Apakah Ambeien Bisa Sembuh Tanpa Operasi?

Apakah Ambeien Bisa Sembuh Tanpa Operasi?

Ambeien bisa sembuh menggunakan dua cara, yaitu pengobatan alami hingga pengobatan medis. Mengutip dari artikel National Health Services (2019) menyebutkan bahwa wasir atau ambeien ini memang dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Namun, tentu saja hal tersebut harus dibarengi dengan perubahan gaya hidup hingga pengobatan alami hingga medis lainnya. Jika tidak, maka ambeien akan semakin memburuk hingga dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih menyakitkan lainnya. Lalu, bagaimana cara agar ambeien ini cepat sembuh? Simak selengkapnya di dalam artikel ini!

Hal yang dapat mempercepat penyembuhan wasir

Apakah Ambeien Bisa Sembuh Tanpa Operasi?

Ambeien atau wasir merupakan penyakit pada pencernaan yang berdampak pada area anorektal atau anus. Selain dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, wasir atau ambeien ini juga dapat menghambat aktivitas pada penderitanya. Pada beberapa kasus wasir yang sudah memburuk, wasir atau ambeien ini bahkan dapat menyebabkan munculnya beberapa komplikasi pada wasir. Salah satu penyakit komplikasi yang dapat muncul akibat masalah wasir ini adalah anemia, strangulasi ambeien atau terputusnya aliran darah pada benjolan sehingga menimbulkan rasa sakit luar biasa, ambeien pecah, hingga terjadinya gumpalan darah pada benjolan.

Komplikasi tersebut dapat muncul ketika penderitanya tidak menghiraukan gejala ambeien yang muncul. Seringkali, ambeien yang dibiarkan dapat memperburuk kondisi yang ada. Mengutip dari Mayo Clinic (2021) menyebutkan bahwa ada beberapa hal dan kondisi yang dapat memperburuk kondisi ambeien, di antaranya:

  • Kebiasaan duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan peredaran darah di area anus menjadi terhambat. Sehingga, dapat menyebabkan kondisi wasir menjadi memburuk.

  • Mengonsumsi makanan rendah serat

Makanan seperti junkfood, roti putih, terigu, nasi, hingga daging merah merupakan beberapa makanan yang minim kandungan serat. Beberapa makanan tersebut dapat menyebabkan proses pencernaan menjadi terhambat sehingga berdampak pada feses yang mengeras. Hal ini dapat menyebabkan sembelit yang berujung memburuknya kondisi wasir atau ambeien.

  • Kebiasaan minum alkohol dan merokok

Meminum alkohol dan merokok merupakan gaya hidup yang tak sehat. Selain dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi, alkohol juga dapat menyebabkan sistem pencernaan terganggu yang dapat menyebabkan ambeien bertambah parah.

  • Tidak menjaga kebersihan di area anus

Anus yang tak bersih dapat mengundang berbagai bakteri dan virus untuk hidup dan berkembang biak di area tersebut. Jika, penderita tak menjaga kebersihan di area anus, maka ambeien akan semakin memburuk dan dapat menyebabkan risiko infeksi lainnya.

Hal yang dapat memperlambat penyembuhan wasir

Agar ambeien/wasir bisa cepat pulih, maka sebaiknya penderita melakukan perubahan pola hidup sehat. Berikut adalah beberapa hal yang dapat mempercepat proses penyembuhan pada ambeien di antaranya:

  • Mengonsumsi banyak sayur dan buah
  • Tidak mengonsumsi makanan pedas, berminyak, junkfood, hingga mengurangi konsumsi daging merah
  • Perbanyak minum air putih
  • Aktif berolahraga ringan
  • Rajin membersihkan area anus dengan tisu basah tanpa alkohol dan tanpa kandungan parfum
  • Sering merendam ambeien menggunakan air hangat
  • Mengonsumsi minuman probiotik

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wasir Dan Kondiloma

Apa yang harus dilakukan saat ambeien tidak bisa sembuh?

Namun, jika kondisi wasir tidak juga sembuh selama berminggu-minggu. Artinya, pengobatan alami yang penderita lakukan sudah tidak bisa mengurangi gejalanya. Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah di klinik wasir terbaik, yaitu klinik Vena Wasir Center. Semua tindakan di klinik Vena Wasir Center menggunakan metode modern tanpa rawat inap. Selain itu, karena tindakan tersebut merupakan metode modern, maka hampir semua tindakan ini juga minim nyeri dan juga risiko. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengobatan wasir di klinik Vena Wasir Center, silakan hubungi nomor 0811-9555-100 atau langsung klik di sini!

 

Baca juga: Simak Obat Wasir Paling Ampuh, dari Alami Hingga Medis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now