Pantangan Ambeien, Jangan Asal Garuk Anus yang Terasa Gatal!

Pantangan ambeien sebenarnya ada cukup banyak dan terlihat sepele, tapi kebanyakan orang tidak akan terlalu memerhatikannya. Padahal, pantangan ambeien tersebut bisa ada, agar mencegah ambeien/wasir semakin parah. Nah, salah satunya adalah menggaruk anus atau lubang bokong, mungkin terlihat sepele tapi saat wasir menyerang akan muncul rasa gatal pada area anus dan secara sadar ataupun tidak, untuk menghilangkan rasa gatal adalah dengan menggaruknya.

Menggaruk anus untuk menghilangkan rasa gatal, memang sebaiknya jangan lakukan  karena menggaruk anus bisa membuat kondisi benjolan ambeien semakin parah dan infeksi. Wasir adalah kondisi meradang atau bengkaknya pembuluh darah vena sekitar anus. Kondisi ini terbagi menjadi dua jenis berdasarkan lokasi benjolannya, yakni:

  • Internal hemorrhoid atau wasir dalam, muncul di dalam saluran rektum, tidak nyeri tapi bisa menyebabkan feses yang berdarah, serta
  • External hemorrhoid atau wasir luar, muncul di luar anus, terasa gatal atau nyeri, terkadang bisa robek dan berdarah.

Kondisi ini sampai bisa membahayakan nyawa dan juga tidak menular. Bahkan, biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dengan melakukan pola gaya hidup yang sehat. Namun, pada beberapa kasus, wasir tidak bisa sembuh dengan sendirinya dan harus melakukan tindakan medis, seperti pemberian obat hingga pembedahan.

Apa saja gejala ambeien?

Berdasarkan jenisnya, gejalanya bisa berbeda-beda pada penderitanya. Jika benjolan berada di luar/eksternal, maka gejalanya bisa adanya benjolan yang keras dan terasa lembut saat menyentuhnya dan berada di dekat anus. Selain itu, ada juga anus yang terasa gatal, serta nyeri, terutama saat duduk.

Biasanya, gejala ini bisa menghilang dalam beberapa hari. Kendati demikian, jika saat membersihkan anus dengan kasar atau terlalu sering mengejan, gejalanya bisa bertahan lebih lama.

Sedangkan pada jenis internal atau wasir dalam, biasanya rasa nyeri atau gatal tidak akan terasa. Tapi saat bab, feses atau kotoran yang keluar bisa disertai dengan darah.

Selain mumculnya benjolan pada anus, bab berdarah, munculnya rasa nyeri dan gatal pada area sekitar anus, ada kemungkinan tanda-tanda dan gejala lainnya. Jadi, sebaiknya segera periksakan ke dokter apa yang terjadi.

Apa saja yang jadi penyebabnya?

Berikut adalah berbagai faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena wasir.

1. Sembelit kronis

Feses atau tinja yang mengeras akibat sembelit membuat kebanyakan orang harus mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk mengejan. Tekanan ekstra tersebut pada akhirnya akan memicu munculnya pembengkakan pembuluh darah anus, yang bisa menjadi penyebab ambeien.

2. Kehamilan

Seiring usia kehamilan yang semakin bertambah dan bayi semakin membesar, rahim akan ikut berkembang mengikuti perkembangan janin. Tekanan rahim ini akan menekan pembuluh darah yang ada pada usus besar sehingga bisa memicu munculnya benjolan pada area anus.

3. Duduk terlalu lama

Memiliki kebiasaan duduk yang terlalu lama bisa menjadi penyebab ambeien, sebab pembuluh darah sekitar anus akan banyak terisi darah. Aliran darah yang konstan tersebut akhirnya akan menekan dinding pembuluh darah hingga semakin membesar.

4. Kebiasaan mengangkat beban berat

Berulang kali mengangkat benda berat bisa jadi penyebab ambeien. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan tekanan pada bagian rektum yang akan memengaruhi aliran darah dan membuat pembuluh darah menjadi bengkak.

5. USIA

Seiring dengan pertambahan usia dan kondisi tubuh yang semakin menua secara alami dapat menyebabkan jaringan pembuluh darah sekitar rektum dan anus semakin melemah dan meregang sehingga rentan membengkak. Inilah yang menjadi risiko penyebab terjadinya ambeien.

Apa saja yang menjadi pantangan ambeien?

Sebenarnya ada beragam hal yang menjadi pantangan ambeien, seperti mengejan saat bab, mengangkat beban berat, duduk terlalu lama dan masih banyak lagi. Namun, ada satu pantangan wasir yang sayangnya masih sering penderita wasir lakukan, yaitu menggaruk anus gatal.

Kita sama-sama tahu, saat sedang mengalami wasir maka anus akan terasa gatal dan kita tidak bisa menahan untuk menggaruknya. Tapi, menggaruk anus gatal bukanlah solusi, justru bisa membuat kondisi wasir semakin parah dan infeksi. Nah, untuk mengurangi rasa gatal tersebut, penderita ambeien ini bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Bagaimana cara menghilangkan rasa gatal pada anus?

  • Bersihkan area yang gatal dengan air dan kain yang lembut saat mandi.
  • Keringkan area anus secara menyeluruh setelah buang air besar dan mandi dengan kain yang halus secara perlahan
  • Berhenti menggaruk kulit yang gatal.
  • Hindari penggunaan produk mandi yang mengandung parfum atau produk kosmetik lain yang dapat mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi.
  • Kenakan pakaian dalam berbahan katun yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat.
  • Lakukan rendam bokong atau sitz bath

Jika cara tersebut masih tidak memberikan solusi, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: CARA MENCEGAH AMBEIEN KAMBUH DENGAN CARA INI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now