Mengonsumsi Chia Seed Bantu Mencegah Wasir

Kita semua tahu bahwa serat dapat membantu mencegah wasir dan membantu pencernaan. Serat dapat ditemukan di sayuran, buah, atau biji-bijian. Nah, ada salah satu sumber serat yang saat ini tengah populer di masyarakat, yaitu chia seed  yang juga dapat membantu sebagai cara mencegah berbagai penyakit termasuk wasir.

Chia seed merupakan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tumbuhan Salvia hispanica L. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan. Namun, sekarang chia seed sudah dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia.

Kandungan Nutrisi Pada Chia Seed

Chia seed mengandung serat dalam setiap 11 gram dan menyumbang  40% dari asupan serat yang direkomendasikan.  Bagian luar chia seed terdiri dari polisakarida non-pati (NSP) yang larut dalam air dan akan mengembang, seperti jeli, sehingga dapat membantu pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Chia seed sebaiknya dikonsumsi sekitar 25-38 gram sehari dan tidak disarankan melebihi 48 gram per harinya, sesuai dengan laporan dari The US Dietary Gidelines.

Selain mengandung serat, chia seed juga mengandung, karbohidrat, protein, air, asam lemak omega-3, kalsium dan vitamin A dan B. Chia seed juga mengandung sejumlah antioksidan yang berperan penting dalam membantu tubuh melawan penyakit seperti jantung atau kanker.

Chia Seed, Mencegah Wasir dan Melancarkan Pencernaan

Serat dapat membantu menormalkan gerakan usus, membantu menjaga kesehatan usus, membantu menjaga kualitas feses dan mempermudah proses buang air besar.  Selain itu, kandungan serat pada chia seed tidak mudah larut, sehingga dapat membantu memperpanjang rasa kenyang atau rasa kenyang lebih lama, sehingga bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang dapat membantu Anda yang ingin menurunkan atau mempertaruhkan berat badan ideal.

Wasir atau hemoroid dapat disebabkan akibat sulit buang air besar (sembelit) dan obesitas. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti chia seed dapat menjadi salah satu cara mencegah wasir.

Serat dibagi menjadi dua, yaitu serat larut air dan serat tak larut. Saat kita mengonsumsi makanan tersebut, serat larut akan membentuk zat seperti gel tebal di lambung, yang akan dicerna perlahan. Gel berserat itu kemudian dipecah oleh bakteri di usus besar, prosesnya akan menghasilkan sedikit kalori.

Mengonsumsi serat larut, akan membuat feses menjadi lebih padat dan berbentuk, sangat tepat untuk solusi masalah diare. Serat larut juga memiliki kemampuan untuk memperlambat atau mengurangi penyerapan beberapa zat yang dapat memiliki efek negatif pada kesehatan.

Serat tak larut membantu pergerakan sistem pencernaan dan meningkatkan massa feses, sehingga serat tidak larut air  ini merupakan solusi tepat bagi  Anda yang sedang mengalami sembelit.

baca juga:

Cara Mengonsumsi Chia Seed

Agar mendapatkan manfaat chia seed maksimal, Anda harus tepat mengolahnya. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengonsumsi chia seed.

konsumsi bersama dengan air karena chia seed dapat menyerap air dan mengembang beberapa kali lebih besar dari bentuk awalnya.

– jadikan bahan campuran ketika membuat puding, kue ataupu selai.

Meskipun chia seed baik untuk membantu mencegah wasir, Anda juga harus menjalani pola gaya hidup sehat dengan olahraga, berhenti merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, tidak mengangkat beban berat terlalu sering.

 

Apabila Anda telah menderita wasir menahun, sebaiknya periksakan wasir Anda ke dokter. Anda dapat mengunjungi Vena Wasir Center untuk mengatasi wasir tanpa operasi. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now