Ternyata Pemeriksaan Wasir Sebelum Melahirkan Itu Penting Loh!

Ternyata Pemeriksaan Wasir Sebelum Melahirkan Itu Penting Loh!

Pemeriksaan wasir merupakan prosedur medis yang biasanya dilakukan oleh dokter untuk memeriksa/melakukan pengecekan penyakit wasir di area anus. Umumnya, pemeriksaan ini banyak pasien lakukan ketika menjelang tindakan wasir atau saat konsultasi dengan dokter spesialis bedah. Selain itu, pemeriksaan wasir juga ternyata penting untuk wanita hamil lakukan sebelum melahirkan. Terutama, jika ingin melahirkan dengan cara normal. Hal ini agar, mencegah wasir menjadi semakin membesar dan mencegah komplikasi wasir lainnya yang mungkin terjadi ketika sebelum dan sesudah melahirkan.

Mengapa harus melakukan pemeriksaan?

Ternyata Pemeriksaan Wasir Sebelum Melahirkan Itu Penting Loh!

Mengutip dari artikel website Netmedicine.com (2020) menyebutkan bahwa terdapat dua jenis ambeien yang biasa terjadi. Yaitu, ambeien yang terletak pada bagian dalam anus, dan ambeien yang terletak di bagian luar anus ketika sudah mulai memburuk. Salah satu kondisi yang dapat menyebabkan ambeien menjadi memburuk adalah kondisi kehamilan dan setelah melahirkan. Wasir atau ambeien ini kerap dialami oleh para wanita hamil yang biasanya akan memburuk pada usia 25 minggu masa kehamilan, atau trisemester akhir kehamilan. Apalagi, jika wanita tersebut sebelum kehamilan sudah memiliki gejala wasir, maka biasanya kondisi wasir akan tambah memburuk. Terlebih, benjolan wasir juga bisa berisiko membesar dan pecah ketika proses melahirkan dengan cara normal.

Untuk itu, pemeriksaan wasir sangat penting untuk para wanita hamil lakukan agar mencegah komplikasi masalah wasir terjadi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting untuk melakukan pemeriksaan wasir, sebelum menjalankan proses melahirkan dengan cara normal, di antaranya:

  • Mencegah wasir memburuk setelah melahirkan

Melahirkan dengan cara normal akan membuat tekanan pada area anus meningkat drastis, akibat mengejan terlalu keras. Ini sangat berisiko membuat benjolan wasir ke luar dari tempatnya, sehingga menyebabkan kondisi wasir yang memburuk.

  • Mencegah terjadinya komplikasi wasir

Wasir trombosis atau kondisi di mana terdapat gumpalan darah di benjolan ambeien sehingga menimbulkan rasa sakit luar biasa. Kondisi ini berisiko terjadi pada ibu hamil pasca melahirkan. Pemeriksaan penting agar dokter dapat memberikan resep obat tertentu untuk mencegah hal ini terjadi.

  • Agar wasir dapat teratasi sebelum proses melahirkan

Melahirkan dengan cara normal merupakan hal yang sangat melelahkan. Oleh karena itu, jangan biarkan masalah wasir sampai mengganggu proses tindakan melahirkan. Sehingga, proses melahirkan menjadi lebih nyaman tanpa adanya gangguan wasir.

Baca juga: Ambeien Trombosis, Benarkah Operasi Menjadi Satu-Satunya Jalan Pengobatan?

Pemeriksaan dan konsultasi di Vena Wasir Center

Jika sudah mulai merasakan gejala wasir selama kehamilan, kamu bisa segera datang ke klinik Vena Wasir Center untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi bersama dokter spesialis bedah berpengalaman. Pemeriksaan di klinik Vena Wasir Center menggunakan anoskopi, alat yang terbuat dari stainless/plastik yang memiliki panjang dari 3 hingga 5 cm. Alat tersebut memiliki kamera dan lampu yang memungkinkan dokter untuk melihat lebih detail mengenai permasalahan yang ada pada anus. Prosedur pemeriksaan ini cukup aman, tidak menimbulkan nyeri dan sangat minim risiko.  Untuk melakukan pemeriksaan wasir di klinik Vena Wasir Center, silakan hubungi nomor yang tertera pada website Vena Wasir Center.

Baca juga: Cari Tahu Arti dari Warna Feses Terhadap Kondisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now