Pengobatan Wasir Tanpa Operasi Semarang

Pengobatan Wasir Tanpa Operasi Semarang

Pengobatan Wasir Tanpa Operasi Semarang

 

Pengobatan Wasir Tanpa Operasi Semarang – Memiliki tubuh yang sehat adalah keinginan bagi semua orang. Namun banyak orang yang tidak menyadari dan mengabaikan pola hidup sehat sehingga memunculkan penyakit tertentu pada tubuhnya. Salah satunya adalah wasir. Melakukan pengobatan penyakit seperti wasir ini harus serius. Bagi penderita wasir, pengobatan wasir tanpa operasi seringkali menjadi pilihan. Hal ini tentunya dengan berbagai alasan.

Sejumlah kebiasaan tidak sehat seperti mengejan terlalu keras saat membuang air besar menjadi faktor penyebab utama. Bisa juga karena duduk terlalu lama, kekurangan asupan makanan berserat, hingga obesitas. Kebiasaan buruk yang dilakukan tanpa sadar itu bisa membuat Anda harus menjalani pengobatan secara serius. 

Untuk pengobatan wasir sebenarnya bisa dilakukan dengan atau tanpa operasi. Bagi penderita yang tidak menginginkan adanya pengobatan pada anus tentunya akan memilih metode pengobatan tanpa operasi. Seperti apa informasi mengenai pengobatan wasir tanpa operasi? Simak terus artikel ini ya!

Sebenarnya apasih wasir itu?

Wasir atau hemoroid merupakan jenis penyakit yang sering terjadi. Faktor lingkungan dan kebiasaan buruk menjadi penyebab munculnya wasir. Misalnya, mengangkat alat berat. Wasir adalah kondisi tubuh di mana pembuluh darah area rektum mengalami tekanan dan pembengkakan sehingga timbul peradangan berupa benjolan di area anus.

Apabila benjolan tidak kunjung menghilang dan menimbulkan keluhan yang mengganggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. 

Untuk mengurangi rasa sakit Anda dapat melakukan berbagai cara, seperti:

  1. Merendam daerah anus dengan air hangat selama 15-20 menit, sebanyak 3 kali sehari,
  2. Mengurangi atau bahkan menghindari segala aktivitas yang menyebabkan tekanan pada perut meningkat,
  3. Mengonsumsi makanan yang berserat,
  4. Memperbanyak asupan air putih minimal 2 liter sehari,
  5. Hindari mengejan terlalu kuat pada saat BAB,
  6. Hindari menahan BAB,
  7. Kompres daerah sekitar anus dengan es batu yang dilapisi kain, agar rasa nyeri pada daerah sekitar anus berkurang.

Apa saja gejala wasir?

Biasanya gejala wasir berupa rasa gatal dan nyeri pada bagian anus, keluar darah saat BAB, keluar lendir setelah BAB.

Apa saja jenis wasir?

Berdasarkan letaknya, wasir dibedakan menjadi 2 yaitu:

  • Wasir internal (dalam), wasir dalam biasanya tidak terlihat dari luar. Wasir dalam biasanya muncul di dalam saluran rektum, akan tetapi hal ini tidak akan menyebabkan rasa nyeri. Namun hal ini akan menyebabkan BAB berah.
  • Wasir eksternal (luar), wasir luar biasanya terbentuk di luar anus, wasir jenis ini akan menyebabkan rasa gatal dan menyebabkan keluarnya darah saat BAB.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sembelit Dengan Gerakan Olahraga

Cara Alami Mengobati Wasir

Mungkin hal ini menjadi pertanyaan banyak orang, sebab penyakit ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pola hidup yang sehat dapat mengurangi resiko wasir. Pola hidup ini dapat diwujudkan dengan cara berikut ini:

#1. Mengonsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan berserat akan mengurangi resiko wasir. Sebab makanan berserat dapat melancarkan BAB. Mengejan pada saat BAB akan menyebabkan wasir semakin parah. Makanan berserat yaitu, biji-bijian, kacang-kacang, buah, sayur, dan juga gandum utuh.

#2. Memperbanyak asupan cairan

Menjaga tubuh dari resiko dehidrasi juga dapat mengurangi resiko wasir. Memperbanyak air putih akan memperlancar BAB.

#3. Hindari kebiasaan menunda BAB

Bersusah payah untuk menunda jika ingin buang air besar.

#4. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur menyebabkan tubuh lebih sehat, sehingga terhindar dari resiko terkena wasir. Selain itu olahraga juga dapat membantu mengontrol tekanan darah, dan juga mencegah seseorang terkena sembelit. Oleh karena itu ada baiknya untuk rajin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya.

#5. Menjaga kebersihan anus

Area anus yang tidak dijaga kebersihannya dengan baik dapat menimbulkan rasa gatal dan menjadi sarang bakteri tentunya. Kondisi anus dengan bakteri yang banyak sudah pasti akan memperparah kondisi wasir. 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seseorang agar terhindar dari wasir. Selain itu, apabila rasa sakit atau nyeri semakin parah, sebaiknya segera konsultasi ke dokter, agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Segera Konsultasikan Wasir Anda!

Wasir sendiri memiliki banyak tingkatan, dan setiap tingkatannya dapat diobati secara alami maupun dengan bantuan dokter. Biasanya apabila wasir masih dalam tingkatan biasa, dapat dihilangkan dengan cara-cara alami. Namun jika tingkat wasir sudah parah, untuk melakukan tindakan lebih baik seseorang berkonsultasi dulu dengan dokter.

Faktor keturunan dapat menjadi faktor penyebab wasir, sebab seseorang yang lahir dari penderita wasir, juga tertekan terkena wasir. Oleh karena itu bagi seseorang yang mengalami wasir ada baiknya untuk mencegah secara alami maupun dengan bantuan dokter. Tentunya agar kondisi ini tidak terus terjadi dan menyebabkan resiko terkena wasir.

Apabila Anda memiliki wasir Anda bisa segera melakukan pengobatan di Vena Wasir Center. Segera konsultasikan ke dokter untung mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.

 

Baca Juga : Feses Keras Menyebabkan Sembelit

Call Center :
https://wa.me/6282110333310

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now