Tingkat Stres Tinggi, Menyebabkan Wasir

Stres adalah sebuah tekanan psikologis dan fisik  yang bereaksi ketika menanggapi jenis tuntutan, ancaman, ataupun tekanan. Kondisi ini semua orang pasti pernah mengalaminya. Biasanya, pekerja kantoran lebih berisiko memiliki tingkat stres yang tinggi. Namun, tahukah Anda jika stres dapat menyebabkan berbagai penyakit salah satunya adalah wasir.

Ketika seseorang dilanda stres, sistem saraf manusia akan  merespons dengan melepaskan aliran hormon adrenalin dan kortisol. Kedua hormon ini dapat memunculkan suatu reaksi pada tubuh, seperti jantung berdebar cepat, otot tubuh menegang, tekanan darah meningkat, dan bahkan napas jadi lebih cepat, reaksi ini disebut “fight-or-flight” alias respons stres.

Secara otomatis, ketika sedang stres, tubuh akan mematikan fungsi-fungsi tubuh yang sedang tidak diperlukan, misalnya pencernaan. Selain itu, ketika mengalami stres, darah akan mengalir ke bagian-bagian tubuh yang berguna untuk merespons secara fisik seperti kaki dan tangan sehingga fungsi otak menurun. Inilah mengapa saat seseorang mengalami stres sulit berpikir jernih.

Stres dan Wasir

Stres dapat menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami wasir. Seseorang yang mengalami stres dapat menderita penyakit Irritable bowel syndrome (IBS). IBS adalah penyakit pencernaan yang dikaitkan dengan kerja usus besar. Makanan yang berpindah melalui saluran pencernaan bergerak dari usus kecil menuju usus besar yang berfungsi untuk menyerap air. Otot usus besar biasanya berkontraksi dan akan mendorong kotoran keluar.

Pada penderita IBS, kontraksi otot usus besar bekerja secara tidak normal. Terlalu banyak kontraksi dapat menyebabkan diare. Sementara kontraksi yang lebih lambat dapat menyebabkan sembelit. Kontraksi otot yang tidak teratur memungkinkan dapat menyebabkan rasa sakit atau merasa terdesak untuk pergi ke kamar kecil.  Sementara itu, sembelit dan diare diketahui sebagai penyebab wasir terjadi.

Ketika mengalami sembelit seseorang perlu mengejan terlalu keras saat buang air besar yang akibatnya menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus. Bila hal ini berlangsung lama dapat menimbulkan wasir.

Selain menjadi penyebab wasir, stres dapat menyebabkan berbagai penyakit lainnya, seperti:

  • Kesehatan jiwa (depresi dan gangguan kecemasan)
  • Penyakit jantung
  • Hipertensi
  • Masalah pencernaan

Tips Mengatasi Stres

  • Mengeluarkan unek-unek

Apabila Anda memiliki masalah ataupun mendapatkan tekanan yang membuat Anda stres sebaiknya keluarkan unek-unek Anda pada Tuhan dengan melakukan ibadah dan berdoa atau bisa juga menceritakannya pada orang yang dapat dipercaya atau berkonsultasi dengan psikolog.

  • Olahraga
    Olahraga adalah salah satu cara bisa meredakan stres. Anda bisa melakukan olahraga jogging, jalan santai ataupun yoga.

 

  • Melakukan hobi
    Melakukan hobi atau kegiatan yang Anda sukai dapat membantu tubuh dan otak menjadi rileks. Setelah cukup rileks, Anda dapat berpikir dengan jernih untuk menyelesaikan masalah yang membuat Anda stres.

 

  • Istirahat yang cukup
    Istirahat yang cukup atau tidur yang berkualitas dapat membantu Anda lebih rileks.

 

Setiap orang memiliki cara mengatasi stresnya sendiri. Untuk hidup yang lebih sehat, yuk kurangi stres dan mulailah berpikiran lebih positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now