ambeien

Waspada, Ini 5 Tanda Ambeien Harus Segera Dioperasi!

Ambeien pada umumnya memiliki gejala seperti munculnya benjolan di sekitar anus yang menyebabkan rasa nyeri, gatal, dan rasa tak nyaman. Selan itu, mengutip dari Healthline (2021) menyebutkan bahwa wasir/hemoroid tak jarang juga menyebabkan munculnya darah pada feses ketika proses buang air besar. Meskipun bukan termasuk penyakit yang berbahaya. Namun, wasir juga dapat berisiko menyebabkan munculnya masalah kesehatan lain yang berbahaya. Jika, kondisi wasir sudah memburuk, maka bukan tak mungkin dokter akan merekomendasikan pengobatan medis seperti operasi pada pasiennya. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan gejala yang muncul pada wasir, untuk dapat menentukan pengobatan yang tepat. 

5 tanda ambeien harus segera dioperasi 

Mengutip dari Surgery Group LA (2021) menyebutkan bahwa wasir secara umum dapat menyebabkan penderitanya merasa tak nyaman dan menyakitkan. Namun, meskipun begitu wasir ini bukanlah suatu penyakit yang berbahaya dan merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi pada orang dewasa hingga lansia. Selain itu, wasir juga biasanya akan hilang dalam beberapa minggu dengan menerapkan gaya hidup sehat, banyak konsumsi serat, rajin berendam dengan air hangat, dan lainnya. 

Akan tetapi, pada beberapa orang lainnya, ambeien atau wasir ini bisa sangat sulit hilang. Bahkan, bisa kondisinya bisa tambah memburuk meskipun sudah melakukan pengobatan. Nah, itu artinya wasir tersebut memerlukan tindakan medis yang lebih efektif, salah satunya adalah dengan operasi. Berikut adalah beberapa tanda dari ambeien yang harus segera operasi, seperti: 

  • Muncul perdarahan yang begitu banyak pada saat BAB 
  • Benjolan tak kunjung hilang selama berbulan-bulan 
  • Rasa sakit yang muncul sangat mengganggu, bahkan membuat produktivitas menghabat
  • Muncul lebih dari 1 benjolan ambeien 
  • Penderita mulai merasakan ruam kemerahan dan rasa gatal yang mengganggu. 

Baca juga: Amankah Obat Warung Untuk Atasi Ambeien Luar?

Jenis tindakan medis pada ambeien 

operasi ambeien

Operasi pada ambeien bisa menjadi salah satu jalan keluar yang lebih efektif untuk mengatasi masalah wasir. Namun, dengan berkembanganya zaman, saat ini sudah muncul beberapa jenis tindakan pada ambeien selain dengan menggunakan metode operasi bedah besar. Mengutip dari artikel WebMD (2019) berikut adalah jenis-jenis tindakan medis pada ambeien, di antaranya: 

  • Hemoroidektomi konvensional 

Metode bedah jenis ini merupakan prosedur operasi yang melibatkan sayatan di area anus untuk mengangkat wasir/ambeien. Selain itu, proses penyembuhan pada operasi ini juga cukup Panjang, yaitu sekitar 7 hari. Terlebih, biasanya dokter juga akan mengharuskan pasien melakukan rawat inap untuk memantau kondisi setelah operasi. 

  • Metode minimal invasive surgery 

Berbeda dengan metode operasi bedah konvensional, metode minimal invasive surgery merupakan tindakan medis yang menggunakan teknik khusus. Sehingga, menghasilkan sayatan dan perdarahan yang lebih minim. Selain itu, metode minimal invasive surgery ini biasanya tindakannya lebih cepat, sekitar 30 menit saja, tanpa harus rawat inap, dan pasien juga bisa langsung beraktivitas setelah tindakan. Berikut adalah beberapa jenis tindakan medis minimal invasive surgery untuk mengatasi wasir, di antaranya:

  • Radiofrekuensi 

Metode ini memanfaatkan gelombang radio brefrekuensi dalam mengatasi benjolan pada wasir. Dengan teknologi tersebut, radiofrekuensi efektif untuk mengatasi ambeien jenis luar dengan kondisi yang sudah parah. 

  • Laser Hemorrhoidoplasty

Sedangkan laser hemorrhoidoplasty, merupakan metode yang memanfaatkan laser fiber untuk mengempiskan benjolan wasir, bahkan pada saat pertama kali tindakan.  

  • PILA / Paran Injection Ligation for Ambeien

Paran Injection Ligation for Ambeien meurupakan metode yang paling efektif untuk mengatasi wasir interna atau wasir dalam. Dengan memanfaatkan kombinasi metode skeleroterapi dengan karet ligase, metode PILA menjadi metode tanpa sayatan yang minim risiko dan perdarahan. 

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wasir dan Kondiloma!

Tempat terbaik melakukan pengobatan pada ambeien

Tindakan wasir merupakan prosedur medis yang sebaiknya dilakukan oleh dokter dan tenaga medis yang berpengalaman. Salah satu tempat yang terpercaya, memiliki tenaga medis dan dokter berpengalaman di bidangnya, dan menjadi tempat pengobatan wasir terpercaya sejak tahun 2013 adalah klinik Vena Wasir Center. Dengan menyediakan layanan konsultasi, pemeriksaan, hingga tindakan wasir terlengkap, terjangkau, dan terpercaya. Sehingga, pasien akan merasa lebih nyaman untuk melakukan tindakan wasir. Untuk informasi lebih lanjut, mengenai lokasi, biaya, dan konsultasi, silakan untuk klik di sini! 

Wasir tuntas, jadi bebas beraktivitas, hanya di Vena Wasir Center! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now