Ciri-ciri ambeien pada ibu hamil

Ciri-Ciri Ambeien pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri ambeien pada ibu hamil paling umum yaitu kesulitan untuk BAB. Salah satu kelompok terbesar pasien penderita ambeien adalah ibu hamil. Membesarnya perut seiring berkembangnya janin menekan organ-organ di sekitarnya seperti paru-paru, jantung, organ pencernaan, termasuk saluran pembuangan seperti rektum. Tekanan ini menyebabkan jaringan pembuluh darah pecah di area rektum sehingga menghasilkan tonjolan baik di dalam maupun di luar anus.

Gejala Ambeien pada Ibu Mengandung

Ciri-Ciri Ambeien pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Beberapa gejala umum ambeien yang ibu mengandung alami selain kesulitan BAB, yaitu:

  • Area anus terasa gatal dan panas.
  • Setiap kali BAB, ada darah segar yang menetes, biasanya intensitas darah meningkat seiring dengan semakin bertambahnya usia kandungan karena ukuran janin yang juga membesar.
  • Selain rasa gatal dan panas, Anda juga dapat merasakan rasa nyeri yang sangat di area anus.
  • Seperti penjelasan di atas, pembuluh darah yang pecah menyebabkan munculnya tonjolan baik di dalam atau di luar anus. Hal ini juga berlaku bagi ibu yang sedang mengandung.
  • Rasa nyeri ketika BAB juga menjadi salah satu gejala umum ambeien bagi ibu hamil.
  • Seluruh gejala di atas dan juga perubahan kondisi tubuh lainnya yang biasa ibu mengandung alami dapat menambah perasaan tidak nyaman.

Baca juga: Obat Ambeien Paling Ampuh untuk Ibu Hamil!

Pengobatan Ambeien untuk Ibu Hamil

Bentuk pengobatan seperti terapi dan bedah biasanya akan ibu mengandung lakukan pasca melahirkan. Alasannya yaitu, tingginya kemungkinan pecahnya pembuluh darah lain saat ibu mendorong bayi keluar. Maka dari itu, pengobatan wasir akan dokter lakukan pasca melahirkan.

Namun, apabila warna darah menggelap atau intensitas rasa sakit meningkat alangkah baiknya bagi Anda untuk bertemu dan berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Langkah-Langkah Meredakan Gejala Ambeien untuk Ibu Hamil

Bagi ibu mengandung yang ingin mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman di area anus selama masa kehamilan, maka ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan di rumah. 

  • Konsumsi makanan kaya serat dan minum air putih 8-10 gelas dalam sehari.

Rajin makan makanan berserat selain berguna untuk membantu melancarkan BAB dan meringankan rasa sakitnya, juga memiliki gizi yang tinggi untuk tumbuh kembang janin. Minum air yang cukup dapat membantu mengurangi resapan air di area rektum menjadi lebih lembab sehingga tidak terjadi infeksi berlebih ketika mengejan.

  • Menggunakan bantal khusus ambeien untuk duduk.

Penggunaan bantal yang berlubang di area tengahnya dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman.

  • Tidak dalam posisi duduk terlalu lama.

Selain menggunakan bantal saat duduk, usahakan untuk mengurangi frekuensi duduk Anda. Sebisa mungkin melakukan aktivitas selingan seperti berjalan 5-10 menit atau perenggangan ringan tanpa membebani tubuh.

  • Senam kegel.

Salah satu manfaat senam kegel adalah memperkuat dinding perineum guna melancarkan proses kelahiran bayi, selain itu juga dapat mengurangi potensi ambeien pasca melahirkan.

  • Selalu membersihkan area anus.

Kebersihan area genital dan anus tetap harus Anda jaga untuk menghindari terjadinya infeksi di area tersebut.

Intensitas dan frekuensi aktivitas yang dapat Anda lakukan tentunya perlu anda konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Demi kesehatan Anda dan janin jangan ragu untuk menemui dokter profesional di Klink Vena Wasir Center. Wasir tuntas, jadi bebas beraktivitas hanya di Vena Wasir Center!

Baca juga: KLINIK WASIR JAKARTA DENGAN DOKTER SPESIALIS BEDAH WANITA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now