operasi ambeien

Ini Dia Pantangan Makanan Setelah Operasi Ambeien!

Operasi ambeien merupakan serangkaian tindakan medis yang dilakukan oleh penderita untuk menghilangkan wasir. Tindakan wasir ini identik dengan operasi bedah terbuka yang menyakitkan dan proses penyembuhannya lama. Namun, karena kini sudah tersedia beberapa teknologi modern untuk mengatasi wasir. Maka, proses penyembuhannya pun sangat cepat, bahkan tanpa rawat inap. Selain itu, tindakannya pun hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Risiko operasi ambeien

operasi ambeien

Operasi wasir modern merupakan tindakan wasir menggunakan alat medis modern untuk menghilangkan wasir. Tindakan ini merupakan inovasi teknologi dari beberapa ahli kesehatan. Mengutip dari jurnal kesehatan Association of Surgeons of India (2012) menyebutkan bahwa tindakan operasi wasir atau tindakan hemoroidiktomi merupakan salah satu prosedur operasi yang menyakitkan. Memerlukan waktu setidaknya 5-10 hari rawat inap, dengan waktu tambahan istirahat sekitar 2 hingga 6 minggu. Selain itu, tindakan operasi wasir juga sering terkait dengan masalah risiko seperti perdarahan sekunder hingga stenosis canal anus.

Jenis beberapa tindakan ambeien modern

Untuk menghindari rasa yang menyakitkan, dan waktu tindakan penyembuhan yang lama. Maka, beberapa pakar teknologi kesehatan menciptakan metode modern yang lebih sederhana, tindakan waktu cukup singkat, tidak memerlukan rawat inap sehingga pasien bisa langsung beraktivitas setelah tindakan. Berikut adalah beberapa tindakan operasi wasir modern yang bisa penderita terapkan untuk mengatasi wasir, di antaranya:

  • Paran Injection Ligation for Ambeien

Metode yang satu ini merupakan metode operasi wasir yang menggabungkan metode suntik cairan skeleroterapi dengan jaringan karet ligase untuk menghilangkan benjolan ambeien/wasir. Metode ini lebih singkat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit.

  • Laser hemorrhoidoplasty

Metode yang satu ini merupakan metode tindakan wasir merupakan salah satu metode yang memiliki tingkat risiko yang rendah. Hal ini karena metode ini tidak melakukan sayatan untuk mengatasi wasir. Laser hemorrhoidoplasty ini memanfaatkan laser fiber untuk mengeringkan benjolan ambeien atau wasir.

  • Radiofrekuensi (RF)

Selanjutnya adalah metode tindakan dengan memanfaatkan gelombang radio berfrekuensi 4.0 mHz untuk mengeringkan wasir, lalu jaringan tersebut akan dipotong hingga wasir hilang hingga ke pangkal.

Metode di atas, biasanya menimbulkan nyeri minimal sehingga pasien tidak akan terlalu merasakan nyeri saat tindakan dokter lakukan. Selain itu, saat tindakan juga pasien biasanya dokter akan memberikan bius lokal, sehingga bisa mengurangi rasa sakit.

Baca juga: Operasi Wasir Minim Nyeri dengan Metode Radiofrekuensi

Aktivitas yang tidak boleh dilakukan setelah operasi wasir

Meskipun metode tindakan wasir modern ini cukup sederhana dan cepat, namun bukan berarti saat setelah tindakan pasien boleh melakukan apapun. Ada beberapa aktivitas yang sebaiknya penderita hindari saat setelah melakukan tindakan seperti melakukan aktivitas yang terlalu berat, mengejan terlalu keras, dan yang paling penting adalah menjaga pola makan sehat dan menghindari pantangan makanan.

Pantangan makanan setelah operasi ambeien

Berikut adalah beberapa pantangan makanan yang sebaiknya pasien yang telah melakukan operasi wasir hindari, seperti:

  • Makanan pedas
  • Junk food atau makanan cepat saji
  • Alkohol
  • Pisang
  • Daging merah
  • Susu
  • Roti

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya pasien hindari saat telah melakukan tindakan operasi wasir.

Baca juga: Klinik Wasir Terbaik dalam Menangani Wasir Hingga Tuntas!op

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now