Konsumsi Sayuran Hijau Yang Baik Bagi Kesehatan

Konsumsi sayuran hijau memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Sayuran hijau memiliki banyak manfaat karena kandungan nutrisi yang ada didalamnya, seperti serat, vitamin, mineral, dan senyawa nabati. Salah satu manfaatnya adalah dapat  membantu menjaga kesehatan saluran cerna karena kandungan serat didalamnya. Ada beberapa jenis sayuran hijau yang mudah ditemukan dan diolah dan dapat dikonsumsi setiap hari.

Jenis Sayuran Hijau yang Baik untuk Kesehatan

  • Sawi 

Sawi mengandung banyak air, serat, karbohidrat, kalium, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, dan zinc di dalamnya. Mengonsumsi sawi dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskulaar, menjaga kesehatan mata, dan kesehatan tulang.

  • Bayam

Bayam  kaya akan serat, folat, antioksidan, vitamin A, C, serta vitamin K. Manfaat mengonsumsi bayam, membantu menjaga kesehatan mata, asma, osteoporosis, dan radang sendi.

  • Brokoli

Brokoli memiliki manfaat untuk membantu sistem pencernaan, membantu  meningkatkan kesehatan jantung dan dapat menjaga kesehatan tulang Anda karena vitamin K yang dimilikinya.

  • Kubis

Kubis kaya akan vitamin C. Selain itu, banyak orang menggunakan daun kubis untuk dijadikan obat sakit perut, asam lambung berlebih, tukak pada lambung atau usus, asma.

baca juga: makanan kaya serat

Manfaat Sayuran Hijau Bagi Kesehatan

  • Menjaga kesehatan mata

Mengonsumsi  bayam, dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin pada sayuran hijau mampu membantu mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula akibat pertambahan usia dan katarak.

  • Mencegah rheumatoid arthritis

Mengonsumsi bayam, brokoli, dan bok choy, dapat membantu menurunkan risiko munculnya penyakit rheumatoid arthritis karena kandungan antioksidan di dalamnya, seperti vitamin A, C, dan K, yang mampu menangkal radikal bebas penyebab peradangan dalam tubuh, termasuk radang sendi.

  •  Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Sayuran hijau mengandung serat yang tinggi. Dengan mengonsumsinya secara rutin, proses buang air besar akan lebih lancar. Selain itu, kesehatan saluran pencernaan juga akan terjaga.

  • Mencegah penyakit jantung

Sayuran hijau kaya akan fitokimia, seperti flavonoid dan karotenoid, serta vitamin K dan vitamin C yang dipercaya baik untuk kesehatan jantung. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu mengonsumsinya secara rutin.

 

Meski ada banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, perhatikan kebersihan dan kesegaran sayuran akan Anda makan. Anda juga harus secara tepat bagaimana cara mengolahnya agar tidak kehilangan kandungan vitamin yang berada di dalamnya. Apabila Anda memiliki kondisi khusus atau pertanyaan lebih lanjut silakan melakukan konsultasi dengan dokter.

baca juga: cara mengolah sayur yang tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now