Gejala ambeien pada anak

Gejala Ambeien Pada Anak, Perhatikan Hal Ini!

Gejala ambeien pada anak kecil biasanya berbeda dengan gejala yang nampak pada orang dewasa. Selama ini, banyak orang mengira bahwa ambeien hanya terjadi pada orang dewasa saja. Namun ternyata, wasir ini juga dapat terjadi pada anak kecil. Meskipun, kasusnya jarang terjadi, akan tetapi bukan tidak mungkin bisa terjadi.

Penyebab ambeien pada anak kecil

Gejala ambeien pada anak

Penyebab wasir pada umumnya adalah karena terjadinya pembengkakan di area anus atau rektum. Sehingga menyebabkan munculnya benjolan pada area tersebut. Pada orang dewasa, masalah wasir ini disebabkan oleh pola hidup yang buruk. Sedangkan pada anak kecil, wasir dapat terjadi akibat:

  • Duduk terlalu lama pada permukaan yang keras seperti kay/besi.
  • Terlalu lama bermain hape saat di toilet.
  • Sembelit sehingga menyebabkan mengejan terlalu keras.
  • Jika orang tua memiliki riwayat wasir.
  • Anak yang sering menangis akan berisiko lebih besar terkena wasir. Hal ini karena saat menangis, aliran darah akan mengalir panggul, sehingga menyebabkan terjadi tekanan anus.
  • Jarang bermain. Anak yang jarang melakukan aktivitas seperti bermain dapat membuat ia lebih berisiko terkena wasir.
  • Anak yang memiliki penyakit tumor usus biasanya akan mengalami wasir.

Baca juga: Wasir Pada Disabilitas, Sering Terjadi

Gejala ambeien pada anak

Terkadang, gejala ambeien pada anak sulit terlihat. Hal ini karena, anak sulit melakukan komunikasi terhadap nyeri/sakit yang mereka alami. Namun, sebagian besar anak yang mengalami wasir biasanya akan akan mengalami:

  • Mereka biasanya mengalami nyeri, yang disalah artikan dengan rasa gatal.
  • Mengalami BAB berdarah. Selain faktor ambeien, BAB berdarah juga bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit lain, maka dari itu harus segera melakukan konsultasi dengan dokter.
  • Adanya benjolan wasir, biasanya juga mengeluarkan cairan lendir, yang membuat anus terasa lembab.
  • Menangis saat pergi ke kamar mandi. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa anak mengalami rasa nyeri saat BAB sehingga ia akan meringis atau ketakutan saat masuk ke kamar mandi.

Selain gejala di atas, gejala lain juga mungkin juga anak alami, seperti kelelahan atau demam. Untuk itu, segeralah melakukan konsultasi dengan dokter ahli, agar masalah wasir pada anak dapat di tangani dengan baik.

Pengobatan wasir pada anak

Masalah wasir pada anak tidak boleh sembarangan. Itulah mengapa pentingnya melakukan konsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan dan analisa untuk mengetahui tingkat keparahan ambeien. Setelah itu, jika wasir pada anak masih tidak terlalu parah, dokter biasanya akan memberikan obat-obatan saja. Namun, jika wasir sudah parah atau ditemukan penyakit/gejala lain pada wasir, maka bukan tidak mungkin terapi wasir hingga tindakan akan dokter lakukan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now