operasi ambeien, haruskah menunggu hingga parah?

Operasi Ambeien, Haruskah Menunggu Hingga Parah?

Operasi ambeien menjadi salah satu pengobatan yang menakutkan bagi para penderita ambeien, sehingga menjadi pengobatan yang dihindari. Akan tetapi, mengutip dari jurnal kesehatan ilmiah berjudul The Surgical Management of Haemorrhoids, oleh Hardy A (2005) menyebutkan bahwa penanganan ambeien sejak dahulu kala memang menggunakan metode operasi. Pada zaman mesir kuno tepatnya di kota Papirus, operasi ambeien ini dilakukan dengan menusuk jaringan ambeien lalu mengikatnya dengan benang wol yang tebal. Tindakan ini sangat berisiko dan berbahaya, untuk itu seiring berjalannya waktu metode operasi kini lebih sederhana, minim risiko, dan efektif mengatasi ambeien hingga tuntas. Namun, apakah harus menunggu ambeien hingga memburuk sebelum operasi?

Mengenal penyakit ambeien

Operasi ambeien, haruskah menunggu hingga parah?

Ambeien ini merupakan masalah yang dapat terjadi ketika aliran pada pembuluh darah terhambat. Sehingga, dapat menyebabkan timbulnya ambeien baik di dalam maupun di luar dinding anus. Jika benjolan sudah keluar atau prolaps, maka akan menyebabkan beberapa gejala seperti:

  • Bagian anus terasa nyeri, terutama saat duduk.
  • Gatal dan ada rasa sensasi panas pada bagian dubur.
  • Menyebabkan penderitanya mengalami perdarahan saat buang air besar.
  • Biasanya penderitanya mengalami sembelit atau bahkan diare.
  • Pada beberapa kasus, ambeien juga tak jarang menyebabkan penderitanya merasa tertekan, stres, pusing hingga demam.

Jika sudah sangat mengganggu, maka pengobatan pada ambeien tidak bisa penderita lakukan hanya dengan pengobatan tradisional atau alami. Metode operasi menjadi salah satu pengobatan yang akan dokter rekomendasikan untuk mengatasi ambeien yang pasien alami.

Mitos operasi ambeien yang salah

Ada beberapa mitos pada ambeien yang beredar di masyrakat, akan tetapi mitos ini ternyata keliru, di antaranya:

  • Menyakitkan

Pembedahan operasi memang menyakitkan. Akan tetapi, dengan metode terkini yang ada sehingga tindakan pada ambeien bisa dokter lakukan tanpa memotong jaringan ambeien dapat menguragi rasa nyeri yang timbul pada pasien. Dengan alat metode modern seperti laser hemorrhoidoplasty contohnya. Tindakan operasi ini bahkan dokter lakukan tanpa pembedahan. Sehingga benjolan bisa mengempis, tanpa harus ada rasa nyeri.

  • Mahal

Metode operasi konvensional memang terkenal mahal, akan tetapi metode modern yang tersedia saat ini tidak hanya lebih minim nyeri. Akan tetapi, dari segi harga juga lebih terjangkau. Terutama, jika kamu menjalankan operasi ambeien di klinik Vena Wasir Center.

  • Penyembuhan lama

Pada metode operasi bedah konvensional, penyembuhan pasca operasi bisa berlangsung selama 1 hingga 2 minggu. Berbeda halnya dengan metode modern seperti tindakan PILA (Paran Injection Ligation), Laser, dan Radiofrekuensi, di mana setelah tindakan pasien bisa langsung beraktivitas seperti biasanya.

  • Menimbulkan banyak perdarahan

Mitos yang satu ini juga tidak terlalu tepat. Apalagi, jika pengobatan pada wasir kamu lakukan di klinik Vena Wasir Center. Semua tindakan di Vena Wasir Center tidak akan menimbulkan banyak perdarahan, karena menggunakan alat terkini.

Baca juga: Laser Hemorrhoidoplasty, Hilangkan Wasir Tanpa Khawatir!

Kapan harus operasi?

Satu hal yang harus penderita ambeien tahu adalah jangan menunggu ambeien hingga parah untuk melakukan operasi. Jika kamu melakukan operasi dengan tingkat keparahan ambeien yang masih ringan, maka operasi yang kamu jalankan pun akan lebih sederhana. Seperti, tindakan PILA contohnya, yang biasa di terapkan untuk operasi ambeien stadium awal. Selain itu, tingkat risikonya pun akan lebih rendah, dan yang pasti kamu tidak akan mengalami komplikasi pada ambeien.

Jadi, tak perlu lagi melakukan pengobatan ambeien di Klinik Vena Wasir Center!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now