wasir adalah

Benarkah Wasir Adalah Tanda dari Kanker Anus?

Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi pada sekitar rektum atau anus. Biasanya pembengkakan ditandai dengan adanya benjolan yang menyebabkan rasa nyeri, gatal, perih, hingga berdarah. Meskipun banyak orang mengalami wasir, namun gejala yang timbul dari penderita biasanya berbeda-beda, tak jarang gejalanya memaliki persamaan dengan gejala kanker anus. Wasir dan kanker anus merupakan penyakit yang berbeda. Meskipun begitu, melakukan diagnosa pada suatu penyakit tidak bisa kamu lakukan sendirian ya, lebih baik lakukan konsultasi dengan dokter ahli agar mendapat tindakan yang tepat.

Namun, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk melihat tanda-tanda dan perbedaan antara wasir dan kanker anus seperti di bawah ini!

Perbedaan wasir dan kanker anus

wasir adalah

Dari segi penyebabnya wasir dan kanker anus jelas berbeda. Penyebab wasir adalah adanya kumpulan jaringan yang meradang dan bengkak pada sekitar anus. Benjolan ini bisa terletak di dalam atau area luar anus. Tergantung pada jenis ambeien yang penderita alami, benjolan tersebut biasanya menyebabkan rasa gatal, nyeri, hingga berdarah. Sedangkan kanker anus penyebabnya adalah pertumbuhan sel genetik yang berkembang dengan cepat.

Gejala pada kanker anus

Meskipun sama-sama berbentuk benjolan, namun kamu tetap bisa membedakan ambeien dan kanker dengan beberapa gejala, seperti:

  1. Jika benjolan dan gejala nyeri dapat berkurang dengan pengobatan manual, maka benjolan tersebut kemungkinan hanyalah wasir. Namun, jika gejala nyeri tidak kunjung sembuh maka kamu harus waspada risiko kanker anus.
  2. Pada kasus kanker anus, para penderita biasanya mengeluarkan lendir beserta perdarahan dari dalam anus. Jika sudah seperti itu, maka kamu harus waspada.
  3. Pada kasus kanker, penderita juga biasanya akan mengalami perdarahan hebat (berwarna merah segar). Meskipun tak jarang penderita wasir juga akan mengalami perdarahan saat melakukan buang air besar.
  4. Penderita kanker anus biasanya juga akan merasakan nyeri/sakit pada bagian perut yang luar biasa. Berbeda dengan penderita wasir, biasanya mereka hanya akan merasakan nyeri pada benjolan yang terletak di sekitar anus.
  5. Penderita kanker juga biasanya akan mengalami kelelahan dan fatigue. Meskipun penderita wasir juga akan merasakan kelelahan jika mengalami perdarahan. Jika merasakan ini sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter.
  6. Penderita kanker juga biasanya akan mengalami diare atau sembelit yang tak berkesudahan.
  7. Penderita kanker juga biasanya akan mengalami penuruan berat badan secara drastis.

Perlu diingat juga bahwa gejala di atas tidak bisa menjadi tolak ukur yang pasti. Untuk mendapatkan pengobatan hingga tindakan medis yang tepat, segeralah untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli. Selain itu, konsultasi juga sangat diperlukan jika kamu merasakan nyeri/sakit berlebihan pada benjolan, agar penderita segera mendapatkan tindakan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now