Warna Feses Bisa Menentukan Kondisi Tubuh Anda

Melalui pengamatan warna feses, Anda akan mendapatkan gambaran mengenai kondisi tubuh Anda. Khususnya jika Anda memiliki masalah pada saluran pencernaan.

Segala jenis zat yang sudah tidak dibutuhkan tubuh akan dikeluarkan saat buang air besar dalam bentuk feses dan saat buang air kecil. Pemeriksaan feses dapat Anda lakukan di laboratorium atau rumah sakit.

Mengenal Arti Warna Feses 

Lamanya proses makanan untuk dicerna dan dikeluarkan dalam bentuk feses setiap orangnya berbeda-beda.

Feses yang sehat umumnya berwarna cokelat yang bertekstur lunak atau padat. Selain itu, feses juga mudah untuk dikeluarkan dan tidak cair.

Namun, jika feses Anda memiliki warna yang tidak biasa, ada kemungkinan menandakan adanya masalah pada tubuh Anda. Berikut merupakan penjelasan mengenai warna feses:

Warna hijau

Warna feses hijau bisa dikatakan normal karena biasanya Anda terlalu banyak mengonsumsi sayuran atau makanan dan minuman dengan pewarna hijau.  Atau bisa juga karena suplemen zat besi. Namun, kondisi ini juga bisa kemungkinan sedang mengalami diare. Ini disebabkan oleh makanan yang terlalu cepat bergerak ke usus besar sehingga empedu tidak ada waktu untuk mencernanya dengan baik.

Warna kuning

Warna kuning pada feses juga merupakan hal yang normal. Dikatakan normal karena adanya zat bilirubin yang dihasilkan oleh hati. Selain itu, juga bisa karena bakteri serta enzim pencernaan di usus.  Namun, jika feses berwarna kuning dan terlihat berminyak dan berbau busuk kemungkinan menandakan alami gangguan pencernaan, seperti penyakit celiac.

Warna putih

Feses yang berwarna putih dan terlihat pucat ada kemungkinan Anda mengalami gangguan pada organ hati. Bisa juga akibat terjadinya penyumbatan di saluran empedu. Kemudian, penggunaan obat diare bismuth subsalisilat dengan dosis tinggi juga menyebabkan warna putih pada feses.

Warna merah cerah

Feses yang berwarna merah penyebabnya bisa banyak faktor, seperti perdarahan pada saluran pencernaan bagian bawah, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berwarna merah, serta wasir. Penyakit kanker usus besar juga bisa jadi penyebabnya. Fesesnya bisa berwarna merah cerah atau kehitaman. Jika tinja Anda terus berwarna merah dalam beberapa hari, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

baca juga: Penyebab BAB Berdarah

Warna hitam

Jika tinja Anda sudah berwarna hitam menandakan adanya perdarahan pada saluran pencernaan bagian atas. Masalah kesehatan lainnya yang bisa menyebabkan feses berwarna hitam adalah maag atau kanker. Namun, efek samping dari mengonsumsi suplemen zat besi juga bisa menjadi penyebab feses berwarna hitam.

 

Warna feses bisa saja menggambarkan kondisi kesehatan tubuh Anda, namun tidaklah 100% tepat. Biasanya, akan ada gejala lain jika Anda ternyata mengalami gangguan kesehatan. Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penyebab yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0821-1033-3310

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now