Mengenal Penyakit Wasir yang Merupakan Gangguan Pada Organ Pencernaan!

Wasir merupakan gangguan yang terjadi pada organ pencernaan akhir. Organ pencernaan manusia sendiri terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, pankreas, usus, hingga rektum dan anus. Selain itu, mengutip dari artikel National Institute of Diabetes and Digestive Kidney Disease (2016) menyebutkan bahwa wasir atau hemorrhoid dapat terjadi ketika adanya gangguan pembengkakan pada pembuluh darah vena, pada anus atau rektum. Meskipun begitu, kondisi wasir ini merupakan gangguan umum yang banyak terjadi pada orang dewasa hingga lansia. Bahkan, hampir setengah populasi dari umumr 50 tahun ke atas pasti pernah mengalami wasir atau ambeien ini. 

Penyebab terjadinya gangguan pencernaan 

Seperti yang kita ketahui bahwa saluran pencernaan adalah organ-organ yang menerima makanan dan menjadikannya energi di dalam tubuh. Jika, salah satu di antara organ tersebut mengalami gangguan, maka tentu saja akan membuat penderitanya tak nyaman dan sulit beraktivitas sehari-hari, termasuk masalah wasir/ambeien. Mengutip dari artikel kesehatan MLD Manual (2021) menyebutkan bahwa umumnya, masalah ambeien terjadi akibat sembelit kronis. Namun, tak jarang faktor lain seperti kondisi kehamilan, terlalu lama duduk dalam waktu yang lama, hingga pola hidup tak seimbang dapat menyebabkan seseorang terkena masalah ambeien. 

Baca juga: Obat Pengempes Ambeien di Apotik, Ampuhkah?

Gejala wasir yang sering terjadi 

Hemorrhoid atau wasir ini terjadi akibat adanya tekanan berlebih pada area pembuluh darah. Sehingga, menimbulkan benjolan di area anus, baik yang terletak di dalam anus maupun di bagian luar anus. Benjolan inilah yang dapat menganggu produktivitas penderitanya. Mengutip dari MLD Manual (2021) menyebutkan bahwa berikut adalah beberapa gejala umum yang sering terjadi pada penderita wasir, di antaranya: 

  • Munculnya benjolan di area anus, terutama setelah melakukan proses BAB. 
  • Jika benjolan terletak di bagian kulit anus, maka penderitanya akan merasakan rasa nyeri dan perih, terutama ketika duduk. 
  • Merasakan sensasi gatal dan perih pada bagian anus 
  • Mengalami sembelit kronis atau justru diare 
  • Muncul bercak darah ketika BAB

Jika, gejala di atas terabaikan oleh penderitanya, maka akan berisiko menimbulkan komplikasi atau penyakit lainnya. Salah satu komplikasi yang disebabkan oleh ambeien yang paling umum adalah munculnya infeksi, hingga anemia. 

Penyebab munculnya wasir 

Salah satu penyebab utama dari munculnya dari masalah pencernaan adalah akibat mencerna makanan yang tidak sehat, begitupun dengan masalah ambeien. Mengutip dari artikel kesehatan artikel National Institute of Diabetes and Digestive Kidney Disease (2016) menyebutkan bahwa ambeien umumnya terjadi akibat tubuh kekurangan serat. Selain kekurangan serat, beberapa hal di bawah ini juga dapat seseorang lebih berisiko terkena masalah ambeien, di antaranya: 

  • Orang yang memiliki kebiasaan terlalu lama duduk saat di toilet
  • Para pekerja berat
  • Wanita hamil 
  • Para lansia 
  • Penyitas obesitas 

Baca juga: Obat Alami Ambeien

Pengobatan yang tepat 

Meskipun dapat sangat mengganggu, namun ambeien merupakan gangguan pencernaan yang dapat penderitanya obati. Salah satu caranya adalah dengan memperbaiki pola makan dan menjalankan gaya hidup yang lebih sehat. Selain itu, untuk mengobati ambeien yang sudah memburuk, kini para penderita juga tidak perlu khawatir karena sudah ada teknologi modern untuk mengatasi masalah ambeien hingga tuntas. Dengan munculnya metode modern ini, maka ambeien dapat hilang dengan beberapa menit saja. Selain itu, metode pengobatan modern ini juga tidak mengharuskan pasien untuk melakukan rawat inap. Sehingga, setelah tindakan berlangsung pasien bisa langsung beraktivitas seperti biasanya. 

Salah satu tempat pengobatan wasir yang memiliki layanan pengobatan wasir dengan metode modern adalah Vena Wasir Center. Selain memiliki layanan pengobatan yang lengkap, harga tindakan di Vena Wasir Center cukup terjangkau bagi semua kalangan. Jadi, untuk kamu yang masih menderita ambeien, kamu bisa langsung menghubungi nomor 0811-9555-100 untuk segera berkonsultasi, atau kamu juga bisa datang langsung ke klinik Vena Wasir Center terdekat dengan lokasimu. 

Wasir tuntas jadi bebas beraktivitas, ya di Vena Wasir Center!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now