Gejala wasir akibat kurang asupan gizi

Tak Hanya Gejala Wasir, Kurang Asupan Gizi Juga Picu Masalah Lain!

Gejala wasir yang muncul pada seseorang umumnya berbeda-beda, seperti perdarahan saat buang air besar, munculnya benjolan yang menyebabkan rasa nyeri, hingga ketidaknyamanan di area anus ketika beraktivitas. Tentu saja, masalah wasir dan gejalanya yang timbul merupakan hal yang bisa mengganggu produktivitas. Mengutip dari jurnal kesehatan Mardiyanti (2020) menyatakan bahwa wasir atau ambeien merupakan masalah yang terjadi akibat adanya gangguan di pembuluh darah (vena) membengkak hingga meradang. Lalu, apa yang menjadi penyebab munculnya gejala ambeien atau wasir pada seseorang? Bagaimana cara mencegahnya? Simak selengkapnya di dalam artikel ini!

Pentingnya asupan gizi bagi tubuh

Gejala wasir akibat kurang asupan gizi

Nutrisi dan gizi memiliki peran penting bagi tubuh manusia, melansir dari National Health Service Inform (2020) dalam website tersebut menyatakan bahwa nutrisi dan gizi merupakan penghasil energi bagi tubuh, sehingga seseorang dapat tetap bebas beraktivitas setiap hari. Selain itu, gizi dan nutrisi juga memiliki peran bagi tubuh sebagai pendorong proses penyembuhan, pertumbuhan hingga membuat seseorang tetap sehat dan tercegah dari penyakit mematikan seperti kanker. Mengutip dari artikel kesehatan Government of South Australia (2020) menyatakan bahwa kekurangan asupan gizi pada tubuh dapat mengganggu kesehatan. Selain itu, kekurangan asupan nutrisi pada tubuh juga dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk menjalani hidup dengan sehat dan aktif.

Untuk itu, penting bagi seseorang agar selalu memerhatikan asupan gizi dengan selalu mengonsumsi makan sehat yang kaya akan nutrisi dan gizi.

Apa yang terjadi ketika kekurangan asupan gizi?

Dalam jangka waktu pendek, kurangnya asupan nutrisi dan gizi pada tubuh bisa menyebabkan terjadinya gizi buruk, stress, kelelahan, dan kemampuan kita untuk bekerja. Hingga, seiring waktu hal tersebut mungkin saja berisiko menyebabkan seseorang mengembangkan beberapa penyakit dan masalah kesehatan lainnya, seperti:

  • Berisiko terkena penyakit obesitas atau kelebihan berat badan
  • Kerusakan gigi
  • Kolesterol tinggi
  • Berisiko terjadi stroke dan mengembangkan penyakit jantung
  • Memunculkan penyakit diabetes tipe 2
  • Pengapuran tulang atau osteoporosis
  • Berisiko terkena kanker
  • Gangguan makan
  • Mengalami gangguan pencernaan yang berakibat menimbulkan wasir atau ambeien.

Baca juga: Klinik Wasir Jakarta Pilihan Utama Pengobatan Wasir Anak

Wasir dan asupan nutrisi

Sistem pencernaan terdiri dari mulut, pancreas, hati empedu, usus hingga anus. Kekurangan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari, dapat memengaruhi sistem pencernaan, di mana proses pencernaan menjadi lebih sulit. Sehingga, feses yang penderita keluarkan pun menjadi lebih keras dan besar. Ketika sudah seperti ini, maka seseorang perlu mengejan lebih keras ketika melakukan proses buang air besar. Inilah yang bisa birisko menyebabkan timbulnya wasir, di mana pembuluh darah menjadi bengkak akibat tekanan berlebih saat mengejan.

Pencegahan sekaligus pengobatan

Pola makan yang tepat, dapat mencegah hingga membantu mempercepat proses penyembuhan wasir/ambeien pada seseorang. Akan tetapi, jika kamu mengalami wasir yang tak hilang selama berbulan-bulan dengan gejala yang semakin memburuk. Sebaiknya, segeralah melakukan konsultasi dan pemeriksaan di klinik Vena Wasir Center, konsultasi dan pengobatan di Vena Wasir Center dilakukan dengan teknologi modern sehingga minim nyeri, minim sayatan, harga lebih terjangkau, dan proses penyembuhan cepat tanpa rawat inap.

Baca juga: Menderita Wasir 3 Tahun, Akhirnya Tuntas di Vena Wasir Center!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now