Menghilangkan benjolan wasir

Waspada! Benjolan Wasir Bisa Terjadi Pada Luar dan Dalam Anus

Benjolan wasir terjadi akibat pembengakakan pada vena (pembuluh darah di sekitar anus). Melansir dari Medical News Today, yang ditulis oleh Daniel Murrell, seorang dokter umum dari Medical Team Affairs (2017) menyebutkan bahwa benjolan ambeien ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Hal itu tergantung dari letak hingga penyebabnya. Sedangkan, berdasarkan letak dan lokasinya, benjolan ini terbagi menjadi dua jenis yaitu wasir dalam/internal dan wasir luar/ekesternal.

Wasir berdasarkan letaknya

benjolan wasir

Berdasarkan letak benjolannya, wasir terbagi menjadi dua jenis macam di antaranya:

  • Wasir internal

Benjolan wasir yang terletak di dalam terkenal dengan nama hemoroid internall. Karena, terletak di dalam maka penderita tidak bisa merasakan sakit dan nyeri wasir. Namun, perdarahan masih mungkin terjadi, terutama jika wasir sudah membesar sehingga terjadi prolaps (benjolan keluar dari anus).

  • Wasir eksternal

Berbeda dengan wasir internal yang terletak di dalam, benjolan wasir pada wasir eksternal ini terletak di luar anus di mana banyak saraf sensitif di sekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan penderita wasir eksternal ini lebih merasakan nyeri. Selain itu komplikasi pada wasir eksternal juga bisa membahayakan penderitanya. Salah satunya strangulasi ambeien atau kematian jaringan ambeien yang sangat menyakitkan para penderitanya.  

Baca juga: Ketahui Gejala Ambeien Dalam Dan Pengobatannya!

Namun, wasir bisa terjadi dua sekaligus

Tak banyak yang tahu bahwa penderita ambeien bisa saja mengalami wasir eksternal dan wasir internal dalam waktu bersamaan. Hal ini dapat terjadi akibat dari adanya faktor sembelit yang parah. Jika benjolan wasir ini sudah terjadi secara bersamaan, maka biasanya dokter akan segera merekomendasikan pasien untuk segera melakukan tindakan wasir atau operasi wasir. Untuk itu, yuk kenali gejala saat wasir terjadi pada dua tempat sekaligus, seperti:

  • Merasakan nyeri yang luar biasa pada area rektum.
  • Adanya benjola di luar anus, dan ketika buang air besar benjolan pada wasir dalam juga mungkin saja mengalami prolaps (atau keluar dari anus)
  • Mengalami perdarahan, terutama saat BAB.
  • Adanya rasa gatal, perih, dan tidak nyaman saat duduk.
  • Merasakan sakit yang luar biasa.

Jika sudah mengalami beberapa gejala seperti yang tertera di atas, sebaiknya segeralah untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli. Perlu kamu ketahui juga bahwa wasir dalam atau interna biasanya hanya bisa terdeteksi menggunakan alat khusus, seperti anoskopi.

Cara mengatasi wasir luar dan dalam

Menghilangkan benjolan wasir, terutama jika terjadi bersamaan tidak bisa kamu lakukan dengan menggunakan pengobatan tradisional biasanya. Pengobatan yang paling tepat adalah dengan pengobatan medis dan dibantu oleh dokter spesialis bedah dan tenaga medis ahli. Biasanya, pengobatannya sendiri harus dengan menggunakan metode operasi. Namun, kini sudah ada teknologi modern dan canggih yang bisa kamu gunakan untuk atasi wasir luar dan dalam. Salah satunya adalah menggunakan metode gelombang radio berfrekuensi atau RF (Radiofrekuensi).

Metode ini merupakan metode bedah sayatan minim sehingga tidak begitu menimbulkan nyeri pada penderitanya, waktu tindakan lebih singkat, dan tidak memerlukan rawat inap. Selain itu, harga pengobatan radiofrekuensi juga lebih terjangkau dari metode pengobatan operasi bedah terbuka lainnya.

 

Untuk melakukan tindakan wasir dengan Radiofrekuensi dan metode lainnya, kamu bisa datang ke klinik wasir terbaik dan terpercaya yaitu Vena Wasir Center.

 

Baca juga: Atasi Ambeien Tanpa Harus Operasi Ambeien, Bisakah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now