Simak Obat Wasir Paling Ampuh, dari Alami Hingga Medis!

Simak Obat Wasir Paling Ampuh, dari Alami Hingga Medis!

Obat wasir paling ampuh biasanya terkenal dengan obat-obatan medis. Namun, mengutip dari artikel kesehatan WebMD (2020) menyebutkan bahwa pada jenis ambeien/wasir yang masih ringan. Pengobatan alami, sebenarnya bisa penderita lakukan sebelum melakukan pengobatan dengan cara medis. Namun, jika ambeien yang terjadi sudah sangat buruk, maka pengobatan medis bisa menjadi satu-satunya pengobatan yang harus penderita lakukan. Berikut adalah beberapa obat-obatan wasir yang paling ampuh, mulai dari alami hingga pengobatan dengan cara medis!

Jenis tingkat keparahan ambeien

Obat wasir paling ampuh

Pengobatan ambein sejatinya disesuaikan dengan tingkat keparahan pada ambeien. Menurut jenis dan tingkat keparahannya, ambeien/wasir ini terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Wasir interna

Ambeien dalam atau wasir interna merupakan wasir yang tidak selalu terlihat. Hal ini karena wasir jenis ini umumnya memiliki tingkat keparahan yang masih rendah. Sehingga, benjolan ambeien masih berada di dalam anus. Meskipun begitu, pada jenis ini ambeien rentan mengalami gejala seperti perdarahan saat BAB, hingga munculnya prolaps (Benjolan ke luar dari tempatnya). Mengutip dari artikel healthline (2021) kondisi prolaps ini menurut tingkat keparahannya, terbagi menjadi 4 tingkatan, seperti:

  1. Tingkat 1

Benjolan masih berada di dalam anus dan penderita tidak bisa melihat ataupun merasakan adanya benjolan di sekitar anus.

  1. Tingkat 2

Pada wasir atau ambeien jenis ini biasanya benjolan akan keluar (prolaps) ketika penderitanya melakukan proses buang air besar. Namun, setelah beberapa saat benjolan akan masuk Kembali dengan sendirinya.

  1. Tingkat 3

Sedangkan pada ambeien/wasir yang sudah mencapai tingkat keparahan 3, benjolan biasanya berbentuk sedikit lebih besar dan keluar ketika penderitanya mengejan saat proses BAB. Umumnya, penderitanya harus mendorongnya Kembali menggunakan jari untuk masuk ke dalam anus.

  1. Tingkat 4

Prolaps jenis ini merupakan tingkat paling tinggi. Artinya, benjolan biasanya sudah sangat membesar, penderita umumnya tak bisa memasukan ke dalam anus tanpa merasakan sakit pada area benjolan tersebut.

  • Wasir eksterna

Benjolan wasir atau ambeien yang terletak di area luar anus terkenal dengan nama wasir eksterna. Biasanya, jenis ini merupakan jenis yang lebih berbahaya daripada jenis wasir interna. Hal ini karena benjolan yang terletak di luar rentan pecah, terinfeksi, hingga rentan mengalami pendarahan. Oleh karena itu, jika kamu mengalami wasir eksterna atau luar maka sebaiknya segeralah untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah terdekat.

Obat wasir alami paling ampuh

Pada ambeien dalam, penderita biasanya dapat melakukan pengobatan dengan memperbaiki pola makan, hingga mengonsumsi obat pencahar. Berikut adalah beberapa obat alami untuk redakan gejala pada ambeien dalam yang memiliki gejala sepreti BAB berdarah, seperti:

  • Konsumsi minuman probiotik untuk melancarkan pencernaan
  • Tidak mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan diare maupun sembelit, seperti makanan pedas, daging merah, junkfood, dll.
  • Oleskan salep witch hazel jika ambeien sudah mulai prolaps
  • Rendam dengan air hangat, ketika prolaps.

Sedangkan pada ambeien luar, tak hanya perlu melakukan perubahan pada pola makan. Akan tetapi, harus menjaga kebersihan di anus, serta melakukan pengobatan medis jika ambeien tidak sembuh juga dalam waktu beberapa minggu.

Berikut adalah beberapa pengobatan alami yang bisa kamu lakukan untuk meradakan ambeien luar, di antaranya:

  • Bersihkan area anus menggunakan tisu basah yang tidak mengandung alkohol ataupun mengandung parfum
  • Rendam dengan air hangat setidaknya setelah melakukan proses BAB
  • Mengoleskan obat salep yang mengandung witch hazel

Baca juga: Cari Tahu Arti dari Warna Feses Terhadap Kondisi Kesehatanmu!

Obat/terapi medis paling ampuh dan minim nyeri

Namun, jika wasir tak hilang dalam waktu beberapa minggu dan kondisi justru tambah memburuk. Maka, artinya wasir yang penderita alami membutuhkan penanganan medis dengan bantuan dokter spesialis. Berikut adalah beberapa terapi wasir yang minim nyeri, risiko, dan tanpa rawat inap yang bisa penderita lakukan di klinik Vena Wasir Center, seperti:

  • PILA (Paran Injection Ligation for Ambeien)

Metode terapi wasir ini sangat efektif untuk mengatasi wasir dalam dengan bantuan injeksi skleroterapi dan karet ligase. Selain itu, metode ini juga sangat minim nyeri dan risiko, dan tindakan hanya membutuhkan waktu 20 sampai 30 menit saja.

  • Laser hemorrhoidoplasty

Tindakan atau terapi laser merupakan metode modern yang juga minim nyeri dan risiko. Terapi laser ini efektif untuk atasi wasir dari tingkat keparahan 1 hingga 3. Dengan metode modern ini pasien bisa langsung mengempiskan benjolan hingga 40% selama tindakan berlangsung, dan benjolan akan terus menyusut hingga 100% setelah beberapa hari tindakan.

  • Radiofrekuensi

Sedangkan pada ambeien/wasir ekstern atau wasir pada tingkat yang lebih parah, maka tindakan radiofrekuensi bisa jadi pilihan pengobatan wasir ampuh lainnya. Metode ini juga minim nyeri, minim risiko, dan tanpa rawat inap.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengobatan ampuh ambeien lainnya, silakan hubungi nomor 08119555100, atau bisa langsung klik di sini!

 

Baca juga: Apakah Ambeien Berdarah Indikasi Kondisi yang Lebih Serius?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now