Penyebab Merasa Lelah Setelah BAB

Setelah buang air besar (BAB), ada beberapa orang yang merasa lelah seperti sehabis mengangakat benda berat berkali-kali. Mengapa bisa merasakan hal tersebut? Apakah penyebabnya?

Penyebab lelah setelah BAB

Saat sedang buang air besar akan melibatkan pergerakan dari organ usus. Rasa lemas atau lelah setelah buang air besar ini diakibatkan oleh saraf vagus yang memasok aliran darah ke leher, dada dan usus ini dirangsang.

Ketika saraf vagus ini dirangsang, maka saraf akan memperlambat kerja dari jantung. Di saat yang sama, aliran darah kembali ke jantung menurun, sehingga tekanan darah turun. Kombinasi detak jantung yang lebih lambat dan tekanan darah yang lebih rendah dapat membuat Anda merasa pusing dan lemah.

Tidak hanya dapat merasa pusing dan lemah tapi juga dapat menyebabkan rasa mual, tubuh berkeringat dan keringat dingin. Jika kondisi lemas ini sangat parah, dapat mengakibatkan hilang kesadaran (pingsan) yang disebut dengan vasovagal syncope atau defecate syncope.

baca juga: penyebab bab berdarah

Penyebab umum merasa lelah

Umumnya, tubuh yang terasa lemas atau lelah merupakan sebuah pertanda atau gejala dari tidak tercukupinya pasokan oksigen dan nutrisi lainnya ke otak. Hal ini biasanya disebabkan oleh penurunan sementara aliran darah.

Penurunan aliran darah ke otak ini biasanya akan terjadi setiap kali tubuh tidak dapat dengan cepat mengompensasi penurunan tekanan darahnya. Jika kondisi ini dibiarkan, tidak segera ditangani, seseorang yang mengalami kondisi tersebut bisa saja pingsan (hilang kesadaran).

Seseorang yang merasa lelah bisa terjadi saat buang air kecil, buang air besar (jika terlalu berusaha mengejan), batuk yang sangat keras atau berdiri di suatu tempat untuk jangka waktu yang lama. Selain itu tubuh lemas juga bisa berhubungan dengan masalah psikologis seperti, rasa takut, sakit parah atau tekanan emosional lainnya.

Namun, ada juga beberapa obat tertentu yang bisa menyebabkan seseorang lemas akibat penurunan tekanan darah. Obat-obat tersebut biasanya digunakan untuk menghilangkan kegelisahan, tekanan darah tinggi, alergi atau hidung tersumbat.

Hindari mengejan saat buang air besar

Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu penyebab merasa lemas/lelah setelah BAB adalah berusaha mengejan terlalu keras. Lebih lanjut, tidak hanya dapat membuat seseorang merasa lelah tapi juga dapat menyebabkan wasir.

Seseorang yang mengalami wasir, juga dapat mudah merasa lelah karena mengalami anemia. Anemia pada pasien hemoroid terjadi saat perdarahan terus menerus dan terjadi dalam waktu yang lama.

baca juga: wasir menjadi penyebab anemia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now