Mengatasi Wasir Bengkak, Begini Cara Baca Waktu Konsumsi Obat

Mengatasi wasir bengkak bisa dengan berbagai cara dan yang cukup mudah adalah dengan mengonsumsi obat. Namun, kadangkala beberapa orang kurang memahami aturan waktu penggunaan obat sehingga kadang terlewat atau tidak teratur.

Setiap jenis obat, baik itu obat dengan resep dokter atau yang dijual bebas, memiliki aturan minum dan jadwal dosisnya sendiri. Aturan mengenai jadwal dan jarak penggunaan obat harus sesuai agar bisa cepat sembuh.

Nah, ketika mendapat jadwal minum obat tiga kali sehari, bagaimana cara menggunakannya? Apakah pagi, siang, dan malam? Lantas, bagaimana jarak penggunaan obat yang sesuai?

Jarak penggunaan obat yang benar sesuai anjuran

Mengonsumsi obat biasanya perlu dua, tiga, atau empat kali dalam sehari. Berikut aturan  yang benar sesuai jaraknya.

1. Dua kali sehari (2×1)

Jika dokter meresepkan obat dengan aturan minum 2×1, artinya obat tersebut perlu kamu minum dua kali dengan jarak 12 jam. Kamu bisa meminumnya pada jam yang sama ketika masih beraktivitas, misalnya pukul delapan pagi dan delapan malam.

2. Tiga kali sehari (3×1)

Aturan konsumsi obat tiga kali sehari adalah memang dalam sehari kamu akan mengonsumsi obat sebanyak tiga kali.

Tapi, cara membagi waktunya tidak sesederhana hanya “pagi, siang, dan malam”. Kamu tetap perlu minum obat ini dengan jarak yang sama antardosis.

Misalnya pertama kali kamu minum obat untuk mengatasi wasir bengkak pada hari itu adalah pukul enam pagi sewaktu bangun tidur. Maka, dosis kedua harus kamu minum pukul dua sore dan dosis terakhir harus meminumnya pada pukul sepuluh malam ketika bersiap-siap tidur.

Mengikuti jam minum obat 3 kali sehari dengan benar itu penting karena hal ini  berdasarkan lamanya penyerapan obat dalam tubuh.

3. Empat kali sehari (4×1)

Apabila dokter memberikan instruksi minum obat 4 kali sehari, minumlah dengan jarak enam jam. Jangan menggandakan dosis obat dengan meminum dua tablet sebanyak dua kali sehari.

Untuk beberapa jenis obat, jadwal minum harus benar-benar saklek karena dosis dan konsentrasi obat harus tetap ada secara konstan dalam darah.

Begitu konsentrasi obat mulai turun, kemampuannya dalam melawan penyakit juga berkurang. Kamu pun harus minum obat lagi demi menjaga konsentrasinya tetap stabil.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Wasir Dengan Minum Obat Sesuai Aturan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now