Kenali Gejala Ambeien Yang Sering Diabaikan

Gejala ambeien sering kita abaikan karena memang sebenarnya penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika terlalu lama dibiarkan, gejala bisa bertambah parah sehingga membuat kita semakin tidak nyaman saat beraktivitas.

Ambeien atau wasir merupakan penyakit akibat adanya pembengkakan pembuluh darah di sekitar dubur (anus). Penyebab ambeien biasanya karena kurangnya asupan serat, tekanan besar saat melahirkan, atau terlalu banyak duduk.

Penyakit ambeien lebih sering terjadi pada orang dewasa, terutama wanita, namun remaja juga berisiko mengalami penyakit ini. Pada wanita, ambeien seringkali muncul selama masa kehamilan. Sedangkan, setelah melahirkan, ambeien biasanya muncul akibat tekanan saat mengejan.

Jenis-jenis Ambeien

Berdasarkan lokasi dan gejalanya, ambeien terbagi menjadi dua jenis yaitu:

  • Ambeien Dalam

Ambeien dalam terjadi karena adanya peradangan dan pembengkan di dalam anus. Pembengkakan bisa berupa benjolan yang terkadang tidak terasa. Gejalanya ringan sehingga bisa sembuh dengan sendirinya.

  • Ambeien Luar

Berbeda dengan ambeien dalam, pembengkakan yang terjadi berada di luar anus, atau di sekitar area lubang anus. Penderita ambeien luar biasanya lebih sering merasakan nyeri karena adanya benjolan di sekitar anus.

Gejala Ambeien

  1. Rasa nyeri, gatal atau perih di area sekitar anus

Nyeri akibat pembengkakan di dalam anus bisa terjadi pada penderita ambeien dalam maupun ambeien luar. Rasa nyeri tersebut karena adanya benjolan yang membengkak di dalam anus. Benjolan inilah yang bisa menimbulkan rasa ketidaknyamanan kita saat duduk atau beraktivitas.

  1. Adanya benjolan yang keluar dari anus

Pembengkakan pembuluh darah di dalam anus bisa menyebabkan benjolan yang keluar dari anus. Mengejan terlalu keras saat BAB membuat tekanan yang besar sehingga benjolan ikut keluar. Selain itu, penderita ambeien sebaiknya tidak mengangkat beban yang terlalu berat untuk menghindari keluarnya benjolan.

  1. Keluar darah saat BAB

BAB berdarah biasanya terjadi pada penderita ambeien dalam dan yang sering mengalami sembelit parah. Tekanan yang besar saat mengejan karena feses yang keras bisa menyebabkan benjolan ambeien terbuka, sehingga darah ikut keluar. Jaringan otot yang menegang di sekitar anus juga bisa menyebabkan keluarnya darah.

Sebenarnya, jika ambeien belum terlalu parah, kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Banyak cara untuk mencegah dan mengobati ambien secara alami. Namun, jika gejala yang dirasa semakin parah, kamu perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat pereda nyeri, salep wasir, atau dilakukan operasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now