus sampai meleleh dengan sendirinya. Keuntungan metode ini adalah minim resiko pendarahan dan sakit pasca terapi, prosedur berjalan cepat, dan Anda dapat langsung melanjutkan aktivitas. 

  • Laser

Metode laser memanfaatkan energi laser untuk mengempiskan ambeien hingga kering sampai pangkalnya. Keuntungan metode ini selain menggunakan bius lokal dan minim rasa sakit pasca terapi, prosesnya hanya membutuhkan waktu 20 menit sehingga Anda dapat langsung melanjutkan aktivitas.

 

Penanganan ini dapat kamu konsultasikan dan dapatkan di Vena Wasir Centre. Wasir tuntas, jadi bebas beraktivitas hanya di Vena Wasir Center!

 

Baca juga: Jangan Sepelekan Gejala Fisura Ani, Robeknya Jaringan Anus!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now