Perhatikan! Ciri-Ciri Ambeien pada Ibu Hamil

Perhatikan! Ciri-Ciri Ambeien pada Ibu Hamil

Ciri-ciri ambeien pada ibu hamil seperti rasa nyeri dan adanya benjolan di sekitar area anus merupakan keluhan yang normal ibu alami, , terutama ketika kandungan memasuki usia trisemester kedua, ketiga dan setelah melahirkan. Meskipun normal, bukan berarti kamu bisa mengabaikan gejala ambeien, seringan apapun itu. Ambeien merupakan pembengkakan pembuluh darah di area anus karena adanya tekanan pada area rektum atau sekitar anus. Pada ibu mengandung, penyebab ambeien adalah membesarnya rahim yang menekan area rektum dan anus.

Faktor Penyebab Ambeien

Perhatikan! Ciri-Ciri Ambeien pada Ibu Hamil

Perhatikan! Ciri-Ciri Ambeien pada Ibu Hamil

Menguti dari artikel Hemorrhoids during Pregnancy, selain pembesaran rahim, terdapat dua faktor lainnya yang dapat meningkatkan potensi munculnya ambeien pada ibu mengandung:

  • Sembelit

Ibu mengandung yang sering mengalami sembelit berpotensi lebih besar mengeluhkan ambeien di masa kehamilannya. Hal ini karena tekanan pada area rektum, meningkatnya penyerapan air di saluran anus dapat meningkatkan gesekan saat buang air besar, menyebabkan terlukanya area sekitar anus.

  • Hormonal

Peningkatan hormone progesterone dapat meningkatkan frekuensi sembelit pada ibu mengandung yang secara lansung dapat menyebabkan ambeien.

Ciri-Ciri Ambeien pada Ibu Hamil

Ciri-ciri ambeien yang sering menjadi keluhan ibu mengandung, terutama yang mengidap ambeien internal atau ambeiend dalam, yaitu:

  • Adanya benjolan di area anus, baik di dalam maupun di luar.
  • Darah keluar saat buang air besar.
  • Merasakan nyeri dan sakit ketika buang air besar.
  • Nyeri dan sakit juga terasa saat ibu hamil duduk atau mengejan.
  • Area sekitar anus terasa gatal ataupun panas.
  • Sembelit kronis.

 

Ibu mengandung yang tidak mengalami semua gejala di atas, namun, ketika buang air besar disertai dengan darah tetap perlu memperhatikan kemungkinan ambeien dalam. Kami sarankan untuk tetap menginformasikan dokter terkait keluhannya untuk pengecekan lebih lanjut.

Baca juga: Wajib Tahu! 5 Cara Mengobati Ambeien, Hitungan Menit Bisa Hilang!

Mengobati Ambeien pada Ibu Hamil

Pengobatan ambeien pada ibu mengandung berfokus untuk mengurangi gejala ringan dan akut yaitu, mengurangi frekuensi dan intensitas rasa sakit yang ibu mengandung alami, melindungi otot area panggul setelah proses melahirkan, serta mengurangi perasaan tidak nyaman bagi ibu mengandung. Semua pengobatan memprioritaskan kesehatan dan keamanan ibu mengandung.

Biasanya untuk pengobatan ambeien, dokter menganjurkan hal-hal berikut ini:

  • Perbaikan pola makan menjadi lebih bergizi dan berserat.
  • Minum air putih 2l sehari.
  • Obat stimulasi untuk memperlancar BAB.
  • Wasir ekternal penyembuhannya biasanya menggunakan kompres es batu di area yang terasa nyeri.
  • Ibu mengandung juga dapat berendam di air panas untuk meringankan rasa nyeri. Ibu mengandung cukup merendam area anusnya saja jika perlu.
  • Senam kegel juga dapat membantu memperkuat otot panggung sehingga rasa nyeri akibat ambeien.
  • Mengurangi duduk terlalu lama, perbanyak aktifitas bergerak yang ringan.
  • Semua krim serta obat-obatan memerlukan resep dokter.

Pengobatan melalui jalur operasi biasanya dokter lakukan setelah proses melahirkan, hal ini karena, beberapa perempuan mengalami gejala ambeien secara simultan setelah melahirkan.

Kalau kamu ibu mengandung atau sudah melahirkan, memiliki keluhan atau merasakan gejala ambeien, kamu bisa langsung datang ke Vena Wasir Centre. Wasir tuntas, jadi bebas beraktivitas hanya di Vena Wasir Center!

 

Baca juga: Klinik Wasir Jakarta Pilihan Utama Pengobatan Wasir Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now