Apakah Ambeien Bisa Sembuh Sendiri Tanpa Tindakan Operasi?

Apakah Ambeien Bisa Sembuh Sendiri Tanpa Tindakan Operasi?

Apakah ambeien bisa sembuh sendiri? Pernahkan Anda menanyakan hal itu pada diri sendiri atau keluarga, teman, kerabat, kolega, di media sosial, di grup keluarga, atau mungkin kepada dokter? Saat melihat iklan di televisi mengenai obat oral atau pun bantal duduk khusus bagi yang memiliki ambeien, bisa tidak ya, ambeien sembuh hanya dengan obat-obatan tersebut atau hanya dengan menggunakan bantal khusus?

Tingkatan Ambeien

apakah ambeien bisa sembuh  sendiri

Ambeien merupakan penyakit di mana terdapat tekanan pada pembuluh darah di area rektum atau anus yang menyebabkan munculnya tonjolan di area tersebut. Selain itu, pada beberapa kasus, area rektum menjadi kering sehingga ketika Anda BAB terasa sakit bahkan menyebabkan darah menetes atau tercampus pada feses.

Dalam jurnal berjudul Hemorrhoid oleh dosen fakultas  kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Moch, Agus Suprijono mbeien sendiri memiliki empat tingkatan secara umum berdasarkan gejalanya mulai dari tingkat I yang gejalanya ringan seperti minim pendarahan dan tonjolan di area dalam anus hingga tingkat IV yang gejalanya berupa pendarahan ketika BAB dan tonjolan di luar anus.

Baca juga: Benarkah Minuman Probiotik Bisa Menyembuhkan Ambeien? 

Perawatan Ambeien di Rumah

Bagi Anda yang memiliki ambeien ringan di tingkata I dan II maka bisa melakukan beberapa perawatan di rumah untuk meringankan gejalanya serta memperlambat pertumbuhannya, seperti:

  • Minum air putih minimal 8 gelas sehari.
  • Konsumsi makanan bergizi yang kaya serat seperti sayuran hijau dan hindari makanan rendah serat seperti roti, makanan siap saji, dan makanan ringan.
  • Menggunakan bantal khusus sebagai alas duduk utnuk mengurangi tekanan beban tubuh pada area panggul.
  • Berendam dengan air panas atau hangat.
  • Menghindari kegiatan mengangkat beban yang berlebihan.
  • Konsumsi obat pereda nyeri bila perlu sesuai dengan takaran dosisnya. 

Metode Penyembuhan Ambeien

Tergantung pada tingkatannya, bila anda mengidap ambeien tingkat III dan IV maka dokter bisa menyarankan untuk menjalani terapi atau operasi untuk mengangkat ambeien. 

  • Radiofrekuensi

Menggunakan gelombang radio untuk menyembuhkan ambeien. Efektivitasnya mencapai 90% tanpa menyebabkan rasa panas pada pasien. Metode ini tidak memerlukan pasien menjalani perawatan rawat inap pasca tindakan sehingga dapat langsung kembali beraktivitas atau beristirahat di rumah.

  • PILA

PILA merupakan salah satu metode modern yang umum dokter rekomendasikan untuk mengobati ambeien. Dokter akan mengikat prolaps menggunakan alat khusus yang dapat melelehkan tonjolan ambeien dengan sendirinya. Prosedur PILA hanya memakan waktu singkat sehingga Anda tak perlu menjalani perawatan rawap inap setelah tindakan.

  • Laser

Prolaps di area rektum atau anus akan mongering setelah terpapar sinar laser. Penggunaan bius lokal untuk terapi ini memungkinkan anda untuk segera melanjutkan aktivitas tanpa perlu menjalani rawat inap setelahnya.

Jadi, apakah ambeien dapat sembuh sendiri tanpa perlu menjalani operasi? Bisa saja bagi yang mengalami gejala ringan, namun ambeien akan sembuh secara tuntas dengan bantuan perawatan medis. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter di Vena Wasir Center sebelum membulatkan keputusan Anda. Wasir tuntas, jadi bebas beraktivitas hanya di Vena Wasir Center!

Baca juga: CEK BIAYA OPERASI AMBEIEN TERBARU DISINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now