Menelan Permen Karet Sebabkan Sulit BAB, Benarkah?

Permen karet adalah jenis permen yang banyak disukai oleh anak-anak dan dewasa. Namun, apakah Anda pernah menelan permen karet? Dulu sewaktu kecil, orangtua biasanya akan memperingatkan anaknya untuk tidak menelan permen karet karena akan membuat kesulitan bab. Benarkah?

Permen karet mengandung bahan dasar getah karet alam atau sintetis (gum resin). Biasanya yang digunakan untuk membuat permen karet adalah karet butil (karet sintetis). Getah karet alam maupun sintetis tidak bisa dipecah, sehingga tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Saat mengunyah permen karet, enzim dalam air liur  akan memecah karbohidrat dan minyak yang terkandung dalam permen karet. Tapi, kandungan karet pada permen ini kebal terhadap enzim, sehingga permen karet tidak dapat mudah dipecah dan dicerna.

Jadi, ketika permen karet tertelan dalam bentuk utuh yang akan bergerak melalui saluran pencernaan, melewati kerongkongan, lambung, kemudian ke usus bergabung bersama feses, dan akhirnya permen karet dibuang ke luar tubuh melalui anus. Namun, proses dari permen karet tertelan sampai keluar dari tubuh mungkin membutuhkan waktu beberapa hari.

Bahaya menelan permen karet

Kondisinya akan berbeda, jika seseorang mengidap penyakit Crohn atau penyakit diverticulitis yang mana dapat menyebabkan penyempitan bagian usus. Permen karet yang tertelan oleh seseorang yang mengidap penyakit tersebut, dapat menimbulkan risiko yang lebih serius karena permen akan melewati area yang sangat sempit. Bahkan, pada kasus yang sangat jarang terjadi, bisa menyumbat usus, serta bisa mengakibatkan kram perut, sembelit, serta beberapa masalah perut yang lainnya.

Manfaat makan peremen karet

Meski menelan permen karet dapat menyebabkan masalah kesehatan, namun mengunya permen karet memiliki manfaat., yakni:

  • Dalam sebuah penelitian, mengunyah permen karet dapat bermanfaat dalam membantu mengurangi stres. Hal itu disebabkan karena tindakan mengunyah yang telah dikaitkan dengan berkurangnya tingkat hormon stres yaitu kortisol.
  • Penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bebas gula dapat mencegah gigi berlubang.
  • Sebuah penelitian menemukan, orang-orang yang rutin mengunyah permen karet cenderung makan dengan kalori yang lebih sedikit saat makan siang. Mengunyah permen karet dapat membuat nafsu makan lebih terkontrol.
  • Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa permen karet yang mengandung xylitol dapat mencegah infeksi telinga pada anak-anak.
  • mengunyah permen karet juga dapat membantu memulihkan usus setelah operasi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now