Apakah Ambeien Bisa Sembuh dengan Menjalani Pola Gaya Hidup Sehat?

Apakah ambeien bisa sembuh? Tentu saja bisa, jika kondisi ambeiennya belum parah dan masih bergejala ringan bisa sembuh dalam beberapa hari. Kendati demikian, meski bisa sembuh dengan sendirinya, penderita wasir juga perlu menjaga atau mengubah pola gaya hidupnya untuk mencegah ambeien semakin parah.

Ambeien atau yang dalam istilah medisnya hemoroid, merupakan kondisi pembengkakan pembuluh darah anus dan rektum bagian bawah. Ada beberapa penyebab hemoroid , seperti:

  • Mengejan saat buang air besar.
  • Duduk dalam waktu lama di toilet.
  • Mengalami diare kronis atau sembelit.
  • Kelebihan berat badan.
  • Sedang hamil.
  • Makan makanan rendah serat.
  • Mengangkat beban terlalu berat.
  • Usia

Apakah Ambeien Bisa Sembuh dengan Menjalani Pola Gaya Hidup Sehat?

Pada beberapa kasus ambeien bisa sembuh sendiri, namun kasus lainnya perlu mendapatkan penanganan yang tepat. Sementara itu, dengan menjalani pola gaya hidup sehat, dapat membantu mencegah hemoroid kian parah. Berikut beberapa gaya hidup sehat yang bisa membantu mencegah dan mempercepat penyembuhan hemoroid:

  1. Mengonsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah buahan dapat membantu menambah volume dan melunakkan tinja sehingga dapat membantu pergerakan usus yang membuat tinja lebih mudah untuk dikeluarkan. Makanan kaya akan serat tidak hanya terbatas pada sayuran dan buah saja, tapi juga roti gandum, ubi, dan juga chia seed.

Baca Juga: Makan Buah Buahan Ini Bantu Kurangi Risiko Ambeien

  1. Minum air putih

Minum air putih sangat penting karena asupan cairan yang cukup akan membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik dan membuat tinja atau feses lebih lunah dan mudah untuk mengeluarkannya.

  1. Rutin olahraga

Olahraga ringan dapat membantu memperbaiki atau mencegah banyak masalah usus dan pencernaan, salah satunya ambeien. Ketika tidak aktif secara fisik, semua organ tubuh pun akan melambat, termasuk usus. Olahraga membantu menjaga kotoran bergerak melalui  usus. Sehingga bisa mencegah  tinja yang kering dan keras.

  1. Hindari menunda BAB (Buang Air Besar)

Jika kamu menunda BAB, feses akan menjadi keras dan kering di usus. Sehingga membuatnya lebih sulit untuk mengeluarkannya. Jika kamu berusaha keras untuk mengeluarkannya dengan cara mengejan, maka risiko terkena ambeien akan  meningkat.

  1. Hindari duduk terlalu lama

Posisi duduk terlalu lama akan memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah anus yang dapat meningkatkan risiko ambeien.Jadi, hindari duduk terlalu lama baik saat bekerja maupun saat BAB.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now