Penyebab Ambeien Luar dan Cara Mencegahnya Muncul Kembali

Penyebab Ambeien Luar dan Cara Mencegahnya Muncul Kembali

Salah satu penyebab ambeien luar atau eksternal paling umum, yaitu seringnya mengalami sembelit. Frekuensi dan intensitas sembelit dapat terjadi karena kurangnya asupan serat dan konsumsi air putih seseorang. Tingginya frekuensi mengalami sembelit berulang kali juga dapat melukai dinding rektum, luka dan infeksi ini dapat memicu munculnya tonjolan ambeien.

Hindari Kebiasaan Pemicu Ambeien

Penyebab Ambeien Luar dan Cara Mencegahnya Muncul Kembali

Kebiasaan kurang sehat seperti duduk terlalu lama juga menjadi faktor terbesar yang dapat memicu ambeien. Pada beberapa situasi, duduk terlalu lama menjadi sebuah keharusan yang tak bisa dihindari. Misalnya, bagi pelajar ataupun pekerja kantoran. Duduk lama karena tuntutan belajar dan pekerjaan sudah menjadi kebiasaan. Lakukanlah perenggangan ringan dalam posisi berdiri atau berjalan selama 5-10 menit beberapa kali di sela-sela aktivitas. Hal ini untuk menghindari tekanan berlebih pada area tulang panggul dan anus.

Tahukah kamu, Vital Vio pada tahun 2019 dalam surveynya “The Dirty Truth” menemukan bahwa 88% masyarakat di Amerika membawa dan menggunakan ponselnya ke dalam toilet. Selain dapat menjadi media penghantar bakteria di dalam toilet ke tempat lainnya, ternyata kebiasaan ini juga buruk untuk area anus dan rektum Anda. Menggunakan ponsel di toilet dapat membuat Anda lupa dengan waktu yang terlewat. Terlalu lama mengejan, duduk, atau jongkok di toilet dapat membuat pembuluh darah di area anus dan rektum pecah.

Selain membawa ponsel ke dalam toilet, kebiasaan menunda ke toilet ketika perut sakit juga dapat memicu sembelit. Seperti penjelasan di awal, sembelit merupakan salah satu faktor pemicu munculnya tonjolan ambeien.

Tekanan pada area anus dan rektum yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah adalah kondisi yang tubuh alami saat Anda saat mengidap ambeien. Tekanan ini dapat terjadi apabila tubuh dalam keadaan berat badan berlebih atau sedang hamil. Kedua kondisi tubuh ini tidak terpungkiri memberikan tekanan beban berlebih pada area panggul dan bokong sehingga memicu pecahnya pembuluh darah.

Pola makan tidak sehat serta kurangnya konsumsi air juga menjadi pemicu munculnya ambeien. Tingkatkan konsumsi makanan tinggi serat dan perbanyak air putih 8-10 gelas sehari. Diet sehat dapat menghindarkan anda dari sembelit yang berkepanjangan. Air putih yang cukup dapat membantu serapan air di area rektum, menghindarkan rektum menjadi kering sehingga terjadi gesekan dan infeksi saat BAB.

Baca juga: Jangan Panik! Ambeien Prolaps Bisa Diatasi dengan Cara Ini!

Metode Penyembuhan

Kebiasaan-kebiasaan di atas dapat membantu mencegah dan meringankan gejalan ambeien, terutama di tingkat I dan II. Namun, bagi penderita tingkat III dan IV, kebiasaan di atas bisa jadi tidak memberikan perubahan signifikan. Pilihan Anda adalah menemui dokter dan mendiskusikan cara terbaik untuk mengankat ambeien. Beberapa metode pilihan untuk Anda pertimbangkan:

  • PILA
  • Radiofrekuensi
  • Laser

Konsultasikan dengan dokter terbaik di Vena Wasir Center metode yang tepat dan nyaman bagi Anda. Wasir tuntas, jadi bebas beraktivitas hanya di Vena Wasir Center!

Baca juga: WASIR PECAH DAN BERDARAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now