Hindari 7 Kebiasaan atau Kegiatan Ramadhan yang Tidak Sehat Ini!

Ada beberapa kebiasaan atau kegiatan ramadhan yang sebenarnya tidak sehat namun masih kita lakukan baik secara sadar maupun tidak. Padahal kebiasaan atau kegiatan ini ternyata bisa menghilangkan manfaat puasa bagi kesehatan, lho.  Lalu, apa saja kebiasaan atau kegiatan ramadhan yang dimaksud? simak penjelasannya berikut ini.

Berpuasa di bulan ramadhan merupakan salah satu kewajiban atau  ibadah bagi setiap umat muslim. Dari segi  kesehatan, berpuasa bisa mendatangkan beberapa manfaat. Manfaat puasa  antara lain, membantu menurunkan berat badan, memperlambat penuaan, serta menurunkan risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, serta kanker dan masih banyak lagi.

Pada beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa puasa memiliki mafaat bagi kesehatan otak dan mental. Puasa  dapat membantu melawan penyakit degeneratif yang menyerang otak, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Baca Juga: 5 Tips Puasa Sehat Selama Bulan Suci Ramadhan

Kebiasaan atau Kegiatan Ramadhan yang Tidak Sehat

Sebaiknya, Anda menghindari kebiasaan atau kegiatan berikut ini:

1. Melewatkan sahur

Makan sahur biasanya sekitar pukul 3-4 pagi, sehingga membuat Anda harus bangun lebih awal dari biasanya. Rasa masih mengantuk apalagi saat tidur terlalu malam dan/atau merasa malas  bangun pagi biasanya akan membuat seseorang melewatkan makan sahur atau hanya sempat minum air putih atau susu.

Jika melewatkan sahur dapat membuat cadangan nutrisi dan energi tidak cukup hingga waktu berbuka. Akibatnya, timbul dehidrasi, lemah, kurang gula darah, dan sakit kepala.

2. Tidur setelah makan sahur

Kebanyakan orang setelah sahur akan memilih tidur kembali baik langsung setelah makan atau setelah menjalankan ibadah sholat subuh. Padahal, hal ini jika kita melakukannya ternyata bisa mengganggu kesehatan, lho.  Langsung tidur setelah makan berisiko dapat menyebabkan masalah pencernaan. Salah satunya adalah penyakit asam lambung (GERD), yang ditandai dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan,  dada terasa panas dan juga muncul rasa nyeri pada ulu hati.

3. Tidur sepanjang hari

Sebagian orang ada yang memilih tidur sepanjang hari untuk menghindari rasa lapar. Padahal kebiasaan ini  dapat membuat badan merasa lemas. Padahal, sambil menunggu waktu berbuka ada berbagai kegiatan ramadhan yang bisa dilakukan, misalanya olahraga agar badan tetap sehat selama puasa. Bisa juga sambil beribadah lain dengan melaksanakan solat sunnah atau membaca Al-quran.

4. Mengonsumsi minuman berkafein berlebihan

Kafein memiliki efek diuretik, yaitu membuat tubuh lebih sering buang air kecil.  Selain itu, juga membuat merasa haus sehingga, efek ini bisa memicu dehidrasi. Kafein juga bisa  meningkatkan produksi asam lambung dan mengiritasi dinding lambung. Contoh minuman yang mengandung kafein adalah teh, kopi, coklat, dan soft drink. Sebaiknya minumlah air mineral agar asupan cairan tubuh bisa terpenuhi.

5. Makan berlebihan saat berbuka

Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan langsung makan berat dengan porsi besar saat berbuka. Kebiasaan ini sebaiknya kalian hindari karena akan meningkatkan kerja lambung secara tiba-tiba, sehingga timbul keluhan berupa perut kembung dan merasa lemah setelah makan. Selain itu, makan secara berlebihan juga bisa memicu kenaikan berat badan.

6. Makan gorengan dan cemilan manis saat buka puasa

Gorengan dan camilan manis yang dikonsumsi secara berlebihan dan terlalu sering, maka akan membuat tubuh merasa lemas, cepat lapar, dan kenaikan  berat badan. Jadi, sebaiknya kurangi atau bahkan jika bisa hindari mengonsumsi kedua makanan tersebut dan ganti dengan buah-buahan.

7. Sahur dan berbuka dengan makanan cepat saji

Pada umumnya, makanan cepat saji  mengandung tinggi kalori, lemak, dan gula.Makanan jenis ini padahal tidak memberikan nutrisi dan energi yang cukup untuk menjalanu puasa seharian.  Selain itu, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji uga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Melakukan kebiasan atau kegiatan ramadhan yang tidak sehat selama puasa dapat menghilangkan manfaat puasa itu sendiri. Bila Anda mengalami keluhan sulit BAB, BAB berdarah, muncul rasa nyeri dan benjolan  pada anus, segerala konsultasikan ke dokter. Anda bisa menghubungi kami di  08119555100 . Klinik Vena Wasir Center kini sudah memiliki 10 cabang yang tersebar di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now