Bolehkah Penderita Wasir Makan Mie Instan?

Bolehkah penderita wasir makan mie instan? Ada berbagai pendapat mengenai makanan satu ini. Salah satunya adalah kebiasaan mengonsumsi mie instan terlalu sering dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti sembelit dan wasir, benarkah demikian?

Mie instan menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia, selain rasanya yang enak, cara mengolahnya juga mudah.

Bolehkah Penderita Wasir Makan Mie Instan?

Pakar kesehatan menyebutkan, bahwa mie merupakan salah satu makanan yang tinggi karbohidrat. Karbohidrat pada mie adalah karbohidrat sederhana yang mampu meningkatkan kadar gula darah dengan cepat setelah dikonsumsi.

Karbohidrat memang bisa membuat tubuh mendapatkan energi, namun jika berlebihan dalam mengonsumsinya, khawatir hal ini akan menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula darah yang nantinya mungkin dapat berpengaruh terhadap kesehatan.

Meskipun kandungan karbohidratnya kaya, namun ternyata miskin kandungan lainnya, misalnya kandungan serat. Jadi, jika kita secara berlebihan mengonsumsi mie instan tidak mengimbanginya dengan asupan lain yang mengandung serat, besar kemungkinannya akan alami masalah pencernaan, seperti sembelit atau wasir.

Makanan Untuk Penderita Wasir

Mengutip dari U.S. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, dokter  akan menyarankan pasien wasir untuk lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi serat. Mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dapat membuat kotoran atau tinja lebih lembut dan lebih mudah mengeluarkannya tanpa proses mengejan, serta dapat membantu mengobati dan mencegah wasir.

Selain mengonsumsi makanan berserat, penderita wasir juga disarankan untuk banyak minum air putih dan cairan lain, seperti jus buah dan sup bening yang juga dapat membantu proses pencernaan.

Kekurangan serat dapat menyebabkan atau memperburuk kondisi wasir. Pasien wasir juga perlu membatasi mengonsumsi garam. Garam dapat menyebabkan tubuh bergantung pada air sehingga lebih banyak memberikan tekanan pada pembuluh darah. Hal ini pun termasuk pembuluh darah pada dubur sehingga dapat muncul wasir atau ambeien suatu waktu nanti.

Jadi, bolehkah penderita wasir makan mie instan? Sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan dan untuk tepatnya, coba konsultasikan dengan dokter. Mungkin bisa dengan memasukkan sayuran ke dalam porsi mie instan Anda. Selain kurang mengandung serat, mie instan juga juga mengandung garam yang tinggi.

Cara Mencegah Wasir

Penyebab wasir bisa karena beberapa faktor risiko, seperti sembelit berkepanjangan, diare berkepanjangan, obesitas, mengangkat beban berat, dan duduk atau berdiri terlalu lama. Oleh sebab itu, cara ampuh mencegah wasir adalah dengan menghindari faktor risikonya. Berikut adalah cara mencegah wasir:

  • Memenuhi kebutuhan asupan serat tubuhdengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan
  • Mengurangi mengonsumsi garam, makanan pedas, dan makanan cepat saji
  • Tidak menundamengejan  buang air besar
  • Rutin berolahraga, minimal 30 menit setiap hari
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan rutin minum air putih
  • Mengatasi wasir sampai tuntas dengan prosedur medis

Cara Mengatasi Wasir Dengan Prosedur Medis

Ada Beberapa pilihan cara mengatasi wasir dengan prosedur medis, seperti:

  • Radiofrekuensi
  • Ligasur
  • Laser Hemorrhoidoplasty (LHP)
  • PILA (Paran’s Injection and Ligation for Ambeien)

Untuk, prosedur medis mana yang tepat untuk kondisi wasir Anda, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now