Manfaat Lidah Buaya, Selain Untuk Kecantikan Ternyata Baik Untuk Kesehatan Juga, Lho

Lidah buaya  atau aloe vera merupakan tumbuhan yang tumbuh subur di iklim tropis. Manfaat lidah buaya tidak perlu diragukan lagi, selain dimanfaatkan  untuk produk kecantikan, ternyata juga bisa dikonsumsi  dan baik untuk kesehatan, lho. Kebanyakan orang akan membuat jus dari tanaman satu ini.

Jus lidah buaya dibuat dengan menghancurkan atau menggiling daging tanaman lidah buaya, dilanjutkan dengan berbagai langkah untuk memurnikan dan menyaring cairannya. Dengan rasa yang ringan dan mampu membantu menghilangkan dehidrasi, jus ini cocok jika diminum siang hari atau setelah berolahraga. Tidak hanya membantu menghilangkan dehidrasi, tapi manfaat lidah buaya juga baik untuk masalah kesehatan lainnya.

Manfaat Lidah Buaya

1. Hidrasi

Tanaman iklim tropis ini  sangat padat air, jadi cocok  untuk mencegah atau mengatasi dehidrasi. Tetap terhidrasi membantu detoksifikasi tubuh Anda dengan membersihkan dan membuang kotoran. Tanaman ini mengandung banyak nutrisi yang mengoptimalkan produksi organ tubuh Anda.

Ini sangat penting, karena ginjal dan hati Anda sebagian besar bertanggung jawab untuk tugas detoksifikasi darah Anda dan memproduksi urin. Untuk alasan ini, Anda perlu menjaganya tetap sehat. Bagi Anda yang suka berolahraga, meminum jus lidah buaya dapat membantu memulihkan stamina dan membersihkan diri dari penumpukan asam laktat saat berolahraga.

2. Fungsi hati

Dalam hal detoksifikasi, fungsi hati yang sehat adalah kuncinya. Minum jus aloe vera baik untuk menjaga kesehatan hati Anda. Itu karena hati berfungsi paling baik ketika tubuh mendapat nutrisi dan hidrasi yang cukup. Jus lidah buaya sangat ideal untuk hati karena melembabkan dan kaya fitonutrien.

3. Sembelit

Minum jus aloe vera dapat membantu meningkatkan kandungan air di usus Anda. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara peningkatan kadar air usus dan stimulasi gerak peristaltik, yang membantu Anda buang air besar secara normal.

Jika Anda mengalami konstipasi atau sering mengalami masalah sembelit, cobalah memasukkan jus aloe vera  ke dalam rutinitas harian Anda. Aloe vera  juga membantu menormalkan bakteri sehat di usus Anda, menjaga keseimbangan flora usus sehat Anda.

baca juga: 4 bahan alami redakan wasir

4. Untuk kulit bersih

Jus aloe vera yang menghidrasi dapat membantu mengurangi frekuensi dan munculnya jerawat . Ini juga dapat membantu mengurangi kondisi kulit seperti psoriasis dan dermatitis .

Tanaman ini adalah sumber antioksidan dan vitamin yang kaya yang dapat membantu melindungi kulit Anda.

Senyawa penting dalam tanaman ini juga telah terbukti menetralkan efek radiasi ultraviolet (UV), memperbaiki kulit dari kerusakan akibat sinar UV, dan membantu mencegah garis-garis halus dan kerutan.

5. Penambah nutrisi

Jus aloe vera  penuh dengan nutrisi,  mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin B, C, E , dan asam folat .

Selain itu juga mengandung sedikit:

  • kalsium
  • tembaga
  • kromium
  • sodium
  • selenium
  • magnesium
  • kalium
  • mangan
  • seng

Lidah buaya juga merupakan satu-satunya sumber tumbuhan vitamin B-12. Ini adalah berita bagus untuk vegetarian dan vegan.

Menjaga asupan makanan dan minuman Anda kaya nutrisi adalah kunci dalam memerangi sebagian besar penyakit yang dapat dicegah.

6. Meredakan maag

Minum jus aloe vera  dapat memabantu meredakan sakit maag. Senyawa yang ada dalam aloe vera membantu mengontrol sekresi asam di perut Anda. Efeknya bahkan telah terbukti dapat memerangi tukak lambung dan mencegahnya menjadi lebih besar.

7. Manfaat pencernaan

Lidah buaya mengandung beberapa enzim yang dikenal untuk membantu pemecahan gula dan lemak serta menjaga pencernaan Anda tetap lancar.

Jika sistem pencernaan Anda tidak bekerja secara optimal, Anda tidak akan menyerap semua nutrisi dari makanan yang Anda makan.

Lidah buaya dapat membantu mengurangi iritasi pada perut dan usus. Selain itu  juga dapat membantu orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS) dan gangguan peradangan usus lainnya.

Satu studi 2013 terhadap 33 pasien IBS menemukan bahwa jus lidah buaya membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan IBS.

8. Retas kecantikan

Manfaat lidah buaya lainnya adalah untuk kecantikan. Anda dapat menggunakannya sebagai:

  • makeup primer (gunakan sebelum foundation)
  • penghapus riasan
  • pereda luka bakar akibat sinar matahari
  • pelembab ringan
  • pengobatan untuk kulit kepala yang teriritasi (campurkan beberapa tetes minyak peppermint)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now