Cara Mengatasi Wasir Luar di Rumah Agar Tak Semakin Parah

Cara mengatasi wasir luar dapat dilakukan di rumah dengan cara sederhana. Hal ini dilakukan untuk mencegah kondisi hemoroid semakin parah.

Wasir luar atau hemoroid eksternal merupakan kondisi yang menyebabkan benjolan wasir keluar dari lubang anus. Kondisi ini memiliki gejala yang bervariasi bergantung pada keparahannya. Gejala yang umum terjadi adalah rasa perih dan panas pada anus, rasa gatal di anus, adanya benjolan dibagian luar anus dan dapat terlihat dari luar, dan keluarnya darah saat buang air besar.

Cara Mengatasi Wasir Luar di Rumah

Hemoroid yang diabaikan dapat bertambah parah. Oleh sebab itu perlu dilakukan pencegahan, berikut adalah beberapa cara mengatasi wasir luar yang dapat dilakukan di rumah:

  • Mengonsumsi makanan kaya serat

Makanan yang kaya akan serat akan membuat feses atau kotoran bertekstur lunak, sehingga mudah dikeluarkan dan menghindari mengejan saat buang air besar. Proses mengejan ini akan memberikan tekanan lebih pada pembuluh darah sehingga mengalami pembengkakan.

Bagi seseorang yang telah memiliki hemoroid, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, selain membantu feses menjadi lunak juga dapat mencegah pembengkakan, perdarahan dan pembesaran ambeien tidak bertambah parah.  Sehingga rasa sakit akibat hemoroid dapat dikurangi.  Makanan kaya akan serat dapat Anda temukan pada sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  • Buang air besar ketika benar-benar ingin

Saat Anda merasa benar-benar ingin buang air besar, sebaiknya segeralah dan jangan menundanya. Menunda buang air besar dapat membuat kotoran menumpuk sehingga menambahkan tekanan pada pembuluh darah yang mengalami ambeien. Begitupun saat Anda belum merasa benar-benar ingin buang air besar jangan memaksanya keluar.

  • Rendam bokong dengan air hangat

Rendam bokong atau sitz bath, dilakukan dengan cara menggunakan air hangat untuk membantu meringankan gejala ambeien. Gejala yang dimaksud dapat berupa, rasa gatal, iritasi dan kejang otot pada anus. Sitz bath dilakukan dengan air hangat sehari tiga kali  selama 15 menit di minggu pertama. Setelah, rendam bokong jangan lupa keringkan area anus.

  • Rutin berolahraga

Tujuan olahraga bagi penderita wasir adalah memperbaiki sirkulasi darah dan mencegah sembelit yang dapat menyebabkan keparahan wasir semakin bertambah. Bagi penderita wasir, sebaiknya menghindari jenis olahraga yang mengangkat beban berat. Olahraga yang dapat dilakukan seperti, yoga, aerobik, dan senam kegel. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari.

  • Mengoleskan obat

Cara mengatasi wasir luar adalah mengoleskan obat pereda nyeri dapat membantu meringankan rasa nyeri. Namun, sebaiknya penggunaan krim sesuai dengan resep dokter dan tidak digunakan dalam jangka waktu panjang.

  • Mengompres es dan duduk di tempat empuk

Cara mengatasi wasir luar lainnya adalah jika Anda merasakan nyeri akibat pembengkakan ambein, sebaiknya mengompres es dengan cara membungkus es batu di kain dan menempelkannya di bagian anus. Lebih lanjut, Anda juga perlu duduk di tempat yang empuk. Anda bisa menggunakan bantal wasir, jika perlu.

baca juga: Bantal Wasir, Bantu Duduk Nyaman Saat Wasir Kambuh

 

Hal-hal yang telah disebutkan di atas adalah cara mengatasi wasir luar di rumah, untuk membantu Anda mengurang gejalanya. Namun, Anda tetap perlu melakukan pemeriksaan dengan dokter dan menjalani tindakan medis.

Saat ini, Anda tak perlu khawatir tentang biaya tindakan wasir. Seiring dengan kemajuan teknologi di dunia medis, teknologi untuk mengobati wasir semakin canggih sehingga Anda tidak membutuhkan waktu yang lama dan rawat inap.

Vena Wasir Center merupakan klinik pengobatan wasir yang telah dipercaya masyarakat Indonesia dalam menangani keluhan ambeiennya. Didukung dengan teknologi modern, ligasure dan radiofrekuensi dan ditangani dokter spesialis bedah berpengalaman hemoroid Anda akan teratasi sampai tuntas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0821-1033-3310

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now