Penyebab Sembelit Adalah Feses yang Keras, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab sembelit adalah feses yang keras dan kondisi ini sangat umum terjadi. Feses keras bisa dialami oleh siapa saja dan penyebabnya tidak akan selalu. Penyebab feses atau tinja keras tidak selalu karena masalah kesehatan serius, tapi bisa juga akibat kurang minum dan kurang mengonsumsi serat.

Kebanyakan orang, normalnya buang air besar antara tiga kali sehari hingga tiga kali seminggu. Ketika tubuh mencerna makanan secara tidak efisien, pola normal BAB  menjadi melambat. Ketika makanan tersebut bergerak terlalu lambat, usus besar dapat menyerap terlalu banyak air, sehingga menyebabkan feses keras, kering, dan sulit untuk mengeluarkannya.  Jika kondisi tersebut menyebabkan feses keras, seseorang mungkin akan mengalami kesulitan buang air besar. Kondisi ini bisa sangat tidak nyaman dan rentan memicu wasir jika memaksakan mengejan saat BAB.

Baca Juga: Penyakit Sembelit Kenali Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahannya

Penyebab Sembelit Adalah Feses Keras

Penyebab masalah pada proses pencernaan makanan yang  melambat dan berujung pada feses mengeras sangat beragam, seperti:

Bertambahnya usia

Seiring dengan bertambahnya usia, perubahan  dalam tubuh bisa menyebabkan konstipasi/sembelit.

Kecemasan dan trauma

Dalam hal ini, kebanyakan yang mengalaminya adalah anak-anak. Mereka mungkin menghindari buang air besar akibat kecemasan, trauma, atau perubahan dalam rutinitas aktivitasnya di kamar mandi. Hal ini bisa menyebabkan feses mengeras.

Sindrom iritasi usus besar

Kondisi kronik ini bisa menyebabkan sembelit dan diare secara bergantian

Penyakit kronik lain

Berikutnya, penyebab sembelit adalah karena menderita  penyakit tertentu yang bisa menyebabkan konstipasi kronik, seperti  diabetes, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, hipotiroid, dan kanker.

Obat

Beberapa obat, seperti antidepresan dan sejumlah obat pereda rasa sakit, bisa memperlambat pencernaan. Terapi radiasi juga memiliki efek memperlambat pencernaan.

Diet

Selanjutnya, penyebab sembelit adalah akibat diet rendah serat. Sebenarnya, serat dapat membantu kelancaran jalan makanan dalam saluran pencernaan dan menyerap air untuk memperhalus feses. Dehidrasi dan konsumsi makanan manis terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan konstipasi.

Hamil dan melahirkan

Terakhir penyebab sembelit adalah karena perubahan hormon yang tidak stabil selama kehamilan dan setelah melahirkan yang kemudian bisa menyebabkan feses mengeras.

Pengobatan Feses Keras

Beberapa pengobatan bisa membantu meredakan feses keras dan sembelit, antara lain:

Penggunakan pencahar 

Beberapa obat konstipasi bisa membantu menangani feses keras. Obat ini bekerja dengan cara mempercepat pergerakan usus atau mengurangi penyerapan air pada usus sehingga feses melunak.

Perubahan diet

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat bisa memudahkan pengeluaran feses keras. Buah dan sayuran adalah contoh makanan yang kaya akan serat.

Air

Minum lebih banyak air putih bisa membantu melembutkan feses.

Suplemen

Beberapa orang yang mengalami konstipasi bisa meredakan gejalanya dengan mengonsumsi suplemen magnesium.

 

Pengobatan yang disebutkan di atas bisa meredakan feses keras dan konstipasi. Namun, sebaiknya Kamu periksakan ke dokter penyebab feses keras yang dialami supaya bisa ditentukan pengobatan yang tepat.

 

Baca Juga: BERAGAM PENYEBAB SUSAH BAB

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now