Benarkah Minuman Probiotik Bisa Menyembuhkan Ambeien?

Benarkah Minuman Probiotik Bisa Menyembuhkan Ambeien? 

Menyembuhkan ambeien dengan cara alami biasanya dilakukan dengan mengonsumsi makanan hingga obat-obatan tertentu. Salah satu pengobatan yang paling terkenal adalah dengan mengonsumsi minuman prebiotik. Biasanya, minuman prebiotik ini merupakan minuman kemasan yang memiliki kandungan probiotik atau bakteri  Lactobacillus dan Bifidobacterium. Kedua bakteri tersebut ternyata memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan manusia. Mengutip dari artikel kesehatan Los Angeles Colon and Rectal (2021) menyebutkan bahwa minuman probiotik dan yoghurt merupakan salah satu makanan yang bisa mengatasi gejala ambeien pada seseorang. Namun, benarkah bisa menjadi salah satu pengobatan pada ambeien? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Ambeien dan berbagai penyebabnya 

Benarkah Minuman Probiotik Bisa Menyembuhkan Ambeien?

Ambeien atau wasir merupakan salah satu masalah pencernaan akibat terjadi pembengkakan di area anus. Artinya, wasir atau ambeien ini biasanya dipicu oleh pola makan dan pola hidup secara keseluruhan. Melansir dari Medical NewsToday (2021) menyebutkan bahwa ada beberapa penyebab atau pemicu ambeien pada seseorang, seperti: 

  • Kurang mengonsumsi makanan berserat 
  • Tubuh kekurangan kandungan mineral 
  • Terlalu keras mengejan
  • Duduk terlalu lama 
  • Mengalami sembelit atau diare kronis 
  • Kondisi kehamilan atau obesitas 

Selain beberapa kondisi di atas, beberapa sumber juga menyebutkan bahwa melakukan aktivitas, seperti mengangkat beban berat juga bisa menyebabkan timbulnya wasir atau ambeien pada seseorang. 

Benarkah minuman probiotik bisa menyembuhkan ambeien? 

Meskipun ada berbagai macam penyebab ambeien dan wasir pada seseorang. Akan tetapi, wasir atau ambeien yang terjadi pada kebanyakan kasus adalah akibat dari adanya masalah pada sistem pencernaan, seperti diare hingga sembelit kronis. Tak jarang, terlalu keras mengejan juga menimbulkan wasir atau ambeien pada seseorang. Di sinilah peran probiotik bisa sangat berguna, karena bakteri baik yang terdapat pada minuman probiotik dapat melancarkan proses buang air besar menjadi normal kembali. Sehingga, minuman probiotik ini dapat mengurangi gejala ambeien hingga mencegah ambeien bertambah buruk. Mengutip dari Los Angeles, Colon and Rectal (2021) menyebutkan bahwa meskipun terkenal baik untuk masalah pencernaan. Namun, minuman probiotik yang mengandung pemanis buatan biasanya dapat memicu masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, para penderita wasir juga harus cermat memilih probiotik yang dijual di pasaran. 

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wasir Dan Kondiloma

Cara lain untuk menyembuhkan ambeien 

Kesimpulannya, minuman probiotik ini merupakan salah satu minuman yang baik untuk penderita wasir. Namun, para penderita juga harus waspada terhadap kandungan lain yang ada pada minuman kemasan probiotik. Oleh karena itu, minuman probiotik juga tidak bisa menjadi satu-satunya pengobatan pada ambeien yang penderitanya lakukan. Perbaikan pola makan dan pola hidup tetap harus penderita ambeien lakukan untuk menunjang proses penyembuhan. Selain itu, melakukan konsultasi dan pemeriksaan terhadap masalah ambeien juga sangat di lakukan. Hal ini agar mencegah komplikasi pada wasir, sekaligus mempercepat proses penyembuhan. Untuk itu, jika mengalami masalah ambeien atau wasir, segeralah melakukan konsultasi dan pemeriksaan di klinik wasir terbaik yaitu, Vena Wasir Center. Semua pengobatan wasir di Vena Wasir Center dilakukan oleh dokter spesialis bedah dan tenaga medis berpengalaman.  

Baca juga: Wajib Tahu! 5 Cara Mengobati Ambeien, Hitungan Menit Bisa Hilang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now