Jangan Panik! Ambeien Prolaps Bisa Diatasi dengan Cara Ini!

Jangan Panik! Ambeien Prolaps Bisa Diatasi dengan Cara Ini!

Ambeien prolaps merupakan pembengkakan pada vena yang terjadi pada area anus dekat rektum atau anus besar. Meskipun mirip, namun ambeien prolaps ini berbeda dengan ambeien luar. Hal ini karena, ambeien prolaps biasanya terletak di area rektum. Artinya, ambeien tersebut berasal dari ambeien/wasir dalam yang tidak teratasi atau tak diobati. Sehingga, benjolan ke luar dari tempatnya. Meskipun tak berbahaya dan tidak begitu menyakitkan. Namun mengutip dari artikel kesehatan Very Well Health (2020) menyebutkan bahwa wasir prolaps ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, pendarahan, serta rasa gatal yang mengganggu ketika beraktivitas termasuk duduk. 

Baca juga: Jangan Sepelekan Gejala Fisura Ani, Robeknya Jaringan Anus!

Gejala ambeien prolaps 

Jangan Panik! Ambeien Prolaps Bisa Diatasi dengan Cara Ini!

Pada beberapa kasus, wasir prolaps bisa hilang dengan sendirinya. Namun, tak jarang wasir prolaps ini harus segera mendapatkan penanganan medis agar wasir bisa hilang dengan cepat. Untuk mengetahui sejauh mana wasir prolaps telah berkembang, untuk itu penting untuk mengetahui gejala yang muncul pada ambeien yang sudah mulai prolaps, yaitu: 

  • Muncul benjolan 

Gejala utama pada prolaps adalah munculnya benjolan yang ke luar ketika sudah melakukan proses buang air besar. Biasanya, benjolan tidak terasa nyeri. Biasanya, benjolan tersebut memiliki tekstur lembut saat penderita sentuh, tak jarang masuk kembali dengan sendirinya setelah buang air besar selesai. 

  • Berdarah

Selain benjolan, biasanya wasir prolaps juga menimbulkan gejala seperti munculnya darah pada feses atau saat BAB. Darah wasir biasanya berwarna merah terang, untuk itu kamu harus waspada jika darah yang muncul berwarna merah maroon atau hitam. Bisa jadi, darah tersebut berasal dari organ dalam. 

  • Gatal 

Kulit biasanya akan menjadi lebih gatal ketika ada benjolan di sekitar anus. Hal ini karena, benjolan biasanya menyebabkan anus menjadi lembab dan mengundang banyak virus dan bakteri berkembang biak. Namun, meskipun gatal sebaiknya kamu tidak menggaruk terlalu keras, agar menghindari infeksi. 

  • Muncul rasa tak nyaman 

Adanya benjolan di sekitar anus, tak hanya dapat menimbulkan rasa gatal dan nyeri. Tak jarang, benjolan ini juga memicu rasa tak nyaman saat beraktivitas pada penderitanya.

Komplikasi ambeien prolaps 

Wasir prolaps biasanya akan menjadi sangat bengkak, sehingga dapat menghalangi pergerakan anus, termasuk saat proses buang air besar. Oleh karena itu, penderita terkadang merasakan keluarnya pendarahan saat proses BAB akibat adanya benjolan yang menghambat keluarnya feses. Pada beberapa kasus, pendarahan bisa terjadi begitu hebat, sehingga penderitanya bisa mengalami anemia yang bisa membahayakan kesehatan secara umum. Selain itu, mengutip dari Verywell Health (2020) menyebutkan bahwa wasir prolaps dapat menimbulkan risiko terjadinya wasir trombosis atau daging bergumpal hingga strangulasi wasir, atau terputusnya aliran darah ke benjolan. Tentu kedua komplikasi tersebut dapat menimbulkan rasa sakit luar biasa yang dapat mengganggu aktivitas. 

Oleh karena itu, ketika terjadi wasir prolaps maka sebaiknya segeralah melakukan beberapa perawatan sederhana. Kecuali, ketika wasir sudah sangat memburuk maka sebaiknya segeralah melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah terbaik, seperti di klinik Vena Wasir Center. 

Pengobatan ambeien prolaps 

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi wasir atau ambeien prolaps, seperti: 

  • Berendam di air panas atau sitz bath selama 20 menit dalam sehari dapat meredakan benjolan prolaps 
  • Perbaiki pola makan dengan perbanyak konsumsi makanan tinggi serat 
  • Perbanyak minum air putih 
  • Melakukan tindakan atau terapi wasir minim nyeri seperti Radiofrekuensi, Laser hemorrhoidoplasty dan PILA 

 

Nah itu dia beberapa pengobatan pada wasir prolaps yang bisa kamu lakukan. Namun, perlu kamu ingat bahwa ketika terjadi wasir prolaps sebaiknya segeralah melakukan konsultasi dan pemeriksaan terlebih dahulu di klinik Vena Wasir Center. 

 

Baca juga:Benarkah Minuman Probiotik Bisa Menyembuhkan Ambeien? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now