Stres Berat Bisa Jadi Salah Satu Penyebab Ambeien

Penyebab ambein bisa karena banyak hal dan yang paling sering adalah sembelit. Sementara sembelit juga bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah stres berat. Jadi, secara tidak langsung saat kamu mengalami stres berat makan bisa menjadi risiko penyebab ambeien.

Saat sembelit atau konstipasi terjadi, tandanya pergerakan usus cenderung melambat sehingga membuat seseorang sulit buang air besar dalam waktu yang lama. Menurut WebMD, seseorang yang mengalami sembelit jika frekuensi buang air besar kurang dari 3 kali seminggu. Meskipun memang, setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Mengapa Stres Bisa Menjadi Penyebab Ambeien?

Sembelit bisa saja terjadi karena seseorang mengalami stres berat.  Sebagian besar sistem organ tubuh kamu terhubung langsung dengan otak, termasuk juga sistem pencernaan. Ini artinya, saat otak sedang stres atau tertekan, maka efeknya bisa menjalar ke sistem pencernaan. Mulai dari sakit perut, sembelit hingga ambeien.

Stres dan cemas berlebihan akan merangsang produksi hormon serotonin dalam tubuh. Dalam jumlah normal, hormon serotonin ini  berfungsi untuk meningkatkan kontraksi otot-otot usus halus pada sistem pencernaan. Kemudian, makanan yang ada pada usus halus akan cepat bergerak dan berpindah ke usus besar.

Namun apabila hormon serotonin berlebihan, maka dapat memicu kejang perut. Jika kejang perut terjadi pada seluruh bagian usus besar, maka proses pencernaan terjadi lebih cepat dan menimbulkan diare. Sementara jika kejang perut terjadi pada salah satu bagian usus besar, proses pencernaan makanan akan terhenti dan memicu sembelit.

Terlebih, stres membuat seseorang jadi sulit mengendalikan nafsu makan. Mungkin kamu terbiasa makan makanan sehat, tapi ketika sedang stres, kamu akan beralih untuk makan apa saja yang bisa meningkatkan mood. Meski dapat memperbaiki suasana hati yang kacau, jenis makanan seperti esatau  coklat justru bisa menyebabkan sembelit dan memperparah gejalanya yang kemudian menjadi penyebab ambeien.

Baca Juga: Benarkah Kopi Bisa Menjadi Penyebab Ambeien?

Bagaimana Cara Mencegah Stres Berat?

Setelah tahu stres bikin sembelit hingga ambeien, kunci terpenting untuk mencegah masalah kesehatan itu terjadi adalah dengan mengendalikan pikiran. Semakin rileks tubuh dan pikiran, maka otot-otot sekujur tubuh pun akan ikut rileks. Termasuk juga otot-otot pencernaan, sehingga sembelit bisa berkurang.

Tentunya setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mengatasi stres. Entah dengan mendengarkan musik, curhat ke sahabat, menulis jurnal, yoga, atau sekadar jalan-jalan.

Nah, selain mengelola stres kamu juga perlu mengonsumsi makanan berserat dan sehat. Hindari lebih dulu untuk mengonsumsi makanan cepat saji. Jika, stres yang kamu alami tak kunjung membaik sebaiknya kosnultasikan dengan psikolog atau psikiater segera mungkin untuk mencegah menjadi lebih parah. Begitupun dengan kondisi sembelit atau ambeien, segara konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Cegah Wasir, Cegah Sembelit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now