Pengobatan Tradisional dan Modern untuk Hilangkan Ambeien

Perbedaan Pengobatan Tradisional dan Modern untuk Hilangkan Ambeien!

Hilangkan ambeien adalah salah satu yang sulit dilakukan bagi sebagian penderita ambeien/wasir. Ini bisa terjadi ketika penderita salah melakukan perawatan dan pengobatan yang tepat, sehingga wasir menjadi memburuk alih-alih hilang dan sembuh. Melansir dari jurnal kesehatan berjudul “Analysis of Traditional Medicine Formula for Hemorrhoid in Java Island; Ethnopharmacology Study RISTOJA” oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tumbuhan Obat dan Obat Tradisional (2018) menyebutkan bahwa penggunaan obat tradisional wasir merupakan salah satu potensi besar di beberapa negara berkembang, termasuk Indonesia. Dalam penelitian tersebut, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tumbuhan Obat dan Obat Tradisional menemukan bahwa setidaknya ada 37 spesies tumbuhan obat yang masyarakat gunakan untuk mengobati ambeien.

Namun, di era modern seperti ini apakah masih relevan dan efektif menggunakan pengobatan tradisional dalam mengobati wasir atau ambeien? Simak selengkapnya di dalam artikel ini!

Beberapa pengobatan tradisional wasir

hilangkan ambeien

Mengutip dari jurnal kesehatan “Analysis of Traditional Medicine Formula for Hemorrhoid In Java Island; Ethnopharmacology Study RISTOJA” (2018) menyebutkan bahwa pembuatan ramuan pengobatan tradisional di Indonesia biasanya berdasarkan pada pengetahuan lokal, tradisi, serta hukum adat yang berlaku di masyrakat. Pemilihan beberapa jenis tanaman ini kebanyakan hanya berdasarkan turun-temurun hingga kepercayaan di lingkungan masyarakat, bukan berdasarkan penelitian klinis. Namun, meskipun beberapa tumbuhan belum terbukti mampu mengatasi wasir, masih ada beberapa pengobatan tradisional yang ternyata memiliki efek seperti memperlancar buang air besar, mengurangi rasa nyeri dan inflamasi serta mengurangi perdarahan pada wasir/ambeien.  Mengutip dari jurnal kesehatan “Observasi Klinik Formula Jamu untuk Hemoroid” oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tumbuhan Obat dan Obat Tradisional (2012) menyebutkan bahwa beberapa obat tradisional ini mampu mengurangi gejala pada ambeien, di antaranya:

  • Daun ungu

Jenis daun berwarna ungu ini menurut beberapa penelitian mampu melancarkan konstipasi atau sembelit pada penderita wasir. Selain itu, kandungan tannin, anti-inflamasi, dan analgesik juga mampu meredakan rasa nyeri akibat wasir.

  • Daun duduk

Mengandung senyawa seperti flavonoid, tannin, juga saponin, daun duduk dapat mengobati peradangan pada benjolan wasir juga mampu mempercepat pengeringan luka wasir.

  • Daun iler

Sedangkan daun iler memiliki beberapa kandungan seperti tannin, pectic substance, minyak atsiri juga terdapat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri, sehingga mampu mempercepat penyembuhan pada penyakit wasir atau ambeien.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wasir Dan Kondiloma

Efektifkah?

Perlu kamu ketahui, bahwa beberapa penelitian menyebutkan bahwa obat-obatan tradisional hanya mampu mengatasi gejala pada hemoroid/ambeien. Sehingga, ambeien bisa saja kembali, bahkan tidak hilang sama sekali meskipun penderita sudah mencoba pengobatan tradisional. Di sisi lain, pengobatan medis yang sudah teruji oleh pakar kesehatan, sebaiknya penderita pilih untuk mengobati ambeien/wasir yang sudah buruk dan sangat mengganggu.

Pengobatan modern untuk hilangkan ambeien

Tak hanya operasi dengan tindakan bedah terbuka yang melibatkan banyak sayatan, kini di jaman modern terdapat banyak pengobatan seperti tindakan dan terapi wasir untuk atasi ambeien hingga tuntas. Berikut adalah beberapa pilihan tindakan dan terapi wasir yang tersedia di klinik wasir terpercaya, Vena Wasir Center, di antaranya:

  • PILA

Paran Injection Ligation for Ambeien merupakan metode yang mengombinasikan teknik suntik atau injeksi skeleroterapi dengan tindakan karet ligase, tanpa melibatkan sayatan pada pasien, sehingga sangat minim nyeri. Hasil dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa PILA ini efektif mengatasi ambeien dalam atau interna dari derajat 1 hingga 3.

  • Radiofrekuensi

RF atau dalam istilah medis terkenal dengan nama radiofrekuensi ablasi untuk wasir merupakan salah satu teknik wasir dengan gelombang radio untuk menghilangkan benjolan wasir. RF ini merupakan salah satu tindakan minim sayatan sehinga minim risiko juga minim rasa nyeri. Metode ini ampuh atasi wasir dalam maupun luar dari semua tingkat keparahan.

  • Laser hemorrhoidoplasty

Tindakan atau terapi LHP atau laser hemorrhodoplasty merupakan salah satu terapi yang paling minim nyeri. Sehingga, bisa menjadi alternatif tindakan untuk kamu yang masih takut melakukan tindakan wasir dengan melibatkan sayatan. Tindakan ini memanfaatkan laser diode untuk mengempiskan wasir hingga 40% saat pertama kali tindakan selesai, dan akan terus mengempis hingga 100% beberapa hari setelah tindakan.

Baca juga: Penelitian Menyebutkan Laser Ampuh Atasi Ambeien Prolaps

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now