Cegah Penyakit Wasir dengan Rutin Lakukan Hal Ini!

Penyakit wasir atau ambeien merupakan penyakit umum yang bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun. Penyakit yang terkenal memalukan ini sebenarnya merupakan penyakit yang lumrah dialami oleh orang dewasa hingga lansia. Bahkan, menurut jurnal dan artikel ilmiah menyebutkan bahwa setengah dari populasi manusia di dunia pernah mengalami wasir. Hal ini bisa terjadi karena wasir merupakan bagian dari anatomi alami yang ada pada tubuh manusia, sehingga semua orang memiliki wasir.

Namun, wasir akan menjadi menyakitkan jika terjadi pembengkakan, pendarahan, hingga muncul benjolan pada area anus.

Penyebab penyakit wasir

Meskipun hampir setiap orang mengalaminya, penyakit wasir bisa menjadi pengingat bahwa tubuhmu kekurangan vitamin, mineral, hingga kurang asupan serat. Ketika seseorang menjalani pola hidup yang tidak teratur maka tubuh akan mengeluarkan respons. Nah, ambeien merupakan salah satu respons alami tubuh. Selain pola hidup, beberapa kegiatan hingga keadaan/kondisi tertentu bisa menjadi penyebab munculnya wasir dalam tubuh.

  1. Terlalu lama duduk
  2. Sering menunda buang air besar
  3. Kurang minum air putih
  4. Kurang konsumsi makanan berserat
  5. Pola hidup tidak teratur
  6. Kurang melakukan aktivitas fisik
  7. Tidak berolahraga
  8. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol
  9. Terlalu banyak mengangkat beban berat

Selain faktor di atas, beberapa kondisi tertentu juga bisa jadi penyebab seseorang terkena wasir. Seperti pada wanita hamil, lansia, hingga pada penyandang disabilitas.

Cara mencegah penyakit wasir

Meskipun hampir semua orang berisiko untuk terkena wasir, namun kamu juga bisa loh melakukan tindakan-tindakan pencegahan agar tidak terkena penyakit yang satu ini.

Ada beberapa cara simple yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari wasir, antara lain:

  • Tidak menunda buang air besar

Banyak orang masih menyepelekan proses buang air besar. Sehingga beberapa dari mereka sering mengabaikan rasa mulas. Padahal, sering menunda buang air besar bisa menyebabkan kamu terkena ambeien. Ini terjadi karena saat menunda buang air besar, kotoran/tinja akan mengeras dan mengering sehingga sulit untuk keluar. Sehingga berisiko menyebabkan terkena ambeien.

  • Hindari terlalu lama duduk di toilet

Kebiasaan membaca buku atau bermain gadget di toilet merupakan kebiasaan yang bisa meningkatkan risiko terkena ambeien. Hal ini terjadi karena, duduk terlalu lama di toilet membuat terhambatnya aliran darah pada sekitar panggul hingga anus. Inilah yang menyebabkan terjadinya penyakit wasir.

  • Hindari mengejan terlalu keras

Pada beberapa kasus, penyebab utama wasir adalah akibat dari mengejan terlalu keras. Mengejan terlalu keras juga menjadi faktor utama terjadinya pendarahan pada ambeien. Selain mengejan saat BAB, ada juga beberapa kondisi yang menyebabkan kamu dapat mengajan, yaitu mengangkat beban berat, dan batuk terlalu keras.

  • Konsumsi makanan berserat

Makanan berserat sangat penting untuk metabolisme tubuh. Ketika kamu mengonsumsi makanan berserat maka proses pencernaan berjalan lancar hingga bisa mencegah terjadinya penyakit wasir. Makanan berserat yang bisa konsumsi adalah jagung, brokoli, pisang, buah pir, apel, oatmeals, dll.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari penyakit wasir. Hal yang paling penting untuk membuatmu tetap sehat sehingga tercegah dari penyakit apapun adalah dengan selalu menjalankan pola hidup sehat!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now