Penyebab Benjolan Wasir Berdarah

Benjolan wasir berdarah, seringkali membuat penderita wasir merasa cemas atau ketakutan. Wasir atau yang terkenal dengan nama ambeien merupakan salah satu masalah umum yang terjadi pada area anus. Mengutip dari artikel Verywell Health (2022) menyebutkan bahwa wasir dapat menyebabkan penderitanya merasa tak nyaman saat beraktivitas. Meskipun begitu, gejala-gejala yang muncul berbeda-beda, bergantung lokasi benjolan, dan tingkat keparahannya.

Namun, pada umumnya gejala umum yang sering terjadi pada penderita ambeien adalah munculnya darah saat penderitanya melakukan buang air besar. Darah yang muncul pada penderita ambeien umumnya tak menyebabkan rasa nyeri, namun bisa berbahaya jika penderitanya tidak segera melakukan penanganan yang tepat.

Penyebab Benjolan Wasir Berdarah

Mengutip dari Medical Health News Today (2022) menyebutkan bahwa perdarahan saat BAB merupakan gejala utama dari ambeien. Selain itu, beberapa sumber juga menyebutkan bahwa, kebanyakan orang tidak akan menyadari bahwa mereka memiliki ambeien, sampai muncul darah ketika proses buang air besar berlangsung.

Salah satu penyebab utama munculnya darah pada ambeien/wasir adalah akibat mengejan terlalu keras ketika BAB. Selain akibat mengejan terlalu keras, diare hingga sembelit juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan munculnya darah pada ambeien. Meskipun begitu, beberapa kondisi seperti hamil, duduk terlalu lama, hingga sering mengangkat beban berat juga terkadang membuat ambeien yang penderita alami semakin bertambah parah. Sehingga, dapat menyebabkan perdarahan ketika melakukan proses buang air besar.

Perlu penderita ingat bahwa darah yang berasal dari ambeien biasanya berwarna merah terang. Jika, penderita menemukan darah yang berwarna merah gelap atau hitam, maka sebaiknya segeralah melakukan konsultasi dengan dokter.

Baca juga: Wasir Merupakan Gangguan yang Terjadi Pada Organ Anus

Komplikasi yang Mungkin Terjadi Akibat Wasir

Perdarahan saat melakukan buang air besar merupakan tanda dari gejala wasir yang dapat memunculkan beberapa komplikasi/masalah lainnya. Selain itu, wasir yang terlalu lama dibiarkan oleh para penderitanya juga memicu risiko timbulnya masalah kesehatan, seperti:

Infeksi

Mengutip dari artikel Healthline (2018) menyebutkan bahwa kondisi ambeien yang sudah sangat memburuk akan sangat berisiko memunculkan infeksi pada wasir. Ambeien yang sudah memburuk biasanya akan pecah dan mengeluarkan darah. Nah, bekas pecahan darah dari benjolan ambeien inilah yang biasanya menarik bakteri dan virus untuk berkembang biak, sehingga memicu timbulnya infeksi.

Jika sudah terinfeksi, maka penderita ambeien biasanya akan merasakan gejala yang cukup menyakitkan dan mengganggu, seperti muncul rasa gatal, serta ruam kemerahan, dan pembengkakan pada ambeien. Yang terparah adalah bisa memunculkan benjolan berisi nanah, sehingga memicu penyakit fistula ani, atau terbentuknya terowongan dari usus ke area anus.

Anemia

Mengutip dari artikel LA Colon (2022) menyebutkan bahwa hemorrhoid atau ambeien bisa menyebabkan seseorang terkena anemia atau kekurangan darah. Hal ini karena, perdarahan yang terjadi pada ambeien dapat menyebabkan seseorang kehilangan banyak darah dalam tubuhnya. Sehingga dapat menyebabkan anemia atau kekurangan sel darah merah di dalam tubuh. Salah satu gejala pada anemia adalah merasa cepat lelah dan selalu lesu ketika menjalankan aktivitas fisik.

Strangulasi Ambeien

Ambeien yang tidak terobati dengan tepat akan sangat berisiko memicu terjadinya strangulasi ambeien atau terputusnya aliran darah ke benjolan ambeien. Ketika aliran darah di area anus terputus, maka sebagian area tidak akan mendapatkan nutrisi, protein, dan oksigen yang cukup. Padahal, aliran darah sangat membantu mengembangkan imunitas dalam tubuh dan mampu menurunkan risiko infeksi pada ambeien. Namun, jika aliran darah terputus, maka akan memicu timbulnya rasa nyeri yang luar biasa, wasir jadi lebih lama untuk pulih, hingga dapat memicu timbulnya masalah infeksi.

Baca juga: Obat Pengempes Ambeien di Apotik, Ampuhkah?

Kapan harus ke dokter saat benjolan wasir berdarah?

Setelah mengetahui beberapa komplikasi dan bahaya ambeien yang tak terobati, maka sebaiknya para penderita tidak boleh menyepelekan masalah wasir/ambeien ini. Oleh karena itu, segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis jika sudah mengalami gejala ambeien, seperti muncul benjolan di anus, munculnya darah pada feses saat buang air besar, merasa nyeri atau perih di area anus. Maka, segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter di klinik terpercaya.

Vena Wasir Center Solusi Pengobatan Wasir

Salah satu klinik khusus pengobatan ambeien terpercaya adalah Vena Wasir Center, telah hadir sejak tahun 2013 sebagai klinik solusi pengobatan wasir dengan metode modern. Sehingga, pengobatan wasir lebih efektif, waktu tindakan cepat hanya beberapa menit saja, tanpa rawat inap, minim risiko dan perdarahan. Selain itu, biaya tindakan di klinik Vena Wasir Center juga cukup terjangkau bagi semua kalangan. Dan, yang terpenting semua tindakan di klinik Vena Wasir Center, dilakukan oleh dokter professional dan berpengalaman di bidangnya.

Untuk mengetahui lokasi klinik, biaya, jenis tindakan, silakan lakukan konsultasi di nomor 0811-9555-100 atau kamu juga bisa datang langsung ke klinik Vena Wasir Center terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now