Salad Buah Tak Hanya Mengenyangkan Tapi Juga Menyehatkan

Salad buah tak hanya mengenyangkan tapi juga menyehatkan.  Jika Anda memiliki buah di rumah, namun bosan jika di makan langsung atau dijadikan jus, Anda dapat mencoba mengolahnya menjadi salad. Makanan ini biasanya dipilih sebagai menu diet. Salad buah mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan.

Salad Buah Kaya Akan Serat

Seperti yang diketahui bersama, buah-buahan mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan. Serat sendiri terbagi menjadi 2 jenis, serat larut air dan serat tidak larut air. Serat larut air umumnya bertekstur gel. Memiliki manfaat, seperti memperlambat penyerapan karbohidrat, membuat rasa kenyang, membantu menurunkan kadar gula darah dan kolestetol, dan membantu menurunkan berat badan.

Sementara itu, serat tak larut air dapat mengikat makanan di sistem pencernaan untuk nantinya dikeluarkan menjadi feses atau kotoran. Sehingga, serat jenis ini baik untuk orang yang sedang mengalami konstipasi atau kesulitan buang air besar, supaya saat buang air besar bisa lancar

Salad Buah Kaya Vitamin

1. Vitamin A

Berguna sebagai melindungi kesehatan mata, jaringan tubuh, kulit, dan membantu menurunkan kanker prostat. Selain itu jiga berperan penting dalam menjaga kesehatan imun dan pertumbuhan tulang.  Vitamin A dapat ditemukan pada buah mangga, tomat, pepaya, dan strawberry.

2. Vitamin B1

Berguna untuk  kesehatan otot, rambut, kulit, dan saraf. Nanas merupakan salah satu buah yang menganding vitamin B1 ini.

3. Vitamin B5

Berperan sebagai pembentukan sel darah merah, zat kimia otak, dan hormon steroid. Biasanya ditemukan di jeruk.

4. Vitamin B6

Bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung, membantu pembentukan sel darah merah dan memengaruhi nafsu makan, suasana hati, kualitas tidur, kemampuan kognitif, dan kekebalan tubuh. Dapat ditemukan pada pisang, semangka, dan alpukat.

5. Vitamin C

Kebanyakan orang hanya mengetahui jeruk yang memiliki kandungan vitamin c, padahal masih ada buah lainnya, seperti jambu biji, apel, strawberry, kiwi, nanas, dan mangga. Vitamin C dapat membantu mengurangi risiko kanker, pembentukan kolagen, menguatkan daya tahan tubuh, dan berperan sebagao antioksidan.

6. Vitamin E

Vitamin E dapat ditemukan  di apel, mangga, alpukat dan kiwi. Vitamin ini merupakan zat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dan membantu melindungi sel dari kerusakan.

7. Kalium

Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan dkontraksi otot. Dapat ditemukan di alpukat, tomat, dan pisang.

8. Asam folat

Asam folat dapat ditemukan di jeruk, pepaya, strawberry, rasberry, alpukat, pisang, mangga, dan kiwi. Asam folat berperan dalam pembuatan sel tubuh yang baru, membantu mencegah anemia, dan menjaga kesehatan.

Buah Yang Dapat Diolah Menjadi Salad

Semua jenis buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah jenis buah yang biasanya diolah menjadi salad.

1. Apel

Apel jika dikonsumsi dengan jumlah tertentu dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolestrol baik. Apel memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Nanas

Nanas kaya akan kandungan vitamin C dan mengandung zat yang dapat membantu meredakan peradangan.

3. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal,l kalium, mangan, dan serat yang baik bagi kesehatan.

4. Starwberry

Strawberry mengandung indeks glikemik rendah sehingga tidak membuat gula darah naik. Selain itu, juga mengandung antioksidan yang tinggi.

5. Mangga

Mangga  kaya akan vitamin C, serat, antioksidan, dan zat antiradang yang baik bagi kesehatan.

6. Semangka

Kandungan  lycopene dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam darah, dan  mencegah kanker.

7. Jeruk

Jeruk mengandung sejumlah besar vitamin C, vitamin B dan kalium  yang baik. Mengonsumsi jeruk dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah risiko anemia, dan mencegah sembelit.

8. Jambu biji

Mengonsumsi jambu biji dalam jumlah tertentu dapat memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh per hari. Selain itu, juga mengandung vitamin A, serat, kalium, mangan, tembaga, dan folat.

9. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan  vitamin C, vitamin A, asam folat, dan kalium.Mengonsumsi pepaya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

10. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, asam amino, folat, dan kalsium. Selain itu, juga mengandung antioksidan dan serat.  Mengonsumsi kiwi dalam jumlah tertentu dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, meingkatkan kualitas tidur, dan menjaga kesehatan mata.

 

Manfaat mengonsumsi salad buah bagi kesehatan telah dibahas, lalu bagaimana cara menyajikannya? Nah, ada yang menggunakan campuran mayones, ada yang dengan tambahan yogurt, susu kental manis, keju dan sirup.

Nah, saat Anda akan membuat salad, disarankan menggunakan yogurt yang memiliki kandungan kalsium dan probiotik ini. Mayones memiliki kandungan lemak dan kalori tinggi, sementara susu kental manis dan sirup termasuk pemanis buatan, jika mau terasa manis Anda dapat menambahkan madu sebagai penggantinya. Topping keju pun sebenarnya tidak disarankan karena memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now