Gejala Ambeien Semarang

 Gejala Ambeien Semarang

Gejala Ambeien Semarang

Gejala Ambeien Semarang – Ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi di anus atau rektum bagian bawah. Ambeien mirip dengan varises yaitu pembuluh darah vena yang ada di sekitar anus membengkak dan mengalami peradangan. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti, tetapi kemungkinan akibat meningkatnya tekanan dalam pembuluh darah vena di dalam atau di sekitar anus.

Dalam istilah medis, wasir atau ambeien disebut dengan hemoroid. Penyakit ini terbagi menjadi dua tipe sesuai tempat berkembangnya. Jika ia tumbuh di dalam rektum disebut wasir dalam, sedangkan di bawah kulit sekitar anus dinamakan wasir luar. Hemoroid terjadi pada sebagian orang dewasa pada usia di atas 50 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan yang dialami oleh anak-anak dan remaja.

Ambeien biasanya tidak menimbulkan rasa sakit yang signifikan. Akan tetapi, ambeien yang berada di luar terkadang bisa membentuk gumpalan darah di kulit sehingga kecil kemungkinannya bisa kembali ke dalam anus. Meskipun sangat mengganggu, penyakit ini tidak mengancam jiwa dan sering kali menghilang dengan sendirinya. Tetapi kondisi ini hanya terjadi jika ambeien baru muncul di stadium 1 dan 2.

Jenis-Jenis Ambeien

Berdasarkan letaknya, terdapat dua jenis ambeien, yaitu ambeien internal (dalam) dan eksternal (luar). Berikut penjelasannya :

  • Ambeien internal (dalam)

Pada ambeien dalam, pembuluh darah vena terjadi pada anus bagian dalam. Apabila masih pada tahap awal, ambeien jenis ini umumnya tidak menimbulkan keluhan atau gejala tertentu, dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit karena pada area tersebut tidak terdapat saraf nyeri. 

  • Lingkungan eksternal (luar)

Pada ambeien luar atau eksternal, lokasi ambeien berada di bawah kulit sekitar anus. Ambeien eksternal dapat menimbulkan rasa sakit karena pada bagian bawah lubang anus terdapat banyak saraf nyeri. Selain itu, pembengkakan pada pembuluh darah vena atau benjolan juga akan tampak jelas karena letaknya yang berada di luar.

Gejala Ambeien

Tanda dan gejala ambeien biasanya tergantung pada jenisnya. Gejala yang muncul pada ambeien luar bisa seperti rasa gatal yang luar biasa hingga iritasi di daerah anus, rasa sakit atau tidak nyaman, terutama saat duduk. Kemudian t imbulnya pembengkakan dan biasanya sampai terjadi pendarahan di anus. Sedangkan pada ambeien dalam, walaupun tidak bisa merasakan dan melihatnya, wasir dalam umumnya ditandai dengan timbulnya pendarahan saat buang air besar.

Penyebab Ambeien

Ambeien timbul karena terlalu banyak tekanan pada pembuluh darah vena di sekitar anus. Berikut ini adalah penyebab maupun faktor risiko timbulnya penyakit ambeien :

  • Mengejan terlalu keras saat BAB.
  • Jongkok dalam waktu lama di toilet, khususnya dengan kloset jongkok.
  • Mengalami sembelit kronis atau diare parah.
  • Memiliki riwayat keluarga dengan penyakit hemoroid.
  • Mengangkat beban berat secara terus menerus.
  • Kelebihan berat badan (obesitas).
  • Hamil, karena rahim yang berkembang akan menekan pembuluh darah (vena) di usus besar sehingga akan terjadi pembengkakan.

Apabila terasa tidak nyaman dan sudah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya temui dokter agar dilakukan diagnosa medis guna perkembangan mengetahui penyakit dan upaya pengobatannya.

