Bawang Putih untuk Obat Ambeien, Yakin Aman?

Bawang putih dikenal sebagai bahan alami yang terkenal sebagai obat ambeien. Namun, apakah bahan tersebut aman? Benarkah efektif hilangkan ambeien? Simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian ambeien

Bawang putih sebagai obat ambeien

Ambeien merupakan terjadinya pembengkakan pembuluh darah pada daerah anus atau bagian rektum. Ambeien bisa terjadi oleh siapapun, namun pada umumnya penyakit ini terjadi pada orang dewasa, wanita hami, hingga lansia. Meskipun bukan golongan penyakit yang berbahaya, namun penyakit ambeien membuat penderitanya merasa tidak nyaman, merasakan nyeri, hingga mengalami perdarahan. Untuk itu, jika mengalami gejala ambeien segera lakukan konsultasi dengan dokter ahli agar tidak memperburuk kondisi dan gejala ambeien.

Bahan alami dikenal untuk obat ambeien

Biasanya, pengobatan ambeien dilakukan sesuai dengan kondisi penderita. Namun, selama ini ada beberapa bahan alami yang terkenal sebagai salah satu cara untuk mengurangi gejala pada ambeien, seperti:

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa terkenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat mengurangi rasa sakit/nyeri pada penderita ambeien karena mengandung anti-inflamasi dan antibakteria alami. Caranya, cukup oleskan minyak kelapa alami pada benjolan ambeien.

  • Rendam duduk

Cara ini juga efektif untuk mengurangi rasa nyeri pada penderita ambeien. Kamu hanya perlu merendam bagian pinggul hingga bokong dengan air hangat selama 10-15 menit.

  • Lidah buaya

Gel lidah buaya alami juga efektif mengurangi peradangan pada benjolan, sehingga efektif mengurangi rasa sakit pada penderita ambeien.

  • Daun ungu

Daun hias yang satu ini juga memiliki antiinflamsi yang juga dapat mengurangi gejala sakit/nyeri pada ambeien. Cukup rendam daun ungu, lalu minum daun rendaman tersebut 1 gelas dalam 1 hari.

  • Bawang putih

Bawang putih juga terkenal sebagai salah satu obat alami untuk mengurangi rasa gatal dan sakit pada ambeien. Biasanya, beberapa orang menggunakan bawang putih yang sudah terkupas, untuk memasukannya ke dalam anus semalaman. Cara lainnya adalah dengan meminum rebusan air bawang putih.

Sebagian orang percaya bahan alami tersebut, termasuk bawang putih dapat mengobati ambeien. Namun, benarkah bahan alami tersebut efektif untuk obati ambeien?

Kandungan bawang putih

Bawang putih sebagai obat ambeien

Menurut beberapa jurnal penelitian kesehatan menyebutkan bahwa bawang putih mengandung mempunyai kandungan sulfur, dan juga mengandung alisin. Kandungan tersebut mampu atasi inflamasi, antimikroba, dan antivirus. Zat tersebut dipercaya mampu atasi rasa gatal dan nyeri hingga peradangan pada benjola ambeien.

Namun, belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa bawang putih benar efektif untuk mengobati wasir. Selain belum terbukti secara ilmiah, pengobatan wasir menggunakan bawang putih juga bisa jadi membahayakan loh. Apalagi jika pengobatan dilakukan dengan cara memasukan bawang putih ke dalam anus. Cara ini dapat memperburuk keadaan wasir, karena benda apapun yang masuk ke dalam anus harus steril.

Jadi, metode pengobatan menggunakan bawang putih belum teruji kebenarannya yah

Cara pengobatan yang benar

Pengobatan pada ambeien tidak boleh sembarang kamu lakukan jika tidak ingin memperburuk kondisi wasir!

Pengobatan terbaik adalah dengan melakukan analasis terhadap wasir yang kamu alami terlebih dahulu, hingga bisa melakukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi tersebut. Jadi, jika kamu mengalami gejala ambeien seperti merasakan ada benjolan pada area anus, nyeri, panas, gatal, atau hingga mengalami perdarahan saat BAB. Sebaiknya, segera lakukan konsultasi dengan dokter ahli, penanganan wasir akan lebih baik kamu lakukan dengan dokter ahli agar mendapat pengobatan hingga penanganan yang tepat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now