Contoh Gejala Pada Ambeien yang Masih Ringan!

Contoh gejala dari ambeien ringan salah satunya adalah keluarnya benjolan pada saat mengejan. Meskipun, pada umumnya gejala pada ambeien ringan tidak begitu menimbulkan rasa nyeri, akan tetapi jika tidak tertangani dengan baik, maka dapat menimbulkan risiko komplikasi lainnya. Mengutip dari artikel American Society of Colon and Rectal Surgeons (2022) menyebutkan bahwa ambeien atau hemorrhoid yang masih terletak di bagian dalam anus masih bisa dikategorikan sebagai ambeien ringan. Akan tetapi, bukan berarti ambeien yang masih ringan bisa penderitanya sepelekan. Justru, pada saat muncul gejala pada wasir/ambeien yang masih ringan, penderita bisa melakukan beberapa pengobatan sederhana untuk mencegah ambeien bertambah buruk. 

Wasir berdasarkan tingkat keparahannya

Wasir atau ambeien ringan pada umumnya berada pada tingkat keparahan stadium 1 hingga 2. Mengutip dari Gothemorrhoid.com (2021) menyebutkan bahwa berdasarkan tingkat keparahannya sendiri, ambeien/wasir ini terbagi menjadi 4 stadium, di antaranya: 

  •  Stadium 1 

Pada tingkatan ini merupakan wasir dengan tingkatan paling ringan/rendah, di mana benjolan masih berada di dalam area anus. Sehingga, seringkali para penderita wasir jenis ini bahkan tak menyadari bahwa mereka memiliki masalah wasir. 

  • Stadium 2

Sedangkan pada stadium 2, benjolan ambeien biasanya sudah mulai keluar dari anus, terutama saat mengejan. Namun, karena ukuran benjolan masih kecil, sehingga benjolan tersebut biasanya masuk ke dalam anus dengan sendirinya. 

  • Stadium 3 dan 4 

Kedua stadium ini merupakan ambeien yang sudah memburuk. Artinya, penderita pada stadium ini mungkin akan merasakan benjolan besar di area anus dengan gejala nyeri, gatal, hingga perih ketika duduk. 

Berbeda dengan stadium 3 dan 4, di mana para penderitanya dapat melihat lokasi dan ukuran ambeien secara jelas. Penderita ambeien ringan biasanya kesulitan mendeteksi masalah wasir yang mereka alami. Namun, dengan memerhatikan gejala yang muncul, maka penderita dapat mencegah ambeien bertambah buruk, bahkan para penderita yang melakukan pengobatan pada masalah wasir pada stadium awal, akan membuat wasir lebih cepat teratasi. 

Baca Juga: SEPERTI APA GEJALA AMBEIEN STADIUM 4?

Contoh gejala pada ambeien ringan 

Berikut adalah beberapa contoh dari gejala yang sering muncul pada ambeien ringan atau wasir pada stadium 1 hingga 2, seperti: 

  • Mengalami BAB berdarah, akibat dari benjolan wasir yang masih terletak di area dalam anus. Terkadang, muncul bercak darah pada feses bisa menjadi salah satu gejala kamu terkena wasir interna (dalam). 
  • Muncul benjolan kecil saat mengejan terlalu keras. Namun, biasanya benjolan tersebut masuk kembali ke dalam anus ketika sudah selesai mengejan/BAB. 
  • Adanya rasa tak nyaman di sekitar anus, seperti lembab hingga gatal. 
  • Terkena masalah sembelit atau bahkan diare. 

Pengobatan pada ambeien ringan 

Seseorang yang terkena ambeien di stadium awal memiliki peluang lebih besar dan lebih cepat dalam menyembuhkan masalah wasir/ambeien. Oleh karena itu, untuk mengatasi sekaligus mencegah wasir bertambah parah, sebaiknya penderita melakukan beberapa hal di bawah ini, seperti: 

  • Ubah pola makan dan gaya hidup dengan cara memperbanyak konsumsi sayur dan buah berserat. 
  • Perbanyaklah minum air putih, setidaknya 1 liter selama sehari. 
  • Tidak mengejan terlalu keras. 
  • Konsumsi obat pencahar ketika sembelit, atau obat diare ketika diare. 
  • Perbanyak aktivitas gerak, jangan duduk terlalu lama atau melakukan aktivitas fisik berat terlebih dahulu. 

Baca Juga: Terapi Laser Jadi Obat Pengempes Ambeien Yang Paling Ampuh!

Kapan harus segera ke dokter spesialis? 

Pada umumnya, ambeien ringan akan sembuh selama beberapa hari. Namun, jika kamu mendapati bahwa ambeien yang kamu alami tak kunjung sembuh, bahkan mengalami beberapa gejala seperti: 

  • Benjolan semakin besar 
  • Menemukan benjolan ambeien lebih dari satu di area anus
  • Merasa tak nyaman ketika duduk atau beraktivitas 
  • Nyeri, gatal, dan perih saat BAB 
  • Demam dan stress

Maka, sebaiknya segeralah melakukan konsultasi dengan dokter spesialis bedah terbaik di Vena Wasir Center. Konsultasi hingga pemeriksaan di klinik Vena Wasir Center dilakukan dengan menggunakan alat metode modern Bernama anoscopy. Alat tersebut dapat mengidentifikasi penyakit wasir secara lebih detail dan tepat. Selain itu, dengan melakukan konsultasi dan pemeriksaan medis di klinik Vena Wasir Center, maka dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat pada wasir yang kamu alami. Sehingga, kamu bisa terbebas dari penyakit ambeien, dan dapat beraktivitas seperti biasa. 

Wasir tuntas jadi bebas beraktivitas! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now