Komplikasi Ambeien

Gejala Ambeien Semarang – Walaupun angka kejadiannya termasuk jarang, tetapi komplikasi penyakit ambeien bisa saja terjadi jika sudah parah. Komplikasi yang mungkin terjadi seperti keluarnya gumpalan darah yang membengkak, timbul perndarahan, anemia yang disebabkan oleh hilangnya darah dalam jumlah tertentu, serta infeksi wasir.

Pengobatan Ambeien

Pengobatan ambeien dapat dilakukan secara mandiri di rumah ataupun dengan berkonsultasi ke dokter di rumah sakit. Berikut adalah beberapa pengobatan secara mandiri seperti :

  • Kompres air hangat

Untuk meredakan nyeri yang dialami , pengidap ambeien dapat berendam dalam bak air hangat kurang lebih selama 10 menit setiap hari..

  • Pereda nyeri

Jika tidak tahan dengan rasa nyerinya, gunakan supositoria (obat padat berbentuk kerucut), salep, atau krim obat yang dijual bebas untuk meredakan rasa terbakar dan gatal. Obat ini banyak tersedia di apotek. Tetapi pastikan obat telah berlisensi BPOM agar terhindar dari efek buruk lainnya. Agar obat lebih efektif bisa konsultasikan dengan ahli medis terlebih dahulu.

  • Makanan berserat

Budaya makan sehat dan serat memang memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya yaitu untuk mencegah ambeien karena kaya vitamin. Di sisi lain, pengidap ambeien juga bisa mengambil cara alternatif dengan menambahkan suplemen serat ke dalam makanan untuk membantu melunakkan feses. Kandungan pada suplemen yang paling banyak adalah psyllium dan methylcellulose . 

  • Menjaga kebersihan anus

Menjaga kebersihan anus adalah pengobatan sekaligus pencegahan utama untuk menahan pembengkakan yang semakin parah. Namun sebaiknya jangan menggunakan sabun dengan kadar detergen tinggi karena bisa memperparah wasir. Hindari juga tekstur tisu toilet yang terlalu kasar saat mengeringkan anus setelah buang air besar.

Kapan kita harus pergi ke dokter?

Jika mengalami pendarahan yang semakin parah atau tidak membaik setelah seminggu melakukan perawatan mandiri di rumah, segera temui dokter. Jangan pula menganalisis sendiri bahwa pendarahan dubur adalah ambeien karena pendarahan dapat terjadi karena penyakit lain, termasuk kanker kolorektal dan kanker dubur. Maka dari itu sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosa yang pasti.

Berikut adalah beberapa pilihan metode pengobatan ambeiean:

  • Flash Optical Laser atau Laser Hemorroidoplasty

Untuk pasien yang sedang mencari solusi menghilangkan ambeien secara nyaman tanpa adanya rasa sakit maka Flash Optical Laser adalah salah satu pilihan yang tepat. Cara pengobatan ini dengan memanfaatkan energi dari sinar laser untuk mengecilkan ambeien. Metode Flash Optical Laser bisa untuk semua jenis dan berbagai tingkat keparahan ambeien. Keunggulan lain dari metode ini yaitu resiko komplikasi dan kekambuhan penyakit yang rendah, serta waktu penyembuhan yang sangat cepat tanpa perlu rawat inap.

  • Radiofrekuensi

Radiofrekuensi (RF) adalah sebuah metode yang memanfaatkan gelombang radio berfrekuensi tinggi dengan memanfaatkan mikrofiber elektroda. Namun tidak perlu khawatir karena metode RF ini tidak akan menimbulkan rasa panas pada jaringan tubuh pasien. Keunggulan lainnya adalah waktu tindakan yang hanya hitungan menit dengan rasa sakit yang minimal.

  • PILA (Ligasi Injeksi Paran untuk Ambeien)

Metode ini menggabungkan agen injeksi skleroterapi dengan rubber band ligation atau juga ligasi karet sehingga sangat cocok untuk mengobati ambeien stadium 1, 2, dan 3.

 

Baca Juga : Mudah, Ini cara mengatasi sembelit!

Call Center :
https://wa.me/6282110333310

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